Ppt wisata garut

11,496 views

Published on

0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
11,496
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
587
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt wisata garut

  1. 1. Ajang Wahyu
  2. 2. POTENSI WISATA GARUT Kabupaten Garut menyimpan banyak potensi wisata seperti Gunung Papandayan, Cipanas, Kawah Kamojang, Candi Cangkuang, Arung jeram di Cimanuk, Taman Satwa, sampai dengan wisata Pantai di Ranca Buaya, Sayang Heulang, Santolo. Berikut ini adalah sebagian objek wisata di kota Garut yang mungkin dapat Anda kunjungi dalam mengisi liburan Anda. 5
  3. 3. Menikmati Keindahan Swiss di Garut ADA keindahan Eropa lain di Jawa Barat selain Kota Bandung yang dikenal dengan sebutan Paris van Java. Sebagai pintu gerbang di bagian barat Priangan Timur, orang-orang Belanda tempo dulu terbiasa menyebut Garut sebagai Swiss van Java karena keunikan dan keindahan alamnya. Layaknya Swiss, Garut yang terletak di rute lintas selatan jalur mudik juga dikelilingi gunung. Ada lima gunung yang memberikan keindahan dan keunikan bagi setiap orang yang datang. Kelimanya adalah Gunung Papandayan, Cikurai, Guntur, Haruman, dan Talaga Bodas. Kelimanya berperan menyejukkan Garut. Saat tidak hujan sekalipun, suhu udara di Garut mencapai 13-20 derajat celsius.
  4. 4. Kaki Gunung Guntur di Jalan Raya Cipanas, kecamatan Tarogong Kaler adalah salah satu yang terkenal lewat sumber air panasnya. Tercatat puluhan sumber saluran air panas terbentuk secara alami, berlomba memberi kehangatan bagi pengunjung yang ingin menghilangkan kepenatan.Akses menuju cipanas terbilang mudah, Cipanas berjarak 60 kilometer dari kota Bandung.dari Bandung Cipanas bisa dijangkau 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Sementara dengan kendaraan umum, setidaknya membutuhkan waktu selama 90 menit .
  5. 5. CIPANASTerletak 6 Km dari Garuttepatnya di kaki GunungGuntur yang sensual, Cipanasmerupakan resort wisatautama di Garut denganpemandian air panasbelereng paling bening diIndonesia. Dengan fasilitasresort, hotel dan restaurantberbagai kelas, kolam renang,kamar rendam, sertaaksesibilitas yang sangatmudah menjadikan Cipanassebagai objek unggulan diGarut.
  6. 6. Bagi yang ingin menghabiskanwaktu lebih lama, banyak hotelmelati 1 hingga berbintang 3bisa disewa dengan hargabervariasi, dari Rp 40.000hingga Rp 3 juta per malam.Khusus hotelberbintang, fasilitas air panasGunung Guntur bisa dinikmatilangsung di setiap kamar ataubungalo yang ada.
  7. 7. Puas menikmati hangatnyaaktivitas vulkanik GunungGuntur, pengunjung bisamerasakan sensasi lain ala Swisshanya sekitar 5 km dari Cipanas.Seperti kelezatan cokelatSwiss, Garut juga punya cokelatkhas bernama chocodot. Produkini hasil inovasi PerusahaanDaerah Tama yang memadukankelezatan cokelat dengandodol, makanan khas Garut.Kelezatan chocodot telah terujikarena dinobatkan sebagai yangterbaik dalam Pameran MakananInternasional Tutto Food diMilan, Italia, 8-11 Mei 2011.
  8. 8. Tidak sulit menemukan gerai yang menjualproduk chocodot. Saat ini ada empat cabang PDTama di Garut, yaitu Saung Cokelat dan WaroengCokelat Intan di Kecamatan Tarogong, TokoCokelat Neo di Jalan Siliwangi, serta KedaiCokelat Raos di Jalan Cimanuk. Jika ingin melihatproses pembuatannya, pengunjung bisa datangke dJieun Tjoklat di Tarogong dan GedoengCokelat di Jalan Siliwangi.
  9. 9. CHOCODOT, PERKAWINAN COKELAT DENGAN DODOL GARUTLAYAKNYA COKELAT IMPOR Bahan dasar Chocodot terbuat dari dark chocolate dan white chocolate yang dipadukan dengan dodol Garut. Kombinasi dua bahan itu melahirkan cita rasa baru yang unik dan lezat. Chocodot menjadi magnet karena dikemas layaknya cokelat keluaran luar negeri. Bedanya, di kemasan Chocodot ada informasi seputar pariwisata Garut. Bahkan Chocodot mengeluarkan edisi spesial yang namanya diambil dari tempat wisata dan beberapa gunung di Garut, seperti Gunung Papandayan (perpaduan milk chocolate dengan dodol), Cikuray (milk chocolate dengan dodol keju), Gunung Guntur (milk chocolate dengan dodol susu), Gunung Haruman (dark chocolate dengan dodol), Gunung Talaga Bodas (white chocolate dengan dodol).
