Tugas pemrograman3 1100631021

186 views
134 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
186
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas pemrograman3 1100631021

  1. 1. Disusun Oleh : LAILAUL MUTMAINNAH 1100631021 – MI/A
  2. 2. JSON (JavaScript Object Notation) merupakan format yang ringan untuk memasukan data ke dalam sebuah variabel. Sangat mudah dimengerti dan diimplementasikan oleh manusia, dan mudah juga untuk komputer dalam melakukan parsingnya. JSON merupakan bagian dari bahasa pemrograman JavaScript (Standard ECMA-262 3rd Edition – December 1999). JSON merupakan format teks yang sepenuhnya independen tetapi menggunakan konvensi yang familiar dengan bahasa pemrograman dari keluarga-C, termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python, dan sebagainya. Kelebihan inilah yang membuat JSON menjadi sebuah bahasa data-interchange yang ideal. JSON dibangun dalam dua struktur: 1. Beberapa pasangan dari nama/nilai. Dalam beberapa bahasa perograman biasa disebut dengan istilah object, record, struct, tabel hash, key list atau associative array. 2. Nilai-nilai yang terusun secara ordered list. Biasa disebut dengan array, vector, list atau daftar dalam bahasa pemrograman. JSON adalah struktur data yang universal, dalam artian bisa digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman. Hampir semua bahasa pemrograman mendukung penuh JSON dalam berbagai format. Hal ini memungkinkan format data yang dapat dipertukarkan menggunakan bahasa