Your SlideShare is downloading. ×
Arti dan lambang provinsi dki jakarta
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Arti dan lambang provinsi dki jakarta

23,622
views

Published on

Published in: Education

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
23,622
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
96
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 1. Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta !Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya adalah sebagai berikut :* Lukisan Perisai segi lima yang didalamnya melukiskan gerbang terbuka.* Didalam gerbang terbuka itu terdapat “Tugu Nasional” yang dilingkari oleh untaian(krans) padi dan kapas. Sebuah tali melingkar pangkal tangkai-tangkai padi dan kapas.* Pada bagian atas pintu gerbang tertulis sloka “Jaya Raya”, sedang di bagian bawahperisai terdapat lukisan ombak-ombak laut.* Pinggiran Perisai digaris tebal dengan warna emas.* Gerbang terbuka bagian atas berwarna putih, sedang huruf-huruf sloka “Jaya Raya” yangtertulis diatasnya berwarna merah.* “Tugu Nasional” berwarna putih.* Untaian (krans) padi berwarna kuning dan untaian (krans) kapas berwarna hijau sertaputih.* Ombak-ombak laut berwarna dan dinyatakan dengan garis-garis putih, kesemuanya inidilukiskan atas dasar ysng berwarna biru.PengertianLambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya melukiskan pengertian-pengertian sebagaiberikut :1. Jakarta sebagai kota revolusi dan kota proklamasi kemerdekaanIndonesia :2. Jakarta sebagai lbu-Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pengertian kota dilambangkan dengan gerbang (terbuka).* Kekhususan kota Jakarta sebagai kota revolusi dan kota proklamasi dilambangkandengan’Tugu Nasional” yang melambangkan kemegahan dan daya juang dan cipta Bangsadan rakyat Indonesia yang tak kunjung padam.* “Tugu Nasional” ini dilingkari oleh untaian padi dan kapas, dimana pada permulaantangkai-tangkainya melingkar sebuah tali berwarna emas, yakni lambang cita-cita daripadaperjuangan Bangsa Indonesia yang bertujuan suatu masyarakat adil dan makmur dalampersatuan yang kokoh erat.* Dibagian bawah terlukis ombak-ombak laut yang melambangkan suatu ciri khusus dari
  • 2. Kota dan negeri kepulauan Indonesia.* Keseluruhan ini dilukiskan atas dasar wama biru, wama angkasa luar yangmembayangkan cinta kebebasan dan cinta darnai bangsa Indonesia.* Dan keseluruhan ini pula berada dalam gerbang, dan pada pintu gerbang itu terteralahdengan kemegahan yang sederhana sloka “Jaya Raya’ satu sloka yang menggelorakansemangat segala kegiatan-kegiatan Jakarta Raya sebagai lbu-kota dan kota perjoanganNegara Kesatuan Republik Indonesia.* Dan keseluruhan ini pula berada dalam kesatuan yang seimbang pada bentuk perisaisegi-lima yang bergaris tebal emas, sebagai pernyataan permuliaan terhadap dasar falsafahnegara “Pancasila”Tentang arti bentuk lukisan serta wama masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut:Bentuk : pintu gerbang - Lambang kota, lambang kekhususan Jakarta sebagai pintu keluarmasuk kegiatan-kegiatan nasional dan hubungan intemasional.Tugu Nasional - Lambang kemegahan, daya-juang dan cipta.padi/kapas - Lambang kemakmuran.tali emas - Lambang pemersatuan dan kesatuan.ombak laut - Lambang kota, negeri kepulauan.sloka “Jaya Raya” - Slogan perjuangan JakartaBentuk perisai segi lima - PancasilaWarna : mas pada pinggir perisai - Kemuliaan Pancasila.merah sloka - Kepahlawananputih pintu gerbang - Kesucianputih tugu nasional - Kemegahan kreasi mulyakuning padi/hijau putih kapas - Kemakmuran dan keadilanbiru - Angkasa bebas dan luasombak putih - Alam laut yang kasih. 