Biologi xii   peranan bioteknologi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Biologi xii peranan bioteknologi

on

  • 1,394 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,394
Views on SlideShare
1,394
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
58
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Biologi xii   peranan bioteknologi Biologi xii peranan bioteknologi Presentation Transcript

    • Peranan Bioteknologi Abdurachman Adelia Amirah Nursarah | XII IPA 4
    • Pengolahan Bahan Pangan 1. Pembuatan Roti Biji-biji Serelia Terigu Maltosa Adanya gelembung karbon dioksida pada roti menyebabkan roti bertekstur ringan dan mengembang. Glukosa Karbon dioksida Roti
    • 2. Pengolahan Hasil Susu a. Keju Menggunakan bakteri asam laktat, biasanya dari genus Lactobacillus dan Streptococcus. Bakteri ini berfungsi memfermentasi laktosa dalam susu menjadi asam laktat. Ada 4 jenis keju: Keju sangat keras, ex: keju romano Keju keras, ex: cheddar Keju setengah lunak, ex: keju requefort Keju lunak, ex:; keju camembert Pada proses pembuatannya ditambahkan lagi kultur jamur Penicillium
    • Susu dipasteurisasi terlebi dahulu, lalu sebagian besar lemak dibunag. Mikroorganisme yang digunakan adalah bakteri asam laktat, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus Mikroorganisme yang digunakan adalah Streptococcus lactis dan Leuconostoc cremonis yang membantu proses pengasaman.
    • 3. Produk Makanan Lain Sayuran yang diasamkan agar dapat awet disimpan. Pada pembuatannya, sayuran diirisiris, kemudian dicampur garam, lalu ditekan dalam tempat pemnyimpanan untuk mengeluarkan udara. Selanjutnya dilakukan penambahan bakteri asam laktat. Zaitun dan timun dapat diawetkan dengan menyimpannya dalam larutan garam yang ditambah bakteri asam laktat. Pertama membuang getah yang menyelubungi biji, lalu ditimbun bersamasamaa mikroorganisme, seperti jamur dan bakteri. Kedua mikroba itu mampu memfermentasi getah dan mencegah buah kopi dan coklat berkecambah .
    • Bir dibuat dari biji-biji sereal misalnya gandum. Pembuatan bir melibatkan proses penumbukan dan fermentasi. Dalam fermentasi dihunakan khamir.
    • 4. Protein Sel Tunggal Protein sel tunggal atau PST adalah suatu istilah untuk menyebut protein yang berasal dari organisme bersel tunggal atau bersel banyak yang strukturnya sederhana. PST dapat dibuat dari: Alga Chlorella, Spirulina, dan Scendesmus. Khamir Candida utylis Kapang berfilamen Fusarium gramineaum
    • 5. Produk Asam Amino, Vitamin, dan Enzim. Mikroorganisme yang diproduksi secara komersial untuk pembuatan asam amino dan vitamin. Jenis mikroorganisme Produk asam amino Vitamin Corynebacterium glutamicum Treonin dan lisin - Micrococcus glutamicus Lisin - Brevibacterium sp. Glutamat - Pseudomonas sp. - Vitamin B12 Propionibacterium sp. - Vitamin B12 Ashbya gossypii - Riboflavin Streptomyces oliveus - Kobalamin Propionibacterium freudenreichii - Kobalamin
    • Mikroorganisme yang diproduksi secara komersial untuk produksi enzim. Jenis mikroorganisme Enzim Kegunaan Aspergilus niger Amilase, Selulase, Lipase, Pektinase. Melunakkan biji-bijian, pengentalan cairan kopi, produksi cita rasa keju, membantu penguraian. Aspergilus oryzaae Protase Stabilisator bir, pembuatan roti, pelunak daging, membantu pencernaan. Bacilus subtilis Amilase, Pinisilinase Membuat sirup, membantu pencernaan, lem, pembuatan kertas, agen diagnostik. Leuconostoc mesenteroides Sukrase Dekstrans, pengganti plasma darah. Saccharomyces fragillis Laktase Mencegah kristalisasi laktosa dalam es krim dan susu kental.
    • Farmasi dan Kedokteran 1. Pembuatan Antibodi Monoklonal. Kegunaan antibodi monoklonal cukup beragam. Para ilmuwan berharap dapat menggunakan antibodi monoklonal dalam pengobatan kanker. Beberapa jenis sel kanker membuat antigen yang berbeda dengan protein yang dibuat oleh sel-sel sehat. Dengan teknologi yang ada, dapat dibuat antibodi monoklonal yang hanya menyerang protein dan menyerang sel-sel tanpa mempengaruhi sel-sel yang sehat. 2. Pembuatan Vaksin • Di antara penerapan kultur sel hewan, produksi vaksin virus merupakan metode tertua. Contoh vaksin yang dibuat dengan cara ini adalah vaksin poliomielitis, gondong, cacar air, rubella dan rabies. • Vaksin yang digunakan untuk melindungi atau mencegah tubuh terserang penyakit berasal dari mikroorganisme (virus, bakteri) yang dilemahkan atau toksin yang dihasilkan oleh mikroorganisme tersebut.
