Your SlideShare is downloading. ×
Rangkuman Materi UAS ' Sejarah Asia Timur '
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Rangkuman Materi UAS ' Sejarah Asia Timur '

1,408
views

Published on

Buat Belajar

Buat Belajar


0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,408
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Zaman Tiga Negara Zaman Tiga Negara atau juga dikenal dengan nama Samkok bahasa Inggris: Three Kingdoms Era (220 - 280) adalah sebuah zaman di penghujung Dinasti Han di mana Cina terpecah menjadi tiga negara yang saling bermusuhan. Faktor2 penyebab munculnya 3 negara : - Runtuhnya Dinasti Han - Munculnya Tokoh2 Jendral Perang yang Hebat ( sebagai tindakan dari penumpasan Pemberontakan ) Tiga Negara : - Wei (220-265) - Wu (222-280) - Shu (221-263) : Cao-Cao, Cao Pi : Sun Quan : Liu Bei Berakhirnya Zaman Tiga Negara diawali dengan runtuhnya kerajaan Shu, yang kemudian tunduk kepada dengan Wei, yang pada saat itu Sima Yan, berhasil merebut tahta Kerajaan Wei dari Keluarga Cao. Kemudian Sima Yan mendirikan Negara Jin, maka dari situlah akhir dari masa tigas negara yang merupakan masa peperangan 3 blok wilayah selama kurang lebih 40 tahun lamanya.
  • 2. Revolusi Cina Dinasti terakhir yang memerintah di Cina sebelum timbulnya nasionalisme adalah Dinasti Ching dari Manchu. Pada saat itu, bangsa Barat (Inggris) mulai datang ke Cina. Mereka bertindak sebagai imperialis. Oleh karena itu, Cina berusaha melawan Inggris. Kedua pihak berhadapan sebagai lawan dalam Perang Candu. Cina melarang perdagangan candu yang dilakukan Inggris.Peristiwa ini menandai bangkitnya nasionalisme Cina. Gerakan nasionalis Cina muncul di bawah pimpinan Dr. Sun Yat Sen. Gerakan ini bertujuan untuk menumbangkan kekuasaan bangsa Manchu yang dianggap sebagai pemerintah asing. Faktor penyebab terjadinya revolusi nasional di Cina pada tahun 1911 sebagai berikut: 1) Timbulnya angkatan baru berpaham modern yang memperoleh pendidikanBarat. Mereka mencita-citakan adanya Cina baru modern dan jaya. 2) Pemerintah Manchu dianggap pemerintah asing yang kolot dan tidak memikirkan keperluan rakyat. 3) Terjadinya peristiwa Wuchang Day. Pada tanggal 9 Oktober 1910 rumah yang dijadikan tempat menyembunyikan mesiu meledak.
  • 3. Sebelum terjadi tindakan apa pun dari pemerintah Manchu, pagi harinya tanggal 10 Oktober 1911, kaum nasionalis mengumumkan berdirinya Republik Cina. Republik Cina pada mulanya hanya berperan di Cina Selatan dengan Nanking sebagai ibu kotanya. Di Cina Utara kekuasaan Manchu di bawah Kaisar Pu Yi masih ada. Kaisar Pu Yi pada saat itu masih kanak-kanak sehingga segala urusan pemenntahan berada di tangan Jenderal Yuan Shih Kai. Untuk menghindari jatuhnya korban, Dr. Sun Yat Sen berunding dan menyerahkan pimpinan kepada Jenderal Yuan Shih Kai. Tanpa pertumpahan darah, kekuasaan Manchu dapat diakhiri sejak tanggal 12 Februari 1912. Kaisar Pu Yi dapat tinggal di Manchuria dengan gaji cukup. Yuan Shih Kai pun menjadi Presiden Republik Cina yang wilayahnya mencakup seluruh Cina. Dr. Sun Yat Sen mendirikan Partai Nasionalis Cina (Kuo Min Tang) dan melaksanakan Trisila yang dikenal dengan ajarah San Min Cui. Ajaran ini memuat nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme.
  • 4. Riwayat singkat Sun Nyat Sen dan Cita-Citanya Sun Yat Sen lahir 12 November 1866 – meninggal 12 Maret 1925 pada umur 58 tahun) adalah seorang pemimpin kunci revolusi Cina dan diakui secara luas sebagai Bapak Negara Cina Modern, baik di Cina maupun Taiwan Dia adalah seorang revolusioner dan pemimpin politik. Sebagai pelopor Nasionalis Cina, Dia sering disebut sebagai Bapak Pendiri Republik Cina. Dia adalah Presiden sementara pertama saat Republik Cina (ROC) didirikan pada tahun 1912 dan kemudian mendirikan Partai Kuomintang (KMT), di mana ia menjabat sebagai pemimpin pertama. Warisan Sun berupa karyanya dalam mengembangkan filsafat politik yang dikenal sebagai 3 Prinsip Rakyat (Three Principles of The People): Nasionalisme, Demokrasi, dan kemakmuran masyarakat.