2. Arti dan Makna Lambang Kota BekasiMelalui Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor : 01 Tahun 1998 disahkanlah lambangdaerah Kota Bekasi. Lambang tersebut berbentuk perisai dengan warna dasar hijau mudadan biru langit yang berarti harapan masa depan dan keluasan wawasan serta jernihpikiran. Sesanti " KOTA PATRIOT " artinya adalah semangat pengabdian dalamperjuangan bangsa.Di dalam Lambang Daerah tersebut terdapat lukisan-lukisan yang merupakan unsur-unsursebagai berikut :a. Bambu runcing berujung lima yang berdiri tegak dengan kokoh mempunyai 2 (dua)makna :
  • 3. Melambangkan hubungan vertikal Mahluk dengan Khaliknya (Manusia dengan Tuhannya)yang mencerminkan masyarakat Bekasi yang religius.Melambangkan semangat patriotisme rakyat Bekasidalam merebut dan mempertahankankemerdekaan Bangsa dan Negara yang tidak kenal menyerah sehingga Bekasimenyandang predikat sebagai Kota Patriot.b. Perisai segi lima melambangkan ketahanan fisik dan mental masyarakat Bekasi dalammenghadapi segala macam ancaman, gangguan, halangan dan tantangan yang datang darimanapun juga terhadap kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Republik Indonesia yangberdasarkan Pancasila.c. Segi empat melambangkan Prasasti Perjuangan Kerawang Bekasi.d. Pilar Batas Wilayah.e. Padi dan Buah-buahan melambangkan jumlah Kecamatan dan Kelurahan / Desa padasaat membentuk Kota Bekasi.Buah-buahan berjumlah 7 (tujuh) besar dan 1 (satu) kecil melambangkan 7 Kecamatan ;Pondok Gede, Jati Asih, Bantar Gebang, Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Bekasi Barat danBekasi Utara serta 1 Kecamatan Pembantu ; Jati Sampurna.Padi berjumlah 50 (lima puluh) butir melambangkan 50 Kelurahan / Desa.f. Tali Simpul berjumlah 10 (sepuluh) yang mengikat ujung tangkai padi dan buah-buahanmelambangkan tanggal Hari Jadi, 3 (tiga) buah Anak Tangga penyangga Bambu Runcingmelambangkan bulan Hari Jadi Kota Bekasi.g. Dua baris Gelombang Laut atau Riak Air melambangkan dinamika Masyarakat danPemerintah Daerah yang tidak akan pernah berhenti membangun Daerah dan Bangsanya.Sedangkan warna-warna dalam Lambang Daerah mengandung makna sebagai berikut :Kuning : Kemuliaan dan menunjukkan daerah Pemukiman.Biru Langit : Keluasan wawasan dan kejernihan pikiran serta menunjukkan zone Industri.Putih : Kesucian perjuangan.Merah : Keberanian untuk berkorban serta menunjukkan daerah Pertanian danHortikultura.Hijau Muda: Harapan masa depan serta menunjukkan daerah Pertanian dan HortikulturaHitam : Ketegaran patriot sejati. 3. Arti dan Makna lambang Daerah Provinsi Kalimantan Baratlambang Daerah Provinsi Kalimantan Barat sebagaimana diatur dalam Peraturan DaerahTK I Kalimantan Barat No 4 Tahun 1964, Lembaran Daerah Provinsi Kalimantan BaratNo. 2 Tahun 1967 tanggal 23 Mei 1967.Lambang secara keseluruhan bersudut lima Perisai, Mandau dan Keris dengan satu garismelintang di tengahnya.Bersudut lima berarti Pancasila, dimaksudkan Kalimantan Barat adalah bagian dariwilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila.
