Bab 6 pewarisan sifat

32,170 views
31,647 views

Published on

Pewarisan Sifat.ppt
ipa terpadu kelas 9 smp

7 Comments
11 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
32,170
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
1,486
Comments
7
Likes
11
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab 6 pewarisan sifat

  1. 1. PEWARISAN SIFATPETA KONSEP Pewarisan Sifat meliputi Materi Genetis Sifat Beda Terdiri dari Terdiri dari Kromosom Gen Monohibrit Dihibrit
  2. 2. Sifat atau ciri yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup ada yang dapat diturunkan dan ada pula yang tidak dapat diturunkan. Pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya disebut hereditas. Cabang biologi yang khusus mempelajari tentang hereditas adalah genetika. Tokoh yang sangat berjasa menemukan hukum-hukum genetika adalah Gregor Johann Mendel dijuluki sebagai Bapak Genetika.
  3. 3. Variasi-variasi (dominan/resesif) yang dapat diturunkan oleh manusiaPipi (berlesung pipit/biasa) Ibu jari tangan (dapat melipat sampai Warna kulit pergelangan/ tidak dapat) (berpigmen/tidak berpigmen) Tinggi badanLidah (dapat (pendek/jangkung). menggulung/tidak Rambut kepala dapatmenggulung) (botak/tidak) Daun telinga (tidak Bentuk mata menggantung/menggantu (miring/lurus) ng). Hidung (besar/kecil) Bulu mata (panjang/pendek).Rahang(persegi/tidakpersegi)
  4. 4. kromosom nukleus
  5. 5. Istilah-istilah dalam persilangan Pariental (P), artinya induk atau orang tua. Filial (F), artinya keturunan. keturunan pertama (F1) = anak keturunan kedua (F2) = cucu Genotipe adalah sifat-sifat menurun yang tidak nampak dari luar, disimbolkan dengan pasangan huruf. Contoh: AA, Aa, aa, AABB,dan AaBB. Gamet adalah sel kelamin dan berasal dari genotipe. Contoh: genotipe Aa, gametnya A dan a. Fenotipe adalah sifat menurun yang nampak dari luar. Contoh: buah besar, buah kecil, rasa manis, rasa asam,batang tinggi, dan batang pendek. Gen Dominan adalah sifat-sifat gen yang selalu nampak atau muncul, disimbolkan dengan huruf besar. Contoh: AA, BB, dan CC.
  6. 6.  Gen resesif adalah sifat-sifat gen yang tidak selalu nampak baru muncul apabila bersama-sama gen resesif lain, disimbolkan dengan huruf kecil. Contoh: aa, bb, dan cc. Homozigot adalah pasangan gen yang sifatnya sama. Contoh: AA, aa, BB, bb, CC, dan cc. Heterozigot adalah pasangan gen yang tidak sama. Contoh: Aa, Bb, dan Cc.
  7. 7. PERCOBAAN MENDEL2 varietas tanaman Kacang Ercis
  8. 8.  Persilangan 1 sifat beda (monohibrid)
  9. 9. Jangan lupa selalu membaca & belajar yaa …

×