    • 2. Pembuatan Antibiotik Antibiotik adalah produk metabolisme yang dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu bersifat dan menghambat pertumbuhan atau merusak mikroorganisme lain. Antibiotik telah dikenal sejak lama untuk melawan berbagai infeksi mikroorganisme patogen. Antibiotik dapat diperoleh dari jamur atau bakteri yang diproses dengan cara tertentu . Berikut adalah beberapa jenis antibiotik: Penisilin (Penicillins) Sefalosporin (Cephalosporins) Aminoglikosida (Aminoglycosides) Makrolida (Macrolides) Sulfonamida (Sulfonamides) Fluoroquinolones Tetrasiklin (tetracyclines) dan polipeptida (polypeptides)
    • Pertanian 1. Tanaman Kebal Terhadap Hama dan Penyakit. Padi Dengan rekayasa genetika, para ahli bioteknologi menyisipkan gen bakteri Bacillus thuringiensis yang dapat mengahsilkan senyawa endotoksin pada tanaman budidaya. Tanamannya disebut tanaman trangenik. Jagung, kapas, kentang Tembakau Tomat Kedelai Ubi jalar Pepaya Melon
    • 2. Tanaman yang Dapat Memfiksasi Nitrogen Tanaman yang tidak dapat memfiksasi nitrogen diberikan pupuk buatan, namn pupuk ini setelah terbilas akan mencemari air minum yang dikonsumsi manusia. Dengan bioteknologi, para ilmuwan mengembangkan tumbuhan yang akarnya dapat bersimbiosis dengan Rhizobium. Ide ini melibatkan gen nif.
    • Peternakan 1. Hewan Transgenik • Hewan-hewan transgenik disisipkan gen-gen tertentu yang dibutuhkan manusia. Contoh : Domba transgenik, yang disisipkan faktor VIII dapat menghasilkan susu yang dapat dimurnikan untuk menolong penderita hemofilia. • Juga dapat membantu melestarikan spesies langka. Contoh: Sel telur zebra yang sudah dibuahi lalu ditanam dalam kuda spesies lain.
    • 2. Hormon BST Hormon BST adalah hormon untuk pertumbuhan hewan hasil rekayasa genetika. Hormon ini dapat mendorong pertumuhan dan meningkatkan produksi susu. Hormon ini juga unutk memperbesar ukuran ternak hingga 2 kali lipat ukuran normal.
    • Pengolahan Limbah 1. Pengolahan Air Limbah Dengan bioteknologi, pengolahan limbah menjadi lebih terkontrol dan efektif. Pemrosesan air limbah oleh pabrik bertujuan untuk menghilangkan zat pencemar baik biologis maupun kimiawi, yang mungkin membahayakn manusia atau llingkungan. Mekanisme yang dilalui: a. Menghilangkan sisa-sisa terakhir benda padat yang tersuspensi b. Menhgilangkan gangguan yang tidak dikehendaki c. Menghilangkan rasa,warna, bau, dan mengurangi kandungan zat yang terlarut.
    • 2. Pengolahan Limbah Minyak Jamur Cladosporium resinae dapat mendegradasi plastik dan parafin dengan efektif. Mikroba lain adalah Pseudomonas, yang dapat memecah ikatan hidrokarbon minyak. Cara lain untuk mengatasi polusi minyak adalah menggunakan pengemulsi yang menyebabkan minyak bercampur dengan air sehingga dapat dipecah oleh mikroba. 3. Biodegradasi Plastik Plastik adalah meteri yang sangat sulit untuk diuraikan. Saat ini telah dikembangkan produk plastik dari politen dan polister poliuretan yang bermassa molekul rendah. Plastik tersebut dapat didegradasi oleh mikroba jamur Cladosporium resinae. Terdapat juga plastik biodegradable, selain dapat terurai, dapat juga dibuat oleh mikroba Alxaligenes eutrophus. Plastik biodegradable lainnya adalah puluan.
    • Bahan Bakar Alternatif 1. Gasohol Gasohol dihasilkan dari fermentasi khamir pada gula. Bersifat murah, dapat diperbaharui dan tidak menimbulkan polusi. Bahan baku yang paling banyak digunakan adalah tebu. 2. Biogas Hasil penguraian senyawa organik yang dijadikan sumber energi adalah gas CH4 (matana) di samping itu dihasilkan gas CO2. Penguraian senyawa organik ini memanfaatkan 3 kelompok mikroba, mereka bekerjasama membentuk biogas, namun yang mendominasi fermentasi adalah jenis Methanobacterium.