• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Internet
 

Internet

on

  • 247 views

power point ini membahas tentang internet mulai dari sejarah smapi perkembangannya

power point ini membahas tentang internet mulai dari sejarah smapi perkembangannya

Statistics

Views

Total Views
247
Views on SlideShare
247
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
2
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Internet Internet Presentation Transcript

    • INTERNET AHMAD SUDIRMAN
    • Sejarah Internet  Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen PertahananAmerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagaiTCP/IP (TransmissionControl Protocol/Internet Protocol)
    • Cara Mengakses Internet 1. MELALUIWiFi Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya
    •  Melalui Wibro WiBro (Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat.
    •  Melalui Dial-up Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
    • Melalui Jaringan Gprs GPRS (singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service, GPRS) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G.
    • Mengenal Alamat IP  IP address dibagi menjadi dikelompokkan menjadi 5 kelas yaitu:  Kelas A, Kelas B, Kelas C, Kelas D dan Kelas E.  Perbedaan pada tiap kelas tersebut adalah pada ukuran dan jumlahnya. IP kelas A dipakai oleh sedikit jaringan namun jaringan tsb memiliki anggota yang besar. Kelas C dipakai oleh banyak jaringan namun anggota masing-masing jaringan sedikit. Kelas D dan E juga didefinisikan,tetapi tidak digunakan untuk penggunaan normal. Kelas D untuk multicast,kelas E untuk keperluan eksperimen.
    • Network ID dan Host ID  Pembagian kelas-kelas IP Address didasarkan pada dua hal yaitu: Network ID (net ID) dan host ID dari suatu IP Address. Setiap IP Address merupakan pasangan net ID dan host ID  Net ID : merupakan identitas jaringan atau menunjukkan jaringan tempat komputer itu berada.  Host ID : bagian dari IP Address yang digunakan untuk menunjukkan workstation,server,router dan semua hostTCP/IP dalam jaringan tersebut.  Dalam satu jaringan, host ID harus unik (tidak boleh ada yang sama)
    • Sumber Daya di Internet E-mail  Digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronis Newsgroup  Forum diskusi Mailing List  Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronis IRC (Internet relay chat  Fasilitas yang memungkinkan pemakai melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif
    • Telnet  Fasilitas yang memungkinkan pemakai melakukan koneksi (login) ke suatu sisitem komputer. FTP (FileTransfer Protocol)  Sarana untuk melakukan transfer berkas dari komputer lokal ke suatu komputer lain atau sebaliknya. Gopher  Perangkat yang memungkinkan pemaki untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher melalui menu yang bersifat hierarkis. Archie  Perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP. Veronica (Very Easy Rondet-Oriented Netwide Index to Computer Archieves)  Merupakan kemampuan tambahan yang dipakai untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher. WAIS (Wide Area Information Server)  Perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada internet yang dilaksanakan dengan menyebutkan nama basis data dan kunci yang dicari.
    • Surat Elektronis  Surat elektronis banyak digunakan karena alasan mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaian. Surat elektronis tidak memerlukan kertas maupun perangko. Pemakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ke tujuan meskipun jarak antar pengirim dan penerima mencapi ribuan kilometer.
    • Mailing List  Mailing list atau list atau grup diskusi adalah suatu sumber daya di internet yang memungkinkan anggota suatu kelompok berdiskusi melalui surat elektronis.
    • Newsgroup  Newsgroup merupakan suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan e-mail. Diskusi dilakukan dengan melakuan koneksi langsung ke lokasi newsgroup.  Untuk mengakses newsgroup diperlukan perangkat lunak yang dinamakan newsreader, yakni berupa program yang dipasang di komputer klient. Contoh newsreader yaituWinVn yang merupakan program di lingkungan windows yang bersifat domain publik.
    • World Wide Web  WorldWideWeb (WWW) atau web merupakan sumber daya internet yang sangat populer dan dapat digunankan untuk memperoleh informasi dan bahkan melakukan transaksi pembelian barang.
    • World Wide Web  Dasar World Wide web Web menggunakan protokol yang disebut HTTP (HyperTextTransfer protokol) yang berjalan padaTCP/IP. HTTP (HyperTextTransfer Protocol) adalah protokolyang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen
    • World Wide Web  Web Portal Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang memiliki fitur direktori ,mesin pencari (search engine),e-mail atau grup diskusi.. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam
    • World Wide Web  Multimedia Pada Web Untuk mendukung multimedia, komputer klien harus dilengkapi dengan program yang diebut viewer atau terkadang disebut plig-in.
    • FTP  FileTransfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar filedalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalamFTP adalah FTP Server dan FTP Client.
    • Telnet Telnet merupakan komponen klien/server yang terdapat dalam paketTCP/IP yang berfungsi untuk melakukan login (masuk ke dalam suatu sistem) jarak jauh.
    • IRC Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
    • VoIP  Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon.Terminal akan berkomunikasi dengan gateway melalui telefoni lokal. Hubungan antar gateway dilakukan melalui network IP.Network IP dapat berupa network paket apapun, termasukATM, FR, Internet, Intranet, atau line E1. Voip menawarkan transportasi sinyal yang lebih murah, feature tambahan, dan transparansi terhadap data komputer. HambatanVoip saat ini adalah kehandalannya yang di bawah telefoni biasa, dan soal standarisasi yang akan menyangkut masalah interoperabilitas.
    • Membangun Halaman Web Komponen penyusun web  Web Browser  Merupakan perangkat lunak wajib yang harus terdapat di komputer. karena untuk menjalankan aplikasi web harus menggunakan web browser. beberapa contohnya: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.  Web Server  Merupakan perangkat lunak wajib jika membuat sebuah halaman web dinamis. dalam web server semua script-script web yang dibuat diletakkan. dengan menggunakan web server maka pembuat web dapat melakukan uji coba terhadap halaman- halaman web yang dibuat tanpa harus mencobanya di internet langsung (localhost). contoh web server: IIS (internet information services), XAMPP,WAMPP, dsb.
    • Komponen penyusun web  Database Server  Merupakan tempat penyimpan data dalam sebuah web. contohnya: MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2 (IBM), PostgreSQL.  Web Editor  Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah script, baik dalam bentuk html, maupun php.Contoh web editor: Notepad, Macromedia Dreamweaver.  Image Editor  merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola gambar-gambar dan animasi yang nantinya akan digunakan didalam halaman web yang akan dibuat. Contohnya: adobe photoshop, corell draw, macromedia flash
    • Unsur-Unsur Website  Domain Name / URL (Uniform Resource Locator)  Rumah tempat website (Web Hosting)  Bahasa Program (Script Program)  DesignWeb  Publikasi Website  Pemelirahaan / maintenance Web
    • TERIMA KASI