  • 5. Kekuasaan Shogun dan Runtuhnya Kekuasaan Shogun di Jepang Awal kemunculan shogun bermula pada kemenangan keluarga Minomoto terhadap keluarga Taira. Perang ini bermula pada konflik yang terjadi antara Minomoto dan Taira . konflik ini dilatarbelakangi oleh ketidaksenangan keluarga Minomoto terhadap keluarga Taira yang mencontoh cara – cara bangsawan dan lebih cenderung mengikuti gaya keluarga Fujiwara yang telah mereka gulingkan. Setelah keberhasilan Minomoto-no-Yoritomo dalam pengusiran keluarga Taira, ia tidak melanjutkan peperangan dan membiarkan peperangan dijalankan oleh adiknya. Sementara itu ia menetap pada basis yang didirikanya di Kamakura untuk mengawasi wilayah timur Jepang. Kemudian di kamakura Yoritomo mendirikan beberapa lembaga administrative seperti : 1) 2) 3) Samurai-dokoro yaitu lembaga yang mengawasi para samurai yang menjadi pengikutnya. Mandoko yaitu lembaga yang mengatur urusan-urusan umum. Monchujo yaitu lembaga yang mengurus peradilan. Setelah kekalahan taira ia menolak pindah ditempatkan ke Kyoto. Yorimoto mengusulkan kepada kaisar di biara untuk membentuk jabatan baru diantaranya 1)Membentuk Shugo pegawai yang bertugas untuk bertanggung jawab akan pengawasan dan pengendalian para samurai di wilayah masing – masing. Shugo ditempatkan di setiap propinsi. 2)Membentuk Jito pegawai yang bertugas mengawasi tanah dan memungut pajak ditempatkan di tanah milik Negara dan shoen seluruh jepang.
  • 6. System pemerintahan keshogunan awal Pemerintahan shogun dianggap sebagai permulaan system feodal. Pemerintahan shogun dibantu dengan adanya ikatan tuan dan hamba antara Yoritomo dan para samurai di wilayah timur. Yoritomo disebut “yang dipertuan Kamakura” sedangkan para samurai yang menjadi pengikutnya disebut Gokenin (tentara bayaran). Antara kedua pihak terjadi hubungan paternalistis dan pengabdian setia. Yang dipertuan Kamakura melindungi tanah yang diwarisi oleh tentara bayaran dari nenek moyangnya dan member hadiah tanah atas jasa – jasan mereka. Sementara itu tentara bayaran dengan setia mengabdi kepada bakufu,mengerjakan tugas militer dan memenuhi tanggung jawab keuangan. Sehingga pada masa itu terjadi dua pemerintahan ganda yang pertama pemerintahan sipil, dipimpin oleh kaisar. Sedangkan pemerintahan militer dipimpin oleh Shogun atau jendral. 3 Kekuasaan besar pada masa Keshogunan : - Kamakura - Muromachi - Tokugawa
  • 7. Faktor-Faktor yang menyebabkan Runtuhnya masa Keshogunan Akhir pamerintahan shogun diakibatkan oleh sikap bakufu lin noushuke yang tidak mengindahkan penolakan dari istana dan menandatangani perjanjian dagang dengan Amerika Serikat. Pada tahun 1858 perjanjian dagang dan persahabatan di tandatangani antara Jepang dan Amerika Serikat. Perjanjian itu kurang adil: disamping Shimuda dan Hakodate, empat pelabuhan lain yaitu Kanagawa,Nagasaki, Niigata dan hyogo serta kota Edo dan Osaka terbuka buat perdagangan. Selain itu di akui pula hak menetap bagi warga Amerika, penempatan seorang mentri dan konsul, serta hak ekstra territorial buat warga Negara Amerika. Kedua Negara itu juga mengadakan perjanjian Pabean dalam beberapa tahun berikutnya perjanjian serupa dengan Belanda, Rusia, Inggris dan Prancis. Akibat dari sikap dari li Nausoke menyebabkan kekesalan yang makin meluas dalam keluarga kaisar. Dan berkembang pada gerakan anti bakufu yang makin meluas dikalangan rakyat. Akhir masa keshogunan ditandai atas kehendakya Yoshinobhu yang waktu itu menjabat menjadi shogun dan mengusulkan pengembalian pemerintahan kepada istana dan diberikan kepada kaisar yang pada waktu itu menjabat yaitu Kaisar Meiji. Setelah peristiwa tersebut maka berakhirlah masa keshogunan.
