Cara Koneksi Internet menggunakan Telepon Kabel dan Nirkabel
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Cara Koneksi Internet menggunakan Telepon Kabel dan Nirkabel

on

  • 16,310 views

 

Statistics

Views

Total Views
16,310
Views on SlideShare
16,309
Embed Views
1

Actions

Likes
2
Downloads
118
Comments
0

1 Embed 1

https://twitter.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Cara Koneksi Internet menggunakan Telepon Kabel dan Nirkabel Presentation Transcript

  • 1. Nama Kelompok : 1. Sustika Nur Hidayah ( 18 ) 2. Tri Abdi Baihaqi ( 19 ) 3. Tyas Ayu Maulida ( 20 )
  • 2. Koneksi Internet Saluran Telepon Dial-Up Hp Sebagai Modem Leased Line
  • 3. A. Koneksi Internet Melalui Saluran Telepon ( Telepon Kabel ) 1. Melakukan Dial-Up Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terkoneksi dengan internet. Salah satu caranya adalah koneksi internet dengan dial-up yaitu akses internet dengan menggunakan jalur telepon. Untuk melakukan koneksi ini, perangkat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini: ~ 1 unit komputer ~ 1 modem ~ 1 sambungan telepon Hal yang harus dilakukan adalah : ~ Berlangganan ke salah satu ISP terdekat ~ Memasang modem ke komputer ~ Menginstall software internet yang disediakan oleh ISP ~ Menghubungkan komputer (dial-up) ke ISP
  • 4. Kelamahan dari Dial-Up adalah sebagai berikut : a) Saat melakukan koneksi internet, telepon tidak dapat digunakan untuk sambungan keluar atau menerima telepon. b) Akses ini menggunakan modem analog, sehingga kecepatan akses lebih rendah dibandingkan metode lainnya, yaitu berkisar antara 64 kbps sampai 128 kbps. c) Metode ini tidak dapat dijadikan hotspot karena kecepatan internet yang rendah. Internet Service Provider yang menggunakan metode ini adalah Telkomnet Instant dan D~NET.
  • 5. Langkah-langkah menghubungkan komputer ke internet menggunakan ISP Telkomnet Instant : 1. Klik Start> Program> Accessories> Communication > Pilih Network Connections
  • 6. 2. Klik Create a new connection
  • 7. 3. Klik Next *Kotak dialog New Connection Wizard
  • 8. 4. Pilih Connect to the Internet, lalu klik Next. *Kotak dialog Network Connection Type
  • 9. 5. Plih Set Up my connection mannualy, lalu klik Next. *Kotak dialog Getting Ready
  • 10. 6. Pilih Connect using a dial-up modem, klik Next. *Kotak dialog Internet Connection
  • 11. 7. Pilih modem analog yang anda gunakan untuk setting dialup, klik Next. Jika teman-teman punya laptop atau modem internet pada komputer dekstop, tidak perlu melakukan instalasi modem. Driver modem sudah terinstal ketika menginstal sistem operasi atau driver laptop. 8. Ketik telkomnet instan pada kotak ISP name, klik Next.
  • 12. 9. Ketik 080989999 di kotak Phone Number, lalu klik Next. *Kotak dialog Phone Number To Dial
  • 13. 10. Isilah parameter akun sebagai berikut : Beri tanda centang pada 2 kotak pilihan, lalu klik Next.
  • 14. 11. Ceklis kotak yang tersedia agar ada shortcut di dekstop sehingga memudahkan anda dalam melakukan akses. Klik Finish.
  • 15. 12. Klik dua kali shortcut di dekstop saat akan melakukan akses, lalu klik Dial. * Kotak dialog Connecting *Kotak dialog Connect Kembali ke Peta Konsep 
  • 16. 2. Menggunakan Leased Line Jenis layanan lain yang menggunakan telepon kabel sebagai media lalu lintas data adalah layanan yang disebut leased line. Pada prinsipnya, pada jenis layanan ini pengguna menyewa jalur telepon yang secara khusus digunakan untuk mengakses Internet. Penyewa menggunakan saluran yang disewanya ini untuk berhubungan dengan penyedia jasa layanan Internet, dan selanjutnya mengakses Internet. Selain mengakses Internet, pelanggan juga dapat menggunakan saluran yang disewanya ini sebagai media untuk menghubungkan server miliknya ke jaringan Internet. Sewa jaringan ini tentu saja relatif mahal karena terhubung terus-menerus selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. a) Kelebihan : Saat melakukan koneksi internet, telepon dapat digunakan untuk Menelpon atau menerima telepon. b) Kekurangan : Harus diregistrasi terlebih dahulu