  10. 10. Produk inovatif tanpadibarengi denganpemasaran dan promosiyang inovatif, akan sia-sia.Budaya lokal Garut daninformasi pariwisataGarut. Ia juga menitipkanChocodot pada titik-titikkeramaian yangdikunjungi wisatawan.Cara ini berhasil mencuriperhatian wisatawan asalJakarta dan Bandung.
  11. 11. Arung jeram sungai Cikandang & CimanukTidak banyak orang yang mengetahui bahwa Garut memiliki potensi wisata arung jeram yang sangat menantang dengan pemandangan yang sangat indah, tepatnya di dua sungai yaitu Cikandang dan Cimanuk.
  12. 12. NGAMPLANGNgamplang adalah resortwisata peninggalankolonial Belanda dengannama sinatoriumNgamplang dan pernahdikunjungi oleh CharlieChaplin, RatuBelanda, Perdana mentriPerancis serta para pejabatlainya. Saat ini Ngamplangberfungsi sebagai GolfCourse 9 Hole dengan latardepan Garut kota dan latarbelakang Gunung Cikuray.
  13. 13. CANDI & SITU CANGKUANG CANDI CANGKUANG  SITU CANGKUANG Satu-satunya candi Hindu paling lengkap yang telah direstorasi di Merupakan situ terluas di Jawa Barat peninggalan abad ke Garut, dengan luas sekitar VII terletak di sebuah pulau di tengah danau / situ 124 Ha. Berjarak sekitar 14 Cangkuang, dimana terdapat pula Km dari kota Garut enam buah rumah adat yang dinamakan Kampung Pulo. melewati jalan yang diapit Dengan rakit bambu anda sawah yang luas. Anda bisa menyebrangi Situ Cangkuang yang ditumbuhi teratai untuk mencapai mengelilingi situ ini Candi dan kampung Pulo. Dengan dengan menggunakan melewati sawah sejauh mata memandang , lokasinya hanya 16 rakit bambu milik Km dari Garut kota, atau sekitar 45 masyarakat pariwisata Km dari kota Bandung. setempat sambil menikmati segarnya udara pegunungan.
  14. 14. CURUG Curug Orok Curug / air terjun Orok terletak di perkebunan teh papandayan, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 Meter. Keunikan air terjun ini ialah terdapatnya sungai sungai bawah tanah berair sangat bening. Curug Orok terdapat sekitar 35 Km dari kota Garut ke arah Bungbulang. Curug Cititis Letaknya berdekatan dengan Cipanas, bisa dicapai dengan berjalan kaki ke sebelah utara sekitar 2 Km dengan jalan yang mendaki. Sumber air terjun ini berasal dari Gunung Guntur.
  15. 15.  Curug Cihangawar Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, terletak di kaki gunung Cikuray. Berjarak sekitar 15 Km dari kota Garut, bisa dicapai dengan menggunakan angkutan kota 06. Curug Neglasari Air terjun ini terletak di perkebunan Neglasari. Keunikan curug ini ialah jatuhan airnya bertingkat- tingkat, sehingga memilik keindahan yang khas.
  16. 16. PANTAI SANTOLO RANCABUAYA  Salah satu pantai paling Dengan karakteristik pantai populer di Garut, lokasinya selatan yang ganas karena langsung berhadapan dengan samudera sekitar 88 Km dari kota Garut. hindia, namun sangat nyaman Tiba di pantai ini kita bisa untuk dinikmati baik dari bibir pantai dengan aksesoris pelabuhan langsung bersampan kecil tradisional, maupun dilihat dari atas menyebrangi muara untuk tebing dihiasi dengan ribuan burung menuju ke pulau Santolo. Di walet. Berjarak sekitar 120 Km dari kota Garut, atau sekitar 4 jam tempat ini kita akan menjumpai perjalanan melalui Bungulang atau pintu air peninggalan Belanda. melalui Pamengpeuk. Fasilitas Pantai ini berbentuk teluk. cukup lengkap untuk para petualang, seperti penginapan dan Keunikanya ialah permukaan warung-arung makan, tetapi jangan pantai sebelah selatan lebih tinggi mengharapkan penginapan mewah atau restautant mewah di tempat dari permukaan pantai sebelah ini, karena semuanya masih terlihat utara, sehingga terbentuk sederhana, namun disinilah letak curugan. keeksotisanya.
