Ilmu Bantu Sejarah dan Manfaat Belajar Sejarah

19,887 views
19,499 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
19,887
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
17
Actions
Shares
0
Downloads
93
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ilmu Bantu Sejarah dan Manfaat Belajar Sejarah

  1. 1. ILMU BANTU SEJARAH DAN MANFAAT BELAJAR SEJARAH
  2. 2. Tujuan 1. Agar siswa lebih tahu apa itu Ilmu Bantu Sejarah. 2. Agar siswa tahu manfaat dan guna dalam mempelajari sejarah. 3. Agar siswa dapat tahu jenis-jenis Ilmu Bantu Sejarah.
  3. 3. A. Pengertian Ilmu Bantu Sejarah • Ilmu bantu sejarah memeiliki pengertian Ilmu- ilmu yang dapat dijadikan sumber-sumber utama bagi para sejarawan dalam penelitian dan penyusunan kembali (rekonstruksi) sejarah.
  4. 4. B. Fungsi Ilmu Bantu Sejarah • Ilmu bantu di dalam penelitian dan penulisan sejarah sifatnya wajib bagi sejarawan. Ilmu bantu tersebut berfungsi sebagai pendukung sejarah atau disebut auxiliary sciences/ sister disciplines. Ilmu bantu sejarah sangat membantu sejarawan agar karya yang dihasilkan benar-benar ilmiah.
  5. 5. C. Ilmu Bantu Sejarah 1. Paleontologi : lmu yang mengkaji bentuk-bentuk kehidupan purba yang pernah hadir di muka bumi terutama fosil. 2. Paleoantropologi : Objek kajian paleoantropologi adalah mempelajari fosil manusia purba. 3. Paleografi : Paleografi adalah ilmu membaca, menentukan waktu, menganalisis tulisan-tulisan kuno yang ditulis di atas papirus, tablet-tablet tanah liat, tembikar, kayu, perkamen (vellum) kertas dan daun lontar.
  6. 6. 4. Arkeologi : Arkeologi adalah kajian ilmiah mengenai hasil budaya pra sejarah dan sejarah melalui penggalian (ekskavasi). Kelompok benda- benda arkeologi adalah : a. Semua benda buatan manusia dengan tujuan untuk kepentingan manusia. Umumnya benda ini mudah untuk dipindah-pindah seperti manik- manik, kapak batu dan lain-lain. b. Bangunan tempat pemukiman yang sulit dipindahkan c. Ekofak yaitu objek alamiah yang ikut tertimbun bersama-sama artefak dan bangunan seperti sisa makanan kulit kerang
  7. 7. 5. Epigrafi : Epigrafi adalah pengetahuan tentang cara membaca, menentukan waktu dan menganalisis tulisan atau inskripsi pada benda- benda yang bertahan lama seperti batu, logam atau gading. 6. Ikonografi : Ikonografi adalah ilmu tentang arca/ patung kuno. 7. Numismatik: Numismatik adalah ilmu yang mempelajari mata uang, asal usul, teknik pembuatan, sejarah, mitologi dan seninya.
  8. 8. 8. Ilmu Keramik : Keramik adalah nama umum untuk tembikar, cina dan porselin. Hasil kajian tentang benda- benda ini merupakan bahan penting untuk penyusunan sejarah baik pada periode pra sejarah dan sejarah. Keramik yang ditemukan di Indonesia dapat dibedakan berdasarkan dinasti-dinasti yang pernah berkuasa di Cina : a. Dinasti Han (206 SM – 220 M) b. Dinasti Pasca Han (25 M – 220 M) c. Dinasti Tang (627 M – 907 M) d. Dinasti Pasca Tang (906 M – 960 M) e. Dinasti Sung (960 M – 1279 M) f. Dinasti Yuan (1280 M – 1368 M) g. Dinasti Ming (1368 M – 1643 M)
  9. 9. 9. Genealogi : Pengetahuan tentang asal-usul nenek moyang atau keturunan keluarga keluarga seseorang. 10. Filologi : Filologi adalah ilmu yang mempelajari naskah-naskah kuno. Beberapa naskah kuno yang dikenal antara lain : a. Negarakertagama b. Pararaton c. Kidung Sundayana d. Babad Tanah Jawi e. Carita Parahiyangan f. Hikayat Raja-Raja Pasai g. Sejarah Melayu
  10. 10. 11. Etnografi: Etnografi adalah cabang dari antropologi yang menggambarkan tentang kebudayaan suatu masyarakat atau kelompok suku bangsa. 12. Ilmu-ilmu Sosial: Cabang-cabang ilmu sosial seperti ekonomi, geografi, sosiologi, psikologi dan lain-lain menjadi pisau analisis yang sangat membantu dalam penelitian dan penulisan sejarah. 13. Bahasa: Penguasaan bahasa adalah syarat mutlak bagi sejarawan dalam melakukan penelitian dan penulisan sejarah.
  11. 11. 14. Statistik: Khusus sejarah, statistik membantu ilmu sejarah menjadi ilmiah karena menggunakan fakta dan data kuantitatif. 15. Komputer/ internet: Saat ini penelitian dan penulisan sejarah sangat terbantu dengan komputer dan internet. Semua bahan yang dibutuhkan dapat diunduh dari internet. Karya-karya sejarawan juga dapat dipublikasikan melalui internet.