  • 8. Restorasi Meiji Restorasi Meiji merupakan suatu gerakan pembaruan yang dipelopori oleh Kaisar Mutsuhito, atau Kaisar Meiji. Restorasi Meiji dikenal juga dengan sebutan Meiji Ishin, Revolusi, atau pembaruan. Restorasi Meiji merupakan suatu rangkaian kejadian yang menyebabkan perubahan pada struktur politik dan sosial Jepang. Restorasi Meiji terjadi pada tahun 1866 sampai 1869, tiga tahun yang mencakup akhir zaman Edo dan Awal zaman Meiji. Restorasi Meiji bisa dikatakan sebagai jaman “pencerahan” Jepang setelah selama 200 tahun lebih menutup diri dari hubungan luar di bawah kepemimpinan rezim Tokugawa. Dengan adanya Restorasi Meiji ini masa dimana Jepang akan menjelma menjadi negara yang maju pun dimulai. Sejalan dengan arti dari kata meiji sendiri, yaitu ”yang berpikiran cerah”. Bangsa Jepang kemudian mulai berbenah diri dan berusaha mengejar ketertinggalannya dari bangsa Eropa Barat. Restorasi Meiji berhasil menjadikan bangsa Jepang menjadi bangsa yang modern pada waktu itu. Jepang yang seperti diketahui saat itu merupakan negara ‘kuno’ dan miskin dengan sakokunya(isolasi) menjelma menjadi salah satu kekuatan yang disegani di Asia Timur.Banyak kemajuan-kemajuan yang dicapai dalam dibidang industri, pemerintahan, pendidikan maupun militer akibat dari Restorasi Meiji. Kemajuan-kemajuan tersebut dicapai hanya dalam kurun waku kurang dari 50 tahun
  • 9. Dampak Restorasi Meiji Restorasi Meiji ini dibarengi degan re-organisasi dalam pemerintahan dan pembaharuanpembaharuan dalam bidang sosial ekonomi dan kebudayaan. Pemerintahan • Tenno menjadi kepala negara (bersifat dewa abadi). • Dihapuskannya sistem feodalisme. • Daimnyo-daimnyo atau bangsawan dirubah kedudukannya dan dijadikan sebagai pegawai negeri dan tanah-tanah yang mereka kuasai diserahkan kepada Tenno. • Pemerintahan diatur secara barat dengan adanya kabinet dan parlemen. • Disahkannya UUD pada tanggal 11 Februari 1890 oleh Tenno. Militer Dalam bidang militer pemerintahan yang baru membangun angkatan perangnya secara modrn, di mana angakatan darat dipegang oleh keluarga Chosu dan dibuat secara Jerman, dan angkatan Laut dipegang oleh keluarga Satsuma dibentuk secara Inggris. Industri Hal ini ditempuh dengan melakukan modernisasi pada mesin-mesin produksi yang dibutuhkan bagi modernisasi perusahaan the, sutera, pertanian dan kemudian industri. Mesin-mesin tersebut diekspor secara besar-besaran dari Inggris, berikut ahli-ahli tekniknya didatangkan dari luar negeri terutama Inggris untuk mendirikan pabrikpabrik, dok-dok dan pusat-pusat listrik. Dengan timbulnya industri timbul juga golongan baru di Jepang yaitu kapitalis baru yang berkuasa di bawah militer.
  • 10. Pendidikan Restorasi Meiji juga membawa perubahan pada bidang pendidikan, dimana anakanak Jepang mulai endapatkan pendidikan secara barat hal yang tidak mungkin terjadi pada masa Shogun. Dalam system baru ini tiap anak yang berumur 6 tahun sudah dikenakan kewajiban belajar dan itu berlaku bagi semua penduduk. Untuk tiap 600 penduduk diadakan 1 sekolah rendah. Negara dibagi menjadi 8 daerah pendidikan, tiap daerah diberi 32 buaj sekolah menengah dan 1 buah universitas. Hal yang terpenting adalah pengiriman pelajar-pelajar keluar negeri untuk menyempurnakan ilmu pengetahuannya tenatang Barat. Sekembalinya ke Jepang mereka ditugaskan dalam pembangunan dan modernisasi Negara. Hal ini sangat berhasil karena dalam 50 tahun jepang sudah menjadi Negara modern.
  • 11. Jepang Muncul Sebagai Negara Imperialis ( 1894-1945) Faktor yang menyebabkan Jepang muncul Sebagai Negara Imperialis : Eksplosi Penduduk Retriksi (Pembatasan) Imigrasi Bangsa Jepang Perkembangan Industri Jepang Harga Diri Sebagai Negara Besar Ajaran Shinto tentang Hakko-Ichi-U Jepang sebagai negara Imperialis ditandai dengan timbulnya Perang Melawan Jepang yang dilakukan Oleh Cina, dan perang jepang melawan Rusia yang akhirnya dimenangkan Oleh jepang

×