• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Format proposal
 

Format proposal

on

  • 2,436 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,436
Views on SlideShare
2,436
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
63
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Format proposal Format proposal Document Transcript

    • BAB II PROPOSAL TUGAS AKHIR Langkah pertama sebelum melaksanakan penelitian adalah pengajuan proposal penelitian. Proposal penelitian yang akan diajukan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Mutu usulan penelitian selain ditentukan atas isi dan atau aspek ilmiahnya, juga oleh format dan cara penulisannya. A. PERSYARATAN PENGAJUAN PROPOSAL TUGAS AKHIR Mahasiswa yang akan mengajukan Proposal Tugas Akhir harus memenuhi syarat sebagai berikut. 1. Untuk mahasiswa reguler 1 dan Reguler 2 (dari SMU): sudah menempuh sekurang-kurangnya 100 sks. 2. Untuk mahasiswa reguler 2 dari D3: sudah menempuh sekurang-kurangnya 20 sks. B. PROSEDUR PENGAJUAN PROPOSAL TUGAS AKHIR 1. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat berkonsultasi dengan Koordinator Tugas Akhir terlebih dahulu tentang topik Tugas Akhir dan dosen pembimbing Tugas Akhir. 2. Mahasiswa menyerahkan Proposal Tugas Akhir yang telah disetujui oleh Pembimbing I dan Pembimbing II, dan diketahui oleh Koordinator Tugas Akhir. 3. Proposal Tugas Akhir diajukan kepada Koordinator Tugas Akhir, dibuat rangkap tiga, satu untuk Jurusan, dan yang lainnya untuk para pembimbing. 4. Proposal Tugas Akhir dicatatkan pada Lembar Judul Tugas Akhir, kemudian mahasiswa mengisi semua data yang berkaitan dengan proposal Tugas Akhir pada komputer yang telah disediakan, dan menerima lembar Konsultasi Tugas Akhir. Tanggal mahasiswa mengajukan proposal Tugas Akhir ditetapkan sebagai awal pelaksanaan Tugas Akhir bagi mahasiswa tersebut. Secara lengkap prosedur pengajuan proposal Tugas Akhir dapat ditunjukkan pada Lampiran 9 (Alur Pelaksanaan Tugas Akhir) A. ISI PROPOSAL TUGAS AKHIR 1. Bagian Awal Bagian ini mencakup sampul, halaman judul, halaman persetujuan, dan abstrak. a. Sampul: berwarna biru muda, soft cover: kertas buffalo, memuat: judul, maksud proposal penelitian, lambang Universitas Diponegoro, nama dan nomor induk mahasiswa (NIM), jurusan, fakultas, universitas, tempat dan waktu pengajuan. 1) Judul Tugas Akhir dibuat sesingkat-singkatnya tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti, dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam. Judul Tugas Akhir harus aktual dan mencerminkan hasil yang dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan 2
    • 3 2) 3) 4) 5) 6) ilmu pengetahuan dan teknologi, ditulis dengan huruf kapital dalam bentuk simetris. Maksud proposal ialah untuk penyusunan Tugas Akhir pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Lambang Universitas Diponegoro bentuknya sesuai dengan statuta, berdiameter kira-kira 6cm diletakkan di bawah kalimat maksud proposal Tugas Akhir dengan posisi di tengah. Nama mahasiswa ditulis lengkap sesuai dengan akte kelahiran, diletakkan di bawah lambang universitas. Nomor induk mahasiswa ditulis di bawah nama mahasiswa. Jurusan yang dituju adalah Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Waktu pengajuan ditulis dibelakang kata ‘Semarang’. b. Halaman Judul Halaman judul merupakan bagian dalam setelah sampul, isi sama dengan sampul. Contoh format sampul halaman judul proposal Tugas Akhir dapat dilihat pada lampiran 1 c. Halaman Persetujuan dan Pengesahan Halaman ini berisi persetujuan dan pengesahan para pembimbing lengkap, yaitu Pembimbing I dan Pembimbing II, dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan, dengan diketahui oleh Koordinator Tugas Akhir. Contoh halaman persetujuan dapat dilihat pada lampiran 2. d. Abstrak (Bahasa Indonesia) Abstrak Tugas Akhir memuat : i. Tulisan ABSTRAK dengan huruf kapital dalam susunan simetris horisontal ii. Abstrak diketik dalam jarak 1 spasi maksimum 250 kata. iii. Isi abstrak mencakup: alinea pertama berisi masalah dan tujuan penelitian, alinea kedua berisi kajian pustaka, cara melaksanakan penelitian, dan hipotesis (jika diperlukan). Untuk kesimpulan dan hasil penelitian tidak dicantumkan dalam abstrak proposal. iv. Kata-kunci yakni kata-kata penting yang berhubungan dengan topik penelitian. Jumlah kata-kunci yang dimasukkan adalah 4 sampai dengan 5 kata-kunci. 2. Bagian Utama Bagian utama Proposal Tugas Akhir mencakup: judul, konsentrasi keilmuan yang ditekuni, latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan hasil penelitian, kajian pustaka, hipotesis (jika ada), metode penelitian, dan jadwal penelitian. a. Judul: berisi judul Tugas Akhir yang diusulkan, ditulis rata-kiri Contoh:
    • 4 Judul : <Tuliskan judul Tugas Akhir di sini> b. Konsentrasi keilmuan, diletakkan di bawah judul, ditulis rata-kiri Contoh: Konsentrasi keilmuan: < Tuliskan konsentrasi keilmuan di sini> Konsentrasi keilmuan yang ada di Teknik Elektro adalah: Teknik Energi Listrik; Teknik Elektronika dan Telekomunikasi; Teknik Kontrol; dan Teknik Informatika dan Komputer. c. Latar Belakang Masalah Bagian ini berisi uraian tentang hal-hal yang melatarbelakangi timbulnya masalah, antara lain dapat berupa : kesenjangan antara kenyataan dan harapan, kesenjangan antara teori dan praktik, dan atau kesenjangan antara sumber daya yang dimiliki dan tujuan yang akan dicapai. Dalam latar belakang masalah ini perlu pula dikemukakan pentingnya masalah untuk diteliti. b. Batasan Masalah Berisi uraian tentang ruang lingkup masalah yang akan diteliti. Dalam bagian ini perlu diuraikan pula alasan perlunya membatasi kajian pada masalah-masalah tersebut, dan asumsi-asumsi yang digunakan. c. Tujuan Penelitian Uraian tentang hasil yang akan dicapai melalui penelitian yang akan dilaksanakan. d. Kajian Pustaka 1) Kajian hasil penelitian terdahulu Memuat uraian sistematis tentang hasil-hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti terdahulu yang ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan atau merupakan hasil pengamatan peneliti terhadap suatu objek. Dalam penyajian ini hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan. Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya. Semua sumber yang dipakai harus disebutkan dengan mencantumkan nomor kode Daftar Pustaka (lihat Lampiran 3). Hasil penelitian terdahulu dapat berupa karya ilmiah yang tercantum dalam laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, jurnal, majalah, prosiding, ataupun hasil download dari Internet. Contoh cara penunjukan sumber pustaka tertera pada lampiran 3. 2) Landasan Teori Landasan teori dijabarkan dari kajian hasil penelitian terdahulu dan disusun sendiri oleh mahasiswa sebagai tuntunan untuk memecahkan masalah penelitian dan untuk merumuskan hipotesis (jika ada). Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif, model matematis, atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan ilmu yang diteliti. Sumber acuan landasan teori
    • 5 dapat berupa buku teks, ensiklopedia, skripsi, tesis, disertasi, jurnal, majalah, prosiding, hasil download dari Internet, dan data sheet. e. Hipotesis (jika ada) Memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari kajian pustaka dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan kebenarannya melalui penelitian. f. Metode Penelitian Metode penelitian dapat berisi uraian tentang : 1) Bahan atau materi penelitian yang dapat berwujud populasi atau sampel. Untuk studi pustaka bahan atau materi penelitian dapat berupa teori 2) Alat yang dipakai untuk menjalankan penelitian atau untuk mengumpulkan data. Alat yang dipakai ini harus diuraikan dengan jelas, jika perlu dilengkapi dengan gambar dan keterangan. 3) Cara mengumpulkan data. Variabel yang akan dipelajari, data-data yang akan dikumpulkan dan cara memperolehnya diuraikan secara jelas. 4) Cara menganalisis data. Cara-cara untuk menganalisis data diuraikan secara jelas. g. Jadwal Penelitian Bagian ini menguraikan tentang: 1) Tahap-tahap penelitian 2) Rincian kegiatan pada setiap tahap 3) Waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap tahap. Jadwal penelitian dapat disajikan dalam bentuk bagan Gantt (Gantt chart), dan jika perlu dapat ditambah uraian. 3. Bagian Akhir Bagian akhir dari proposal penelitian adalah Daftar Pustaka dan Lampiran (jika ada). a. Daftar Pustaka Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam proposal penelitian dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulis pertama. 1) Buku: nama penulis, judul buku, jilid, terbitan ke, nomor halaman yang diacu (kecuali kalau seluruh buku), nama penerbit, dan kotanya, dan tahun terbit 2) Majalah: nama penulis, judul tulisan, nama majalah dengan singkatan resminya, jilid, dan nomor halaman yang diacu, tahun terbit. Contoh penulisan daftar pustaka terdapat dalam lampiran 4. b. Lampiran (jika ada)
    • 6 Jika ada lampiran seperti angket, diagram alir program dan senarai (listing) program dapat disertakan dalam proposal.
    • 6 Jika ada lampiran seperti angket, diagram alir program dan senarai (listing) program dapat disertakan dalam proposal.