  • 17. 1. 2. 3. 4. Cara pengaturan sambungan internet dengan metode leased line, yaitu : Klik tombol start Pilih connect to, lalu pilih Leased Line connection Setelah muncul kotak dialog Leased Line. Ketikkan password yang sudah di setting pada pengaturan Tekan tombol ok. Skema :
  • 18. B. Koneksi Internet Melalui Handphone ( Telepon Nirkabel ) Selain melalui telepon kabel, akses Internet juga dapat menggunakan telepon nirkabel. Saat ini ada dua jenis teknologi telepon nirkabel (disebut ponsel atau handphone) yang dapat melayani akses Internet, yakni GSM (global system for mobile communications) dan CDMA (code division multiple access). Internet dapat diakses secara langsung menggunakan perangkat telepon tersebut asalkan perangkat yang digunakan memenuhi syarat untuk akses Internet. Cara yang lain adalah dengan memanfaatkan modem yang biasanya terdapat di dalam handphone tersebut, dan menggunakannya sebagai sarana akses Internet.
  • 19. Beberapa koneksi internet yang menggunakan HP sbg modem : 1. CDMA Koneksi CDMA adalah koneksi dengan menggunakan telepon atau handphone CDMA atau modem CDMA untuk meng-akses internet. Komputer terhubung ke telepon atau ponsel CDMA melalui kabel data, infrared, atau bluetooth. Untuk telepon yang difungsikan sebagai modem, kecepatannya mencapai 153.6 Kbps (Kilobyte per second). Namun kecepatan sebenarnya tergantung pada penyedia layanan dan tergantung besarnya sinyal dan cuaca. Untuk modem dengan menggunakan telepon biasa, misalnya Wifone, kecepatannya maksimal 115.2 Kbps. Jika menggunakan handphone CDMA atau modem CDMA, bisa menghubungkannya dengan menggunakan bluetooth, atau kabel data. Supaya koneksinya stabil, sebaiknya menggunakan kabel data. Jika anda menggunakan modem CDMA, bisa langsung dicolokkan ke USB atau PCM-CI card. Koneksi ini sangat cocok bila anda sering bepergian di dalam kota.
  • 20. Penyelenggara jasa layanan telekomunikasi untuk ponsel berteknologi CDMA yang melayani akses Internet antara lain adalah Telkom (dengan layanan Telkom Flexy), Mobile-8 (Fren), Indosat (Starone), dan Esia (Wifone). Ketiga penyelenggara layanan tersebut menyediakan akses dial up dengan tarif berbasis waktu maupun berbasis volume, yang ditagihkan langsung ke dalam tagihan telepon, atau dikurangkan langsung dari nilai voucer yang dimiliki pengguna. Untuk dapat menggunakan layanan Internet melalui ponsel CDMA, pengguna harus memiliki ponsel yang dilengkapi dengan modem dan kartu SIM (Subscriber Identification Module) yang menyediakan layanan tersebut. Pada umumnya penyedia jasa layanan telekomunikasi nirkabel berteknologi CDMA ini menggunakan EVDO (Evolution Data Optimized) sebagai sebagai standar akses datanya.
  • 21. 2. GPRS ( GSM ) Koneksi internet dengan GPRS adalah koneksi yang menggunakan handphone GSM sebagai modem. Tentu saja tidak semua handphone yang bisa digunakan sebagai modem. Hanya handphone yang memiliki fasilitas WAP saja yang bisa digunakan. Supaya bisa meng-akses internet, kita harus mengaktifkan GPRS terlebih dahulu dengan cara bertanya ke customer service atau melihatnya di situs masing-masing operator GSM. Setelah fitur GPRS diaktfkan, baru kita bisa menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan handphone, baik melalui kabel data, infrared, atau bluetooth. Beberapa penyedia jasa layanan telekomunikasi untuk ponsel berteknologi GSM yang juga menyediakan layanan akses Internet melalui ponsel, antara lain Indosat (Matrix, Mentari), Telkomsel, dan ProXL (layanan Xplore). Akses Internet pada ponsel GSM dapat dilayani dengan menggunakan standar akses data GPRS (Generalized Packet Radio Service) ataupun HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Standar akses data HSDPA saat ini mampu melayani akses data sampai 1,8 Mbps. Koneksi ini sangat cocok jika digunakan ke luar kota selama sinyalnya masih terjangkau oleh operator yang anda gunakan. Untuk menggunakan koneksi ini tidak perlu berlangganan, sehingga dapat terhubung ke internet sesuai keinginan.