  • 4. Warna dasar hijau muda adalah lambang kesuburan.Perisai, Mandau dan Keris adalah lambang pusaka dan kebudayaan warisan leluhurmasyarakat Kalimantan Barat.Padi dan Kapas bersimpul pita dengan sudut empat adalah lambang kemakmuran yangdijiwai oleh semangat catur karsa (em pat kehendak) yaitu : kesungguhan, kejujuran,gotong-royong dan kekeluargaan.Jumlah unsur kapas (17), nyala api (8), padi (45) adalah lambang lahirnya RepublikIndonesia 17 Agustus 1945.Garis melintang ditengah-tengah adalah lambang bentangan Khatulistiwa tepat pada garisEquator.Kobaran api dalam tungku adalah lambang semangat perjuangan yang tak kunjung padam.Tulisan AKCAYA adalah lambang Tak Kunjung Binasa atau dengan keuletan yangpantang menyerah. 4. Arti dan Makna Lambang Daerah Provinsi BengkuluLambang Daerah Provinsi Bengkulu terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu : Berbentuk tameng.Ditengah-tengah terdapat tameng kecil yang di dalamnya berisikan setangkai padi dansetangkai kopi bersama daunnya. Sedangkan ditengah-tengahnya terdapat bunga Rafllesia,rudus, cerana dan bintang baser. Sebuah pita dengan bertuliskan : "BENGKULU".Makna Warna di dalam Lambang sebagai berikut: Hijau : Kesuburan, Biru: Kemakmuran,Merah : Dinamika Kegembiraan, Ungu : Ketenangan kedamaian, Kuning : Kejayaan.Warna hijau di atas tameng mencerminkan daerah pegunungan Bukit Barisan dengantanahnya yang subur sebagai batas tanah daerah Provinsi Bengkulu sebelah Timur, warnabiru berombak dengan 18 (delapan belas) gelombang berarti Laut dengan sumberkekayaan sebagai batas daerah Propnsi Bengkulu sebelah Barat.Dalam tameng kecil terdapat Disebelah kiri setangkai padi yang berwarna kuning. Buahpadi bercelah 17 (tujuh belas) butir melambangkan tanggal 17. Disebelah kanan terdapatsetangkai bunga kopi berwarna putih dan buah kopi berwarna hijau, bunga kopi berwarnaputih dan buah kopi berjumlah 8 (delapan) melambangkan bulan Agustus. Tulang daunkopi bagian atas berjumlah 4 (empat) garis. bagian bawah berjumlah 5 (lima) garismelambangkan tahun 1945, arti keseluruhannya HARI PROKLAMASIKEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA ( 17 - 8 - 1945 ).
  • 5. Garis gelombang 18 (delapan batas) melambangkan tanggal 18, Daun kopi berjumlah 11(sebelas) helai melambangkan bulan November, Bunga kopi setiap tangkai berjumlah 6(enam) dan buah kopi setiap tangkai berjumlah 8 (delapan).Arti keseluruhannya adalah hari kelahiran Provinsi Bengkulu (18 November 1968).Buah Padi dan Kopi mencerminkan hasil utama di bidang pertanian dan perkebunan.Bunga raflesia Arnoldi sebagai suatu keistimewaan alam dearah Provinsi Bengkulu.Bingkai berwarna emas yang mengitari Lambang melukiskan salah satu sumber mineral didaerah Provinsi Bengkulu.Cerana melukiskan kebudayaan rakyat.Rudus 2 (dua) buah melambangkan kepahlawanan.Bintang besar dipertemuan ujung padi dan kopi melambangkan Ketuhanan Yang MahaEsa. 5. Arti dan Makna Lamabang Provinsi Nanggroe Aceh DarussalamKupiah (Peci) Aceh berbentuk segi 5 (lima), adalah melambangkan Provinsi NanggroeAceh Darussalam yang bermakna Falsafah hidup Rakyat dan Pemerintah Daerah yangdisebut PANCACITA yang terdiri dari lima unsur.Dacing : melambangkan Keadilan.Rencong : melambangkan Kepahlawanan.Padi, Kapas, dan Cerobong Pabrik : melambangkan Kemakmuran.Kubah Masjid, Kitab dan Kalam : melambangkan Keagamaan dan Ilmu Pengetahuan.Warna Putih :melambangkan Kemurnian.Warna Kuning :melambangkan Kejayaan.Warna Hijau : melambangkan Kesejahteraan dan Kemakmuran.
