Evaluasi pembelajaran

8,958 views

Published on

2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
8,958
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
166
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Evaluasi pembelajaran

  1. 1. Rosyanto, M.Pd
  2. 2. Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran TIKKode MK : TP 502SKS : 2 SKSProdi : Teknologi PendidikanKonsentrasi : Pendidikan Guru TIKSemester : 3Dosen : Drs. Toto Fathoni, M.Pd : Drs. Zaenal Arifin, M.Pd : Rosyanto, M.Pd
  3. 3. Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi pembelajaran yang meliputi : Konsep dasar evaluasi. Tujuan evaluasi Fungsi evaluasi Peranan evaluasi Prinsip-prinsip evaluasi
  4. 4.  Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran Praktik penulisan butir soal Pengolahan data hasil evaluasi Analisis kualitas tes (validitas dan reliabilitas) Kualitas butir soal (tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter)
  5. 5.  Pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran Diagnostik kesulitan belajar Penempatan posisi siswa dalam kelas
  6. 6. Mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi : Pemahaman tentang hakikat evaluasi pembelajaran Perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran Pemberian skor tes dan pengolahannya Pengembangan tes (sebagai salah satu jenis instrumen evaluasi) Analisis kualitas tes, serta analisis butir-butir soal tes.
  7. 7. Kompetensi Dasar :Mahasiswa mengetahui hakikat dan lingkupevaluasi pembelajaran
  8. 8.  Pengertian berbagai konsep terkait evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes. Tujuan Evaluasi Pembelajaran Fungsi Evaluasi Pembelajaran Prinsip-prinsip Evaluasi Pembelajaran Lingkup Evaluasi Pembelajaran
  9. 9. Apayang dimaksudevaluasi, penilaian,pengukuran dan tes?
  10. 10.  Tes, berasal dari bahasa latin Testum = sebuah piring atau jambangan dari tanah liat. Gilbert Sax ( 1980) menyatakan , “ a test may be defined a task or series of task used domain systematic observations presumed to be representative of educational or psychological traits or atributes”.
  11. 11.  Tes sebagai suatu tugas atau rangkaian tugas. Istilah tugas dapat berbentuk soal atau perintah/suruhan lain yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Hasil kuantitatif dan kualitatif dari pelaksanaan tugas itu digunakan untuk menarik kesimpulan-kesimpulan terentu terhadap seseorang.
  12. 12.  Said Hamid Hasan (1988), tes adalah alat pengumpulan data yang dirancang secara khusus. Kekhususan tes dapat terlihat dari konstruksi butir (soal) yang dipergunakan. Conny Semiawan (1986), tes adalah “… alat pengukur untuk menetapkan apakah berbagai faset dari kesan yang kita perkirakan dari seseorang adalah benar merupakan fakta, juga adalah cara untuk menggambarkan bermacam-macam faset ini seobjektif mungkin.”
  13. 13.  Zaenal Arifin (2010), tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Fungsi tes : sebagai alat ukur.
  14. 14.  Zaenal Arifin (2010), pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu. Kata “sesuatu” bisa berarti peserta didik, guru, gedung sekolah, meja balajar, white board, dan sebagainya. Dalam pengukuran, memerlukan alat ukur (tes atau non-tes)
  15. 15.  Istilah penilaian merupakan alih bahasa dari istilah assessment. Depdikbud (1994), penilaian adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai siswa.
  16. 16.  Grounlund (1985), mengartikan penilaian sebagai suatu proses yang sistematis mulai dari pengumpulan, analisis dan interpretasi informasi/data untuk menentukan sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
  17. 17.  Zaenal Arifin (2010), penilaian adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Keputusan yang dimaksud adalah keputusan tentang peserta didik, seperti nilai yang akan diberikan, atau keputusan kenaikan kelas dan kelulusan.
  18. 18.  Carl H. Witherington (1952), “ an evaluation is a declaration that something has or does not have value.” Wand dan Brown (1957), “ … refer to the act or process to determining the value of something” Guba dan Lincoln (1985), “ a process for describing an evaluand and judging its merit and worth”.
  19. 19.  Zaenal Arifin (2010), evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan.
  20. 20. Evaluasi Penilaian Pengukuran Tes dan Non Tes
  21. 21.  Bu Rosi ingin mengetahui apakah peserta didiknya sudah menguasai kompetensi dasar dalam mata pelalajaran TIK. Bu Rosi memberikan tes tertulis dalam bentuk objektif pilihan Ganda sebanyak 50 soal. Selanjutnya Bu Rosi memeriksa lembar jawaban sesuai dengan kunci jawaban. Skor mentah yang diperoleh bervariasi : 5, 36, 44, 47.
  22. 22.  Angka atau skor-skor tersebut belum memiliki nilai/makna dan arti apa-apa, untuk menentukan nilai dan arti dari setiap skor tersebut, Bu Rosi melakukan pengolahan skor dengan pendekatan tertentu. Hasil pengolahan dan penafsiran dalam skala 0-10 menunjukkan bahwa skor 25 memperoleh nilai 5 (berarti tidak menguasai), skor 36 memperoleh nilai 6 (berarti cukup menguasai), skor 44 memperoleh nilai 8 (berarti menguasai).
  23. 23.  Sampai proses pemberian nilai dan arti di atas berarti sudah terjadi proses penilaian. Jika Bu Rosi melakukan penilaian terhadap seluruh komponen pembelajaran, maka berarti terjadi evaluasi.
  24. 24.  Zaenal Arifin (2010) untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, lingkungan maupun sistem penilaian itu sendiri. Tujuan khusus : disesuaikan dengan jenis evaluasi pembelajaran. Misalnya : untuk perencanaan, pengembangan, motitoring , evaluasi dampak, evaluasi program, dan sebagainya.
  25. 25.  Fungsi formatif (memberikan umpan balik, memperbaiki proses pembelajaran, mengadakan program remedial) Fungsi sumatif (menentukan nilai/angka, sebagai bahan laporan kepada pihak tertentu, penentuan kenaikan kelas, penentuan kelulusan) Fungsi diagnostik (analisis kesulitan belajar, memecahkan masalah kesulitan belajar Fungsi penempatan (penentuan kelas atau program sesuai kemampuan).(Zaenal Arifin, 2010)

×