Mekanika kuantum

5,502 views
5,439 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,502
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
266
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mekanika kuantum

  1. 1. Mohon perhatian bioskop teknik industri segera dimulai. Diharap penonton duduk manis dan menyimak presentasi ini. TERIMA KASIH
  2. 2. Pada tahun ± 1920-an, tiga fisikawan :1.Louis broglie dari prancis : teori sifat gelombang pada materi (materi juga bersifat seperti gelombang)2. Werner Karl Heisenberg dari jerman : prinsip ketidakpastian (posisi elektron tidak dapat dipastikan secara tepat)3. Erwin Schrödinger dari austria : persamaan gelombang partikel dan mengemukakan teori mekanika kuantum.
  3. 3. Teori mekanika kuantum :1. Elektron sangat kecil sehingga perilakunya tidak bisa dipastikan2. Dengan persamaan gelombang partikel, bisa ditentukan kebolehjadian tempat ditemukannya elektron.
  4. 4. Mekanika kuantum adalah cabang dasar fisika yangmenggantikan mekanika klasik pada tataran atom dan subatom. Ilmu inimemberikan kerangka matematika untuk berbagai cabang fisika dankimia, termasuk fisika atom, fisika molekular, kimia komputasi,kimia kuantum, fisika partikel, dan fisika nuklir. Mekanika kuantumadalah bagian dari teori medan kuantum dan fisika kuantum umumnya,yang, bersama relativitas umum, merupakan salah satu pilar fisikamodern. Dasar dari mekanika kuantum adalah bahwa energi itutidak kontinyu, tapi diskrit -- berupa paket atau kuanta. Konsep inicukup revolusioner, karena bertentangan dengan fisika klasik yangberasumsi bahwa energi itu berkesinambungan.
  5. 5. Pada tahun 1900, Max Planck memperkenalkan ide bahwaenergi dapat dibagi-bagi menjadi beberapa paket atau kuanta. Ide inisecara khusus digunakan untuk menjelaskan sebaran intensitasradiasi yang dipancarkan oleh benda hitam. Pada tahun 1905,Albert Einstein menjelaskan efek fotoelektrik dengan menyimpulkanbahwa energi cahaya datang dalam bentuk kuanta yang disebut foton. Pada tahun 1913, Niels Bohr menjelaskan garis spektrum dari atomhidrogen, lagi dengan menggunakan kuantisasi. Pada tahun 1924,Louis de Broglie memberikan teorinya tentang gelombang benda. Teori-teori di atas, meskipun sukses, tetapi sangatfenomenologikal: tidak ada penjelasan jelas untuk kuantisasi. Merekadikenal sebagai teori kuantum lama.
  6. 6.  menyatakan keadaan energi dan letak elektron dalam atom Nama(bilangan Simbol Nilai yang kuantum) diizinkan Utama (kulit atom) n 1, 2, 3,… Azimut (sub kulit) l 0, 1, 2, 3, …n – 1 Magnetik m 0, ±1, ±2,…±l (orbital) Magnetik Spin (arah s +1/2, -1/2 rotasi elektron )
  7. 7. Konfigurasi elektron : Pengaturan posisis elektron berdasarkan tingkat energinya.Aturan-aturan konfigurasi elektron :1.Prinsip aufbau : pengisian elektron dimulai dari orbital dengan tingkat energi yang paling rendah terlebih dahulu.(1s,2s,2p,3s,3p,4s,3d,4p,dst)2.Prinsip larangan pauli : dalam satu atom tidak boleh memiliki ke4 bilangan kuantum sama.3.Aturan hund : elektron tidak boleh berpasangan terlebih dahulu sebelum masing-masing orbital terisi oleh satu elektron.
  8. 8.  http://industri17sani.blog.mercubuana.ac.id/2 010/10/25/kelahiran-mekanika-kuantum/ http://www.chem-is- try.org/materi_kimia/kimia_dasar/struktur_a tom1/kelahiran-mekanika-kuantum/ Sumber: Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti edisi Ketiga jilid I,Raymond Chang; www.chem-is- try.org) Sumber : buku LOGIC Kemampuan IPA oleh UGAMA
  9. 9. TERIMA KASIH YAK !!MOHON MAAF LAHIR BATIN KLO ADA KESALAHAN YAKK !!! WKWKWKWKWK

×