  • 22. 3. Koneksi Internet Dengan 3G (UMTS) Koneksi Internet dengan 3G merupakan pengembangan teknologi GPRS dengan akses internet berkecepatan tinggi. Saat ini sistem yang umum digunakan adalah UMTS (jaringan 3G). Kecepatan akses bisa mencapai 384 Kbps. Kelebihannya antara lain bisa digunakan dimana saja, asal masih dalam jangkauan jaringan provider 3G. Kecepatan aksesnya lebih tinggi daripada GPRS. Jika anda menggunakan time base dan berada dalam jangkauan 3G, anda dapat men-download dengan cepat. Adapun kekurangan dalam menggunakan internet 3G ini seperti koneksi ini hanya bisa dipakai jika daerah yang bersangkutan sudah terjangkau fasilitas 3G dari provider yang bersangkutan. Pada cuaca buruk jaringan 3G bisa kembali pada signal GPRS, sehingga otomatis kecepatan akses internet menjadi berkurang.
  • 23. 4. Koneksi Internet Dengan 3.5G (HSDPA) HSDPA merupakan pengembangan lebih lanjut dari UMTS yang dapat memberikan kecepatan akses hingga 7.2 Mbps. Kelebihannya antara lain bisa digunakan di mana saja dalam jaringan provider 3.5G (HSDPA). Lebih stabil dan lebih cepat dari 3G. Adapun kekurangannya adalah area jangkauannya masih terbatas pada kota-kota besar.
  • 24. Berikut adalah cara koneksi internet menggunakan HP sebagi modem (Contoh modem yang digunakan adalah HP Samsung GT-B3410 dengan kartu GSM Telkomsel ) : 1. Pasangkan perangkat Bluetooth pada komputer, tunggu hingga proses instalasi driver bluetooth selesai secara otomatis. 2. Setelah itu aktifkan Bluetooth pada handphone anda, kemudian pada komputer anda buka Windows Explorer, pilih Control Panel kemudian klik ganda pada Bluetooth Devices.
  • 25. 3. Akan terbuka jendela Bluetooth Devices, klik tombol Add, selanjutnya terbuka jendela Add Bluetooth Devices Wizard, berikan tanda check list pada pilihan My devices is set up and ready to be found, kemudian klik Next. 4. Tunggu berapa saat hingga proses deteksi handphone anda ditemukan dan ada dalam daftar pilihan, dalam contoh ini handphone saya dideteksi dengan nama [ASAKOM] seperti gambar di bawah ini.
  • 26. 5. Kemudian pilih nama handphone anda yang ada dalam daftar selanjutnya klik Next . 6. Pada jendela selanjutnya pilih Don’t use a passkey, akhiri dengan menekan tombol Next. 7. Tunggu proses instalasi modem bluetooth selesai secara otomatis, kemudian klik jendela pesan seperti dibawah ini.
  • 27. 8. Pada langkah selanjutnya masukkan angka 1 pada input Passkey, kemudian klik tombol Next. 9. Secara otomatis handphone anda juga akan meminta konfirmasi, ketikkan angka 1 kemudian tekan tombol Ok pada handphone anda. (angka yang diketikkan pada handphone dan komputer harus sama).
  • 28. 10. Pada komputer teman-teman akan muncul jendela yang menyatakan bahwa Handphone telah berhasil terkoneksi dengan komputer, akhiri dengan menekan tombol Finish. 11. Hingga tahap ini kita telah berhasil membuat handphone terkoneksi dengan komputer dan menjadikan handphone GSM sebagai modem. 12. Langkah selanjutnya kita harus menginstal koneksi internet agar komputer dapat mengakses internet dengan modem handphone GSM yang telah kita install tadi. 13. Klik tombol Start –> Accessories –> Communications –> New Connection Wizard, pada jendela yang muncul tekan tombol Next. 14. Pada jendela berikutnya pilih Connect to the Intenet kemudian klik tombol Next. 15. Pada jendela berikutnya pilih Set up my connection manually kemudian klik tombol Next.
  • 29. 16. Pada jendela berikutnya pilih Connect using a dial-up modem kemudian klik tombol Next. 17. Pada jendela Connection Name ketikkan telkomsel seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Next.
  • 30. 18. Pada jendela Phone Number to Dial ketikkan *99***1# seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Next.
  • 31. 19. Pada jendela Internet Account Information pada input User Name ketikkan wap, pada input Password dan Confirm password ketikkan wap123 seperti gambar di bawah ini, kemudian klik tombol Next.
  • 32. 20. Pada jendela selanjutnya berikan tanda check pada Add a shortcut to this connection to my desktop, akhiri dengan menekan tombol Finish. 21. Buka pada desktop komputer anda, klik ganda pada ikon telkomsel untuk mengakses internet
  • 33. 22. Setelah ikon telkomsel di klik ganda akan terbuka jendela seperti gambar di bawah ini, langsung saja klik tombol Dial untuk memulai koneksi.
  • 34. 23. Tunggu proses koneksi berlangsung, bila koneksi berhasil dilakukan maka akan muncul pesan telkomsel is now connected pada taskbar, seperti gambar di bawah ini.