  • 6. 6. Arti dan Makna Lambang daerah Provinsi Kalimantan SelatanLambang daerah Provinsi Kalimantan Selatan adalah "PARISAI" dengan warna dasarmerah dan hijau, bergaris sisi dengan warna kuning.Parisai (Perisai), adalah alat penangkis dan bertahan yang melambangkan kewaspadaanmempertahankan diri dari konsekwen.Warna merah, adalah lambang keberanian dan kepahlawanan yang gagah perkasa,menegakkan kebenaran perjuangan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalammenuju "masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah".Warna Kuning, adalah lambang kesuburan dan harapan bagi Daerah Provinsi KalimantanSelatan dihari yang akan datang.Didalam Perisai terdapat lukisan-Iukisan :Bintang berwarna Kuning Emas, adalah lambang Ketuhan Yang Maha Esa danperlambang keyakinan bahwa Tuhan mengetahui segala-galanya tanpa ada yangtersembunyi bagi-Nya.Rumah berbentuk bangunan spesifik Kalimantan Selatan asli, adalah lambang Suatu unsurkebudayaan yang depat dlbanggakan.Warna Hitam, adalah lambang bahwa penduduk Kalimantan Selatan mempunyai kebulatantekad dan keunggulan kearah pelaksanaan Pembangun Nasional.Intan, adalah lambang penghasilan Daerah Kalimantan Selatan yang sudah terkenal karenamempunyai mutu dan nilai yang sangat tinggi, yang merupakan pula sumber matapencaharian penduduk Kalimantan Selatan.Warna Putih berkilap memancar, adalah lambang bahwa penduduk Kalimantan Selatankalau dipimpin dengan sungguh-sungguh akan sanggup mencapai kecerdasan dankemajuan serta sanggup pula melaksanakan segala pembangunan menuju pada kemuliaandan keagungan Bangsa Indonesia.Buah Padi dan Batang Karet, adalah lambang penghasilan dan sumber kehidupan bagiterbesar penduduk Kalimantan Selatan.Buah Padi sebanyak 17 buah, Intan dengan 8 (delapan) pancaran dan Batang Karetsebanyak 1 pohon dengan bergaris 9 yang tersusun 4 disebelah kiri, 5 disebelah kanan.Merupakan susunan angka 17 8 1945 yaitu hari Kemerdekaan Republik Indonesia.Tulisan berupa "WAJA SAMPAI KAPUTING” adalah lambang bahwa pendudukKalimantan Selatan telah tekun dalam bekerja melaksanakan segala Sesuatu dengan penuhrasa kesanggupan dan konsekwen tanpa berhenti ditengah Jalan.