  17. 17. SAYANG HEULANG KARANG PARANJE Pantai ini bersebelahan  Merupakan sebuah batu karang langsung dengan pantai tunggal yang menjulang di bibir Santolo, dipisahkan oleh pantai muara sungai Cicelang, sebuah sungai kecil dimana sekitar 85 Km dari kota Garut. terdapat fenomena dimana Karang ini sering digunakan air laut turun ke sungai air untuk tempat pemancingan yang tawar. Di sini juga terdapat sangat mengasyikan. gugusan karang dangkal sehingga bisa dinikmati langsung tanpa harus menyelam.
  18. 18. SANEANG Leweung sancang (hutan) denganluas sekitar 2.500 Hektardilegendakan sebagai tempatmangkatnya prabu siliwangi danpengikutnya yang menurutkepercayaan masyarakat setempatmenjelma menjadi pohonkaboa, sejenis pohon bakau.Kawasan ini sangat cocok untukkawasan penelitian lingkunganhidup dan kehutanan dengankelengkapan flora dan faunatropis, juga cocok untuk wisatapetualangan dan memancing
  19. 19. KAWAH PAPANDAYAN Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.638 m di atas permukaan laut merupakan gunung api yang masih aktif namun sangat aman untuk dikunjungi sampai ke bibir kawahnya. Gunung ini memiliki beberapa buah kawah yang dinamai kawah baru, kawah mas, kawah nangklak dan kawah manuk. Berjarak sekitar 29 Km di selatan kota Garut, objek-objek yang patut anda kunjungi di lokasi Gunung Papandayan antara lain Pondok saladah, tegal alun, tegal panjang, padang edelweis, dll.
  20. 20. KAWAH KAMOJANGKawah kamojang merupakanobjek wisata alam liar semenjakzaman penjajahan Belanda.Berada di tengah hutanbelantara, pada ketinggiansekitar 2000 meter daripermukaan laut dengankekayaan flora dan fauna yangsangat melimpah serta kekayaansumber daya alam yaitu panasbumi yang dimanfaatkansebagai pembangkit listriktenaga panas bumi terbesar diAsia. Wilayah ini terdapat diperbatasan antara Garut danBandung, namun lebih mudahdijangkau dari kota Garut.
  21. 21. SITUS CIBURUY Sekitar 17 Km dari Garut kota terletak di kampung Ciburuy, desa Pamalayan, Kec. Cigedung. Situs Ciburuy diperkirakan merupakan situs purbakala tertua di garut yang sudah ditata dan dikelola. Terdapat naskah kuno tentang pedoman hidup damai yang ditulis pada daun lontar dan nipah dan disimpan di bumo padaleman, juga senjata seperti keris, tumbak / tombak, trisula, kujang dan alat musik goong renteng yang merupakan cikal bakal kesenian degung disimpan di bale patemon. Untuk perbekalan terdapat leuwit atau lumbung padi. Upacara ritual di tempat ini dilaksanakan pada minggu ke tiga bulan Muharam pada malam kamis pukul 19:30 yang disebut upacara Seba.
  22. 22. KAMPUNG SAMPIREUN Hotel berbintang identik dengan jualan kemewahan, kenyamanan dan pelayanan plus. Konsep tsb. sudah sangat lazim dan mudah didapat dimana-mana. Tetapi jualan penginapan, dengan setting kampung, keramah-tamahan asli suasana pedesaan berudara sejuk pegunungan tentu bukan sesuatu yg lumrah dan mudah ditemui. Begitulah si pemiliknya, mampu menangkap kegalauan hati orang kota rindu kampung, impian masa kecil, jajanan tempo doeloe, dan basa basi kampung yang tulus, yang mungkin sudah sirna dari kehidupan kota yang berirama jazz dan rock.
  23. 23. Tak perlu disangsikan lagi, tentang keunikan dankeindahan kampung itu. Resor Butik dengan tematikseperti itu sekarang sedang digandrungi keluarga2 mudakota, yang punya semangat kembali ke alam. Sebut sajaResort Kampung Cinangneng, Ciampea Bogor dan SituGunung di Sukabumi. Resort ini ada ditengah sawah, ditepikali Cisadane, dgn pemandangan Gunung Salak, yangkedua di kaki Gede Pangrango. Tempat2 tsb. kerapdikunjungi keluarga2 kota, yang mendapat ceritabaru, bagaimana membajak sawah dan menanam padi. Taksalah iklan nya menyebut, tempatnya orang kota kembalike desa. Sebuah trend yg membanggakan, yg memberinilai tambah buat orang desa.Alam dan lingkungan pedesaan, tempat orang kehabisanbahan bakar mengisi baterainya. Tempat segala penemuandan inspirasi lahir.

×