Ppt kelompok 1 anabolisme

10,385 views

Published on

0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
10,385
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
560
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • karbon)nya
  • Ppt kelompok 1 anabolisme

    1. 1. KELOMPOK 1:DHANI WINDRA GUSVA ELVI YARNI MELDA EKA PUTRI SINTIA UMI “ANABOLISME”
    2. 2. BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Semua makhluk hidup memerlukan energy . Tanpaenergy, semua proses kehidupan akan terhenti. Sumber energiutama bagi mahluk hidup dibumi adalah matahari. Energimatahari dimanfaatkan tumbuhan hijau untuk fotosintesis,kemudian energy itu diubah kedalam bentuk persenyawaankimia, yaitu dalam bentuk gula. Gula diubah menjadi amilum ,protein, lemak, dan berbagai bentuk persenyawaan organik.Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalamorganisme, termasuk yang terjadi di tingkat selular.Secara umum, metabolisme memiliki dua arah lintasan reaksikimia organik,• Katabolisme• Anabolisme, adalah suatu peristiwa perubahan senyawasederhana menjadi senyawa kompleks, nama lain darianabolisme adalah peristiwa sintesis atau penyusunan.
    3. 3. BAB II PEMBAHASANPENGERTIAN METABOLISME Metabolisme (bahasa Yunani :μεταβολισμος, metabolismos, perubahan)adalah semua reaksi kimia yang terjadi didalam organisme, termasuk yang terjadi ditingkat selular.
    4. 4. Secara umum, metabolisme memiliki dua arahlintasan reaksi kimia organik,•Katabolisme adalah reaksi pemecahan /pembongkaran senyawa kimia kompleks yangmengandung energi tinggi menjadi senyawasederhana yang mengandung energi lebih rendah.•Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahansenyawa sederhana menjadi senyawa kompleks,nama lain dari anabolisme adalah peristiwa sintesisatau penyusunan.
    5. 5. Pada setiap arah metabolisme, reaksikimiawi melibatkan sejumlah substratyang bereaksi dengan dikatalisis enzimpada jenjang-jenjang reaksi gunamenghasilkan senyawa intermediat, yangmerupakan substrat pada jenjang reaksiberikutnya.
    6. 6. Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahansenyawa sederhana menjadi senyawa kompleks,nama lain dari anabolisme adalah peristiwa sintesisatau penyusunan. Anabolisme memerlukan energi,misalnya : energi cahaya untuk fotosintesis, energikimia untuk kemosintesis.1. Fotosintesis Arti fotosintesis adalah proses penyusunan ataupembentukan dengan menggunakan energi cahayaatau foton. Sumber energi cahaya alami adalahmatahari yang memiliki spektrum cahaya infra merah(tidak kelihatan), merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila, ungu dan ultra ungu (tidak kelihatan).
    7. 7. 2. Kemosintesis Kemosintesis terjadi pada organisme autotrof,tepatnya kemo-autotrof, yang mampu menghasilkansenyawa organik yang dibutuhkan dari zat-zatanorganik dengan bantuan energi kimia. Yangdimaksud dengan energi kimia di sini adalah energiyang diperoleh dari suatu reaksi kimia yang berasaldari reaksi oksidasi. Kemampuan mengadakankemosintesis ini, terdapat pada mikroorganisme danbakteri autotrof.
    8. 8. 3. Sintesis Lemak Lemak disintesis dari protein dan karbohidratmelalui asetil ko-enzim A. Metabolisme gliserolmemiliki cara sama dengan metabolismekarbohidrat, yaitu melalui jalan piruvat. Untukmensintesis lemak atau asam lemak diperlukansuatu ko-enzim A yang berfungsi memutuskan ataumemecahkan dua bagian atom C (untukmembentuk asetil Ko-A.
    9. 9. Asetil Ko-A juga dapat diubah kembalimenjadi asam lemak sehingga reaksi betaoksidasi disebut pula sebagai reaksi reversible(yang dapat di balik). Asam piruvat sebagai hasilakhir metabolisme gliserol, dan asetil Ko-Abersama-sama akhirnya memasuki siklus asamtrikarboksilat yang merupakan langkah terakhirdari metabolisme dalam tubuh. Satu gram lemak menghasilkan 9,3 kalori,sedangkan 1 gram karbohidrat hanyamenghasilkan 4,1 kalori saja.
    10. 10. 4. Sintesis Protein Sintesis protein di dalam sel tersusun atasasam amino dan terjadi dengan melibatkanDNA, RNA dan ribosom. Suatu ikatan molekulpeptida terbentuk apabila gugus amino dari satuasam amino berikatan dengan gugus karboksildari asam amino lain.
    11. 11. Secara berurutan, apabila dua asam aminobergabung, maka akan terbentuk molekuldipeptida, bila tiga asam amino berikatan, makaakan terbentuk molekul tripeptida, danseterusnya. Dengan demikian, apabila terjadipenggabungan asam amino dalam jumlah besar,maka akan terbentuk molekul yang disebutsebagai polipeptida. Pada dasarnya, proteinadalah suatu polipeptida.
    12. 12. TERIMA KASIH 

    ×