  • 7. 7. Arti dan Makna Lambang Provinsi BantenARTI LAMBANGKubah Mesjid, melambangkan kultur masyarakat yang agamais.Bintang bersudut lima, melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.Menara Mesjid Agung Banten, melambangkan semangat tinggi, yang berpedoman padapetunjuk Allah SWT.Gapura Kaibon, melambangkan Daerah Propinsi Banten sebagai pintu gerbang peradabandunia, perekonomian dan lalu lintas internasional menuju era globalisasi.Padi berwarna kuning berjumlah 17 dan kapas berwarna putih berjumlah 8 tangkai, 4kelopak berwana coklat, 5 kuntum bunga melambangkan Propinsi Banten merupakandaerah agraris, cukup sandang pangan. 17-8-45 menunjukkan Proklamasi RepublikIndonesia.Gunung berwarna hitam, melambangkan kekayaan alam dan menunjukkan dataran rendahserta pegunungan.Badak bercula satu, melambangkan masyarakat yang pantang menyerah dalammenegakkan kebenaran dan dilindungi oleh hukum.Laut berwarna biru, dengan gelombang putih berjumlah 17 melambangkan daerahmaritim, kaya dengan potensi lautnya.Roda gerigi berwarna abu-abu berjumlah 10, menunjukkan orientasi semangat kerjapembangunan dan sektor industri.Dua garis marka berwarna putih, menunjukkan landasan pacu Bandara Soekarno Hatta.Lampu bulatan kuning, melambangkan pemacu semangat mencapai cita-cita.Pita berwarna kuning, melambangkan ikatan persatuan dan kesatuan masyarakat Banten.Semboyan "IMAN TAQWA" sebagai landasan pembangunan menuju Banten Mandiri,Maju dan Sejahtera.Arti warna yang digunakan dalam simbol daerah:Merah : melambangkan keberanianPutih : melambangkan suci, arif dan bijaksanaKuning : melambangkan kemuliaan, lambang kejayaan dan keluhuranHitam : melambangkan keteguhan, kekuatan dan ketabahan hatiAbu-abu : melambangkan ketabahanBiru : melambangkan kejernihan, kedamaian dan ketenanganHijau : melambangkan kesuburanCoklat : melambangkan kemakmuran
  • 8. 8. Arti dan Lambang Provinsi LampungBentuk Perisai dengan Pita menjurai menjurai bertuliskan Sang Bumi Ruma, serta AkasaraLampung, gambar Daun dan buah Lada, Payung dan Gong.Perisai persegi lima Kesanggupan mempertahankan cita dan membina pembangunanrumah tangga yang didiami oleh unsur golongan masyarakat untuk mencapai masyarakatmakmur, adil berdasarkan Pancasila.Pita Sang Bumi Ruwa Jurai Sang Bumi = Rumah Tangga Agung yang berbilik-bilik. RuwaJurai = dua unsur golongan masyarakat yang berdiam di wilayah Provinsi Lampung.Aksara Lampung berbunyi : “LAMPUNG”Daun Lada 17 lembar, melambangkan tanggal 17, buah lada 8 biji melambangkan bulanAgustus,Setangkai padi berjumlah 45, melambangkan tahun 1945. Dengan demikin daun lada, buahlada dan setangkai padi melambangkan hari kemerdekaan pada tanggal 17-8-1945.Biji Lada 64, melambangkan terbentuknya Provinsi Lampung tahun 1964.Laduk, melambangkan Golok rakyat serba guna.Payam, melambangkan Tumbak pusaka tradisional.Gong, melambangkan alat seni budaya, sebagai pemberitahuan dimulainya karya besar dansebagai alat menghimpun masyarakat untuk bermusyawarah.Siger, melambangkan mahkota keagungan adat budaya dan tingkat kehidupan terhormat.Payung, Jari payung 17, bagian ruas tepi 8 garis batas, ruas 19 dan rumbay payung 45,melambangkan Negara RI diproklamasikan tanggal 17-08-1945. Kemudian payung juraiyang melambangkan Provinsi Lampung tempat semua jurai berlindung. Tiang dan bulatanpuncak payung melambangkan satu cita membangun bangsa dan Negara RI dengan ridhoTuhan Yang Maha Esa.Warna.Hijau melambangkan dataran tingggi yang subur untuk tanaman musim.Coklat melambangkan Dataran rendah yang subur untuk sawah dan ladang.Biru melambangkan Kekayaan sungai dan lautan yang merupakan sumber perikanan dankehidupan para nelayan.Putih melambangkan Kesucian dan keikhlasan hati masyarakat.Kuning tua, muda, emas melambangkan Keagungan dan kejayaan serta
