• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Data mikro survey pasar mie instan
 

Data mikro survey pasar mie instan

on

  • 414 views

 

Statistics

Views

Total Views
414
Views on SlideShare
414
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
4
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Data mikro survey pasar mie instan Data mikro survey pasar mie instan Document Transcript

    • TUGAS KELAYAKAN BISNIS DATA MIKRO SURVEY PASAR Oleh : Widianto NIM A1C009053: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS PERTANIAN PURWOKERTO 2012
    • DATA MIKRO SURVEY PASARA. Sampling method Metode pangambilan sampel yang digunakan dalam pembuatan data mikro survey pasar adalah dengan metode siple random sampling. Pengambilan responden dilakukan pada teman kuliah yang ditemui dan mau untuk mengisi kuisioner yang di sajikan.Dalam survey ini ditentukan jumlah responden yang di ambil adalah 15 orang. Hal tersebut dilakukan karena untuk evisiensi waktu dan biaya.B. Data preferensi konsumen Data preferensi konsumen dari hasil wawancara terhadap sampel secara komulatif dari masing-masing pertanyaan adalah sebagai berikut: 1. Mie instan merk apa yang anda sukai? Jwaban: Indomie 7 responden Sedaap 4 responden Sarimi (besar/isi 2) 4 responden 2. Alasan menyukai produk tersebut? - Untuk “Indomie”: rasanya enak, mie tidak cepat mengembang,banyak pilihan rasa,sudah terbiasa, tersedia di mana- mana, mie nya kenyal. - Untuk “Sedaap” : rasanya enak, mudah di dapat, - Untuk “sarimi” : isinya banyak,mudah di dapat.
    • 3. Adakah perubahan yang anda inginkan dari produk tersebut? Jawaban : - Untuk “Indomie” : cukup puas/ no koment, isi nya di perbanyak,resiko bahan pengawet di kurangi. - Untuk “Sedaap” : cukup puas/ no koment, varian rasa di perbanyak, isi diperbanyak. - Untuk “Sarimi” : rasanya kurang enak, pilihan rasa diperbanyak. 4. Ketika ada produk baru, hal apa yang membuat anda ingin mencobanya? Jawaban : - Iklan nya menarik - Ada promo(tambahan isi,hadiah barang) - Harga murah - Inovasi rasa baruC. Analisis persaingan Dari hasil wawancara diatas, dapat diketahui bahwa pesaing terbesar di pasar mie instan adalah mie instan dengan merk Indomie,Sedaap, dan Sarimi. Selain merk tersebut masih ada juga merk lain seperti Supermi dan salam mie. Merk-merk tersebut adalah merk mie instan yang telah lama beredar di pasaran dan telah beradaptasi dengan pasar. Pastinya selama ini mereka telah melakukan berbagai penyesuaian kualitas dan variasi produk demi memenuhi keinginan
    • konsumen. Maka, dapat dikatakan bahwa merk-merk pesaing tersebut telah melekat di hati konsumen. Melihat keadaan yang demikian maka dapat pastikan akan sangat sulit untuk menembus pasar mie instan dan dapat bersaing di dalamnya. Tetepi dengan adanya data preferensi konsumen diatas, maka kita dapat menemukan solusi untuk membuat produk yang nantinya mampu bersaing di pasar. Dengan melengkapi harapan dari konsumen atas merk-merk pesaing yang telah lama mereka konsumsi, maka diharapkan produk kita akan mampu merebut hati konsumen untuk berpindah pada produk kita.D. Analisis segmentasi pasar Dengan pengambilan sampel yang dilakukan yaitu terhadap para mahasiswa, maka dapat di tentukan bahwa hasil riset ini hanya berlaku untuk konsumen yang berada di lingkungan kampus atau dengan kata lain hanya untuk kalangan mahasiswa yang pada dasarnya mereka adalah anak kost.
    • Kesimpulan Produk : Produk yang akan kita produksi haruslah memperhatikan hasil surveyyang telah kita lakukan. Menurut hasil survey, penulis menyimpulkan bahwaproduk yang kita produksi haruslah memiliki spesifikasi sebagai berikut:- Rasanya enak- Isi nya banyak- Mie nya Tidak cepat mengembang- Mie nya kenyal- Banyak pilihan rasa- Ada variasi rasa baru- Bahan pengawet di minimalisirDengan memenuhi spesifikasi di atas yang di dasarkan pada keinginan konsumen,maka di harapkan produk kita dapat menjadi produk yang di gemari olehkonsumen. Harga : Dari hasil wawancara, ada beberapa responden yang mengemukakanbahwa dengan adanya harga yang lebih murah akan menarik minatnya untukmencoba produk baru kita. Dengan demikian maka penetapan harga yang lebihmurah dapat diterapkan dalam tahap perkenalan produk kita terhadap konsumen.
    • Pemasaran : Pemasaran produk yang dilakukan harus sesuai dengan alasan respondenyang selalu mengatakan bahwa mereka mengkonsumsi produk kesukaan nyatersebut karena mudah di dapat. Oleh karena itu, untuk pemasaran kita harusmampu mendistribusikan produk kita dengan baik sehingga konsumen dapatdengan mudah menemukan produk kita di pasaran. Selain ketersediaan produk di pasaran, iklan dan promo juga penting untukdi perhatikan dalam pemasaran. Dalam suvey yang dilakukan diperoleh bahwaiklan dan promo yang menarik akan mempengaruhi konsumen untuk mencobaproduk kita dan selanjutnya diharapkan akan terus menggunakan produk kita. Kemasan : Untuk kemasan haruslah di buat se menarik mungkin agar konsumen maumelirik produk kita saat berada di tempat pembelian mie instan. Karena dengankemasan yang menarik atau mencolok maka diharapkan akan menimbulkan niatkonsumen untuk mencoba produk kita. Ketika konsumen telah mencoba, makamereka akan mengetahui kualitas produk kita. Sehingga akan membuat merekauntuk menjadi pelanggan produk kita.