Hendi - adehendini.wordpress.com

Instalasi dan Konfigurasi CakePhp
CakePhp adalah aplikasi framework open source yang ber...
Hendi - adehendini.wordpress.com

Pada tampilan tersebut terdapat dua blok baris yang di blok
merah yang harus di konfigur...
Hendi - adehendini.wordpress.com

Misalnya diubah menjadi :

Jika kita melihat pada web browser aplikasi web anda maka blo...
Hendi - adehendini.wordpress.com

Misalnya diubah menjadi :

Jika kita refresh kembali web cakephp maka akan menjadi
Hendi - adehendini.wordpress.com

Sekarang kita akan mengkonfigurasi DebugKit. DebugKit
merupakan plugin yang disediakan u...
Hendi - adehendini.wordpress.com

Aktifkan ‘CakePlugin::loadAll()’ dan ‘CakePlugin::load(‘DebugKit’)’,
sehingga menjadi :
...
Hendi - adehendini.wordpress.com

menjadi “database.php” (app/Config/database.php), kemudian
konfigurasi koneksi database ...
Hendi - adehendini.wordpress.com

Nah sekarang Instalasi dan konfigurasi CakePhp selesai dan anda
dapat melanjutkan membua...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Installasi dan Konfigurasi Framework CakePhp

522

Published on

Cara Install dan Konfigurasi Framework CakePhp

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
522
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
45
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Installasi dan Konfigurasi Framework CakePhp"

  1. 1. Hendi - adehendini.wordpress.com Instalasi dan Konfigurasi CakePhp CakePhp adalah aplikasi framework open source yang berbasiskan Php yang digunakan untuk membuat aplikasi web berskala besar. Framework ini menggunakan konsep MVC (Model-View–Controller) dan dikembangkan dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development). Cakephp terdiri dari file-file pustaka (library), kelas-kelas dan infrastruktur run-time yang terinspirasi dari framework ruby on Rail. Framework CakePhp http://cakephp.org/ dapat didownload gratis di Ekstrak file cakephp.zip kemudian copy kan folder cakephp tersebut ke webserver anda. Jika anda menggunakan wampp maka copy kan ke “C:wamppwww”,sehingga menjadi “C:wamppwwwcakephp”. Jika menggunakan xampp maka copy kan ke “C:xampphtdocs”, sehingga menjadi “C:xampphtdocscakephp”. Anda juga dapat mengganti folder cakephp menjadi nama yang lain sesuai aplikasi yang anda buat. Jika kita jalankan web cakephp tersebut dengan menuliskan alamat “localhost/cakephp” maka akan muncul :
  2. 2. Hendi - adehendini.wordpress.com Pada tampilan tersebut terdapat dua blok baris yang di blok merah yang harus di konfigurasi dan dua blok lain yang berwarna kuning yang bersifat optional, boleh di konfigurasi boleh juga tidak. Untuk baris blok merah pertama jelas terlihat bahwa anda harus merubah nilai dari “Security.salt” yang berada di “app/Config/core.php”
  3. 3. Hendi - adehendini.wordpress.com Misalnya diubah menjadi : Jika kita melihat pada web browser aplikasi web anda maka blok merah akan berkurang satu Kemudian masih di file yang sama yaitu “app/Config/core.php’” kita mengubah “Security.chiperSeed”
  4. 4. Hendi - adehendini.wordpress.com Misalnya diubah menjadi : Jika kita refresh kembali web cakephp maka akan menjadi
  5. 5. Hendi - adehendini.wordpress.com Sekarang kita akan mengkonfigurasi DebugKit. DebugKit merupakan plugin yang disediakan untuk petunjuk debug atau plugin debugging. Untuk plugin DebugKit dapat https://github.com/cakephp/debug_kit anda download di Installasi DebugKit sangat mudah, setelah anda download kemudian ektrak file zip (debug_kit-master.zip) Pada ‘app/Plugin’ buat folder ‘DebugKit’, kemudian copy isi folder debug_kit-master tersebut ke “app/Plugin/DebugKit”. Buka file “bootstrap.php” “app/Config/bootstrap.php” yang berada di
  6. 6. Hendi - adehendini.wordpress.com Aktifkan ‘CakePlugin::loadAll()’ dan ‘CakePlugin::load(‘DebugKit’)’, sehingga menjadi : Sekarang jika anda refresh web site cakephp anda maka akan menjadi : Terakhir adalah konfigurasi database jika web yang anda buat menggunakan database dengan cara mengubah file “database.php.default” pada “app/Config/database.php.default”
  7. 7. Hendi - adehendini.wordpress.com menjadi “database.php” (app/Config/database.php), kemudian konfigurasi koneksi database pada file “database.php” tersebut Misalnya di koneksikan dengan database “adehendini” yang sudah saya buat sebelumnya, sehingga menjadi :
  8. 8. Hendi - adehendini.wordpress.com Nah sekarang Instalasi dan konfigurasi CakePhp selesai dan anda dapat melanjutkan membuat aplikasi web dengan CakePhp --Selamat Berkreasi--

×