  • 9. 9. Arti dan Makna Lambang Provinsi RiauMata Rantai tak terputus yang berjumlah 45, adalah lambang persatuan bangsa dandiproklamirkan pada tahun 1945, yaitu tahun Proklamasi Republik Indonesia.Padi dan Kapas adalah lambang kemakmuran (sandang pangan), padi 17 butir dan 8 BungaKapas merupakan tanggal Proklamasi 17 bulan 8 (Agustus).Lancang Kuning mengandung, adalah lambang kebesaran Rakyat Riau, sedang sogokLancang berkepala ikan melambangkan bahwa Riau banyak menghasilkan Ikan danmempunyai sumber-sumber penghidupan dari laut. Gelombang lima lapis melambangkanPancasila sebagai Dasar Negara, Republik Indonesia.Keris berhulu Kepala Burung Serindit, adalah lambang Kepahlawanan Rakyat Riauberdasarkan pada kebijaksanaan dan kebenaran. 10. Arti dan Makna Lambang Provinsi Jawa TimurDaun lambang bentuk perisai, adalah lambang keamanan dan ketentraman serta kejujuranmelambangkan dasar dan keinginan hidup rakyat Jawa Timur yang merupakan daerahyang termasuk aman.Bintang dengan warna kuning emas, adalah lambang Ke Tuhanan Yang Maha Esa,bersudut lima dan bersinar lima adalah melambangkan Pancasila merupakan dasar danfalsafah Negara yang senantiasa dijunjung tinggi dan selalu menyinari jiwa rakyatnya(dalam hal ini rakyat Jawa Timur) khususnya jiwa Ke Tuhanan Yang Maha Esa.Tugu Pahlawan, adalah lambang kepahlawanan, untuk melukiskan sifat dan semangatkepahlawanan rakyat Jawa Timur (khususnya Surabaya). Dalam mempertahankankedaulatan dan wilayah tanah airnya.Gunung berapi yang selalu mengepulkan asap, adalah lambang keteguhan dan kejayaantekad Jawa Timur dengan semangat dinamis, revolusioner pantang mundur dalammenyelesaikan revolusi menuju cita-cita rakyat adil dan makmur, selain itu juga
  • 10. menggambarkan bahwa wilayah Jawa Timur mempunyai banyak gunung-gunung berapi.Pintu gerbang (dari Candi) dengan warna abu-abu, adalah lambang cita-cita perjuanganserta keagungan khususnya Jawa Timur di masa silam yang masih nampak dan sebagailambang batas perjuangan masa lampau dengan masa sekarang, yang semangatnya tetapberada di tiap-tiap patriot Indonesia yang berada di Jawa Timur.Sawah dan ladang, yang dilukiskan pada bagian-bagian dengan warna kuning dan hijau,adalah lambang kemakmuran yaitu bahwa Jawa Timur memiliki sawah dan Iadang yangmerupakan sumber dan alat untuk mencapai kemakmuran.Padi dan kapas, adalah lambang sandang pangan, yang menjadi kebutuhan pokok rakyatsehari-hari, gambar padi berbutir 17 buah, sedangkan kapas tergambar 8 buah,melambangkan saat-saat keramat bagi bangsa Indonesia yaitu tanggal 17 - 8 - 1945.Sungai yang bergelombang, menunjukkan bahwa Jawa Timur mempunyai banyak sungaiyang mengalir untuk mengairi sawah dan sumber kemakmuran yang lainnya di JawaTimur.Roda dan rantai, melukiskan situasi Jawa Timur pada masa sekarang yang sudah mulaipesat pembangunan pabrik-pabrik dan lain-lain dalam rangka pembangunan Jawa Timur dibidang industri, dan melambangkan pula tekad yang tak kunjung padam serta rasa ikatanpersahabatan yang biasa ditunjukkan oleh rakyat Jawa Timur kepada pendatang danpeninjau dari manapun.Pita berisikan tulisan Jawa Timur, menunjukkan lambang daerah Propinsi Jawa Timur.Pita dasar dengan warna putih berisi tulisan JER BASUKI MAWA BEYA, menunjukkanmotto Jawa Timur yang mengandung makna bahwa untuk mencapai suatu kebahagiaandiperlukan pengorbanan.

×