Pendidikan karakter

1,064 views
929 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,064
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
47
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pendidikan karakter

  1. 1. Di susun oleh : Kelompok 3
  2. 2. Mungkin dari anda-anda di sini sudah ada yang mengerti dengan pengertian “Pendidikan Karakter” ??Kalau tidak ada,mari kita bahas bersama.
  3. 3. Pengertian Pendidikan KarakterKarakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” ataumenandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilaikebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehinggaorang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnyadikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yangperilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut denganberkarakter mulia.
  4. 4. Sedangkan pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Dekdiknas“bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, prilaku,personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”. Adapunberkarakter, adalah berkepribadian, berperilaku, bersifat,dan berwatak.
  5. 5. A. Nilai-Nilai Karakter1. Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yaitu religius; pikiran, perkataan dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan dan ajaran agamanya.
  6. 6. 2. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri (personal)a. JujurPerilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yangselalu dapat dipercaya dalam perkataan tindakan, dan perkerjaan, baikterhadap diri dan pihak lain.b. Bertanggung jawabSikap dan perilaku seseorang untu melaksanakan tugas dan kewajibannyasebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat,lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME.c. Bergaya hidup sehatSegala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakanhidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapatmengganggu kesehatan.
  7. 7. d. DisiplinTindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagaiketentuan dan peraturan.e. Kerja kerasPerilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasiberbagai hambatan guna menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengansebaik-baiknya.F. Percaya diriSikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhdapat pemenuhan tercapainyasetiap keinginan dan harapannya.g. Berjiwa wirausahaSikap dan perilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenali produkbaru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadaanproduk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.h. Berpikir logis, kritis, dan inovatifBerrpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau logika untukmenghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yang telah dimiliki.
  8. 8. i. MandiriSikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalammenyelesaikan tugas-tugas.j. Ingin tahuSikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalamdan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.k. Cinta ilmuCara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan,kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan.
  9. 9. 3. Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesamaa. Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lainSikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang mengjadi miliki/hakdiri sendiri dan orang lain serta tugas/kewajiban diri sendiri serta orang lain.b. Patuh pada aturan-aturan sosialSikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakatdan kepertingan umum.
  10. 10. c. Menghargai karya dan prestasi orang lainSikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yangberguna bagi masyarakat dan mengakui dan menghormati keberhasilan oranglain.d. SantunSifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tataperilakunya ke semua orang.e. DemokratisCara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajibandirinya dan orang lain.
  11. 11. 4. Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungana. Peduli sosial dan lingkunganSikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkunganalam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaikikerusahakan alam yang sudah terjadi dan selalau memberi bantuan bagi oranglain dan masyarakat yang membutuhkan.b. Nilai kebangsaanCara berfikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsadan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.c. NasionalisCara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian,dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsanya.d. Menghargai keberagamanSikap memberikan respek/hormat terhadap berbagai macam hal baik yangberbentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku dan agama.
  12. 12. Hakikat Pendidikan KarakterDalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, Pasal 3 dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak sertaperadaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang : Mandiri Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME Berilmu Berakhlak mulia Sehat Cakap Kreatif Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
  13. 13. Pentingnya Pendidikan KarakterKarakter baik merupakan persyaratan agar kompetensi yang dimilikiseseorang dipakai secara bijaksana. Kompetensi hanya akan menjadikekayaan dan membawa maslahat bagi orang banyak apabila kompetensitersebut disertai dengan karakter baik. Sebaliknya orang yangberkompetansi tinggi namum karakternya tidak baik cenderung akanmemakai kompetensinya untuk hal-hal yang merugikan masyarakat.Dengan demikian, apabila dalam satu masyarakat kerusakana karaktermeluas, maka bangsa tersebut akan digerogoti sendiri oleh warganya,atau dengan kata lain masyarakatnya akan melalukan tindakan merusakadiri sendiri.
  14. 14. Thomas Lickona, profesor pendidikan dari Cortland University, mengungkapkan bahwa ada sepuluh tandan-tanda zaman yang harus diwaspadai yaitu :1. Meningkatnya kekerasan di kalangan remaja2. Penggunaan bahasa dan kata-kata yang memburuk3. Pengaruh peer group yang kuat dalam tindak kekerasan4. Meningkatkanya perilaku merusak diri seperti penggunaan narkoba alkohol,dan seks bebas.5. Semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk.6. Menurunnya etos kerja7. Semakin rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan pendidik8. Rendahnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara9. Membudayanya rasa tidak tanggung jawab individu dan warga negara10. Adanya rasa saling curiga dan kebencian di antara sesama.
  15. 15. Apakah bangsaJika tanda-tanda itu sudah Indonesia tersebut ada berarti sebuat bangsa termasuk dalam 10 ciri- sedang menuju jurang ciri tersebut ?? kehancuran.Pastia teman-teman sekalian sudahmengetahui jawaban dari diri anda danmasyarakat di sekitar anda
  16. 16. Mungkin ada pertanyan,kritikan ataupun saran dari anda-anda sekalianKalau tidak ada,kami ?? tutup diskusi iniMohon maaf apabila adakata-kata yang salah dankurang berkenan di hati anda.
  17. 17. Salam Damai Dari Kelompok IIIBangun Karakter Bangsa Untuk Kedepan Lebih Baik
  18. 18. Nama Kelompok 3 : Aditya dewana Alatif Arby nurul trisnawati Devi shaaimin anjarsari  Evan cahyadi Julius abed negoPROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR JURUSAN PENDIDIKAN DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK 2012
  19. 19. TERIMA KASIH Kelompok 3

×