Evaluasi pembelajaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Evaluasi pembelajaran

on

  • 7,712 views

 

Statistics

Views

Total Views
7,712
Slideshare-icon Views on SlideShare
7,712
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
104
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Evaluasi pembelajaran Evaluasi pembelajaran Presentation Transcript

    • Rosyanto, M.Pd
    • Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran TIKKode MK : TP 502SKS : 2 SKSProdi : Teknologi PendidikanKonsentrasi : Pendidikan Guru TIKSemester : 3Dosen : Drs. Toto Fathoni, M.Pd : Drs. Zaenal Arifin, M.Pd : Rosyanto, M.Pd
    • Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi pembelajaran yang meliputi : Konsep dasar evaluasi. Tujuan evaluasi Fungsi evaluasi Peranan evaluasi Prinsip-prinsip evaluasi
    •  Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran Praktik penulisan butir soal Pengolahan data hasil evaluasi Analisis kualitas tes (validitas dan reliabilitas) Kualitas butir soal (tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter)
    •  Pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran Diagnostik kesulitan belajar Penempatan posisi siswa dalam kelas
    • Mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi : Pemahaman tentang hakikat evaluasi pembelajaran Perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran Pemberian skor tes dan pengolahannya Pengembangan tes (sebagai salah satu jenis instrumen evaluasi) Analisis kualitas tes, serta analisis butir-butir soal tes.
    • Kompetensi Dasar :Mahasiswa mengetahui hakikat dan lingkupevaluasi pembelajaran
    •  Pengertian berbagai konsep terkait evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes. Tujuan Evaluasi Pembelajaran Fungsi Evaluasi Pembelajaran Prinsip-prinsip Evaluasi Pembelajaran Lingkup Evaluasi Pembelajaran
    • Apayang dimaksudevaluasi, penilaian,pengukuran dan tes?
    •  Tes, berasal dari bahasa latin Testum = sebuah piring atau jambangan dari tanah liat. Gilbert Sax ( 1980) menyatakan , “ a test may be defined a task or series of task used domain systematic observations presumed to be representative of educational or psychological traits or atributes”.
    •  Tes sebagai suatu tugas atau rangkaian tugas. Istilah tugas dapat berbentuk soal atau perintah/suruhan lain yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Hasil kuantitatif dan kualitatif dari pelaksanaan tugas itu digunakan untuk menarik kesimpulan-kesimpulan terentu terhadap seseorang.
    •  Said Hamid Hasan (1988), tes adalah alat pengumpulan data yang dirancang secara khusus. Kekhususan tes dapat terlihat dari konstruksi butir (soal) yang dipergunakan. Conny Semiawan (1986), tes adalah “… alat pengukur untuk menetapkan apakah berbagai faset dari kesan yang kita perkirakan dari seseorang adalah benar merupakan fakta, juga adalah cara untuk menggambarkan bermacam-macam faset ini seobjektif mungkin.”
    •  Zaenal Arifin (2010), tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Fungsi tes : sebagai alat ukur.
    •  Zaenal Arifin (2010), pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu. Kata “sesuatu” bisa berarti peserta didik, guru, gedung sekolah, meja balajar, white board, dan sebagainya. Dalam pengukuran, memerlukan alat ukur (tes atau non-tes)
    •  Istilah penilaian merupakan alih bahasa dari istilah assessment. Depdikbud (1994), penilaian adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai siswa.
    •  Grounlund (1985), mengartikan penilaian sebagai suatu proses yang sistematis mulai dari pengumpulan, analisis dan interpretasi informasi/data untuk menentukan sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
    •  Zaenal Arifin (2010), penilaian adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Keputusan yang dimaksud adalah keputusan tentang peserta didik, seperti nilai yang akan diberikan, atau keputusan kenaikan kelas dan kelulusan.
    •  Carl H. Witherington (1952), “ an evaluation is a declaration that something has or does not have value.” Wand dan Brown (1957), “ … refer to the act or process to determining the value of something” Guba dan Lincoln (1985), “ a process for describing an evaluand and judging its merit and worth”.
    •  Zaenal Arifin (2010), evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan.
    • Evaluasi Penilaian Pengukuran Tes dan Non Tes
    •  Bu Rosi ingin mengetahui apakah peserta didiknya sudah menguasai kompetensi dasar dalam mata pelalajaran TIK. Bu Rosi memberikan tes tertulis dalam bentuk objektif pilihan Ganda sebanyak 50 soal. Selanjutnya Bu Rosi memeriksa lembar jawaban sesuai dengan kunci jawaban. Skor mentah yang diperoleh bervariasi : 5, 36, 44, 47.
    •  Angka atau skor-skor tersebut belum memiliki nilai/makna dan arti apa-apa, untuk menentukan nilai dan arti dari setiap skor tersebut, Bu Rosi melakukan pengolahan skor dengan pendekatan tertentu. Hasil pengolahan dan penafsiran dalam skala 0-10 menunjukkan bahwa skor 25 memperoleh nilai 5 (berarti tidak menguasai), skor 36 memperoleh nilai 6 (berarti cukup menguasai), skor 44 memperoleh nilai 8 (berarti menguasai).
    •  Sampai proses pemberian nilai dan arti di atas berarti sudah terjadi proses penilaian. Jika Bu Rosi melakukan penilaian terhadap seluruh komponen pembelajaran, maka berarti terjadi evaluasi.
    •  Zaenal Arifin (2010) untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, lingkungan maupun sistem penilaian itu sendiri. Tujuan khusus : disesuaikan dengan jenis evaluasi pembelajaran. Misalnya : untuk perencanaan, pengembangan, motitoring , evaluasi dampak, evaluasi program, dan sebagainya.
    •  Fungsi formatif (memberikan umpan balik, memperbaiki proses pembelajaran, mengadakan program remedial) Fungsi sumatif (menentukan nilai/angka, sebagai bahan laporan kepada pihak tertentu, penentuan kenaikan kelas, penentuan kelulusan) Fungsi diagnostik (analisis kesulitan belajar, memecahkan masalah kesulitan belajar Fungsi penempatan (penentuan kelas atau program sesuai kemampuan).(Zaenal Arifin, 2010)