  12. 12. Manfaat Belajar Sejarah 1. Sejarah sebagai Panduan Moral dan Politik a. Belajar dari peristiwa-peristiwa baik-buruk di masa lalu : Terhadap peristiwa buruk (kelam) yang dialami bangsa kita, hasil kajian sejarah akan menunjukkan konteks (latar belakang), pelaku, tempat, sebab-musabab, serta dampak dari peristiwa itu sendiri. Dan hasilnya akan memberikan kita makna positif. Contoh : Sejarah gerakan mahasiswa 1998.
  13. 13. b. Belajar dari negara sendiri : Terhadap peristiwa-peristiwa baik yang membangkitkan rasa bangga dan rasa kejayaan, tak lepas dari perilaku moral dan politik seperti keikhlasan, kejujuran, rela berkorban, dll dan ini perlu dipertahankan. Contoh : Sejarah perumusan dasar negara Indonesia.
  14. 14. c. Belajar dari bangsa-bangsa lain : Peristiwa baik- buruk masa alu yang dialami bangsa lain juga memberi pelajaran dan makna bagi kita. Kita belajar hidup bersama sesama warga negara secara harmonis dan menjalankan negara secara baik. Ide negara republik juga menginspirasi perjuangan kita melepas penjajahan. Contoh : Semboyan Indie voor Indiers (Indonesia untuk orang Indonesia)
  15. 15. 2. Sarana mengenal lebih dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain. a. Perlunya mengenal bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain : Mempelajari sejarah juga membuat kita mengenal bangsa lain, dari sistem politik-ekonomi, sosial-budaya. Dan juga menjadi sumber inspirasi dan wawasan yang mempangaruhi perilaku dan pandangan hidup, dari segi pribadi maupun sebagai bangsa. Contoh : Belajar dari tokoh Nasional atau Spiritual (Mahatma Gandhi, Abraham Lincoln)
  16. 16. 3. Memperkokoh Identitas Bangsa Sejarah penting untuk membentuk identitas dan kepribadian bangsa. Sejarah dan identitas bangsa memiliki hub. timbal-balik. Akar sejarah akan memperkokoh eksistensi, identitas, serta kepribadian bangsa. Maka dari itu, kita sebagai bangsa akan bangga dengan mencitai sejarah.
  17. 17. 4. Latihan berpikir menyeluruh (Holistik) dan Multiperspektif Sejarah melatih berfikir kita secara Holistik dan multi-sudut pandang dalam memandang peristiwa. Suatu peristiwa sejarah terkait dengan peristiwa lain dan dipacu oleh peristiwa lainnya. Nah, kita akan belajar yang akhirnya bermuara pada suatu uraian sebab- akibat-dampak yang logis dan dipercaya.
  18. 18. Kesimpulan • Ilmu bantu sejarah dapat dijadikan sumber- sumber utama bagi para sejarawan dalam penelitian, dan sangat membantu sejarawan agar karya yang dihasilkan benar-benar ilmiah. Ilmu bantu sejarah macamnya ada 15. • Manfaat sejarah yaitu sebagai panduan moral dan politik, mengenal lebih dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain, memperkokohiIdentitas bangsa, dan latihan berpikir menyeluruh (Holistik) dan multiperspektif.
  19. 19. TIPS NAIK ANGKOT GRATIS! 1. Coba aje lo akrab sama sopirnya. Loe pedekatein dah tuh sopir. Kalo begitu, pasti lo diringanin biaya angkotnya. 2. Minta surat keterangan miskin sama RT. Kalo gitu, pasti lo dibebasin biaya sama entuh sopir. 3. Pura-pura lupa aje. Pas turun, lo langsung pergi gitu aje. Pas sopirnya tereak gini : Sopir : Eh, belum bayar lo? Lo : Saya bang? Supir : Iya lo! Lo : Saya? Siapa saya? Kamu, kamu siapa? Saya di mana? Tempat apa ini? Bawa saya ke KUA, Bang! Nikahi saya, Bang! Bawa saya ke pelaminan! Kalo begitu, pasti sopirnya ngira lo orang gila baru. Kalo lo dikira gila, pasti lo dibebasin biaya bro! Cr : Damn! I love SM Entertainment Salah Gaul
  20. 20. EVALUASI • Sebutkan minimal 3 macam – macam Ilmu Bantu Sejarah! • Sebutkan minimal 2 manfaat belajar sejarah!
  21. 21. TUGAS MANDIRI • Apa devinisi/pengertian dari Ilmu Bantu Sejarah? • Mengapa Ilmu Bantu Sejarah sangat penting bagi para sejarahwan? • Sejarah adalah Guru Kehidupan. Menurutmu, mengapa bisa disebut demikian?
  22. 22. Nama : Ika Ramadhani SP (12/X IPS C) Alamat: Pejagoan, Kebumen No hp :087837524806 e-mail :shiningeyes@outlook.com FB :Ika Ramadhani Setiyohadi Putri Who’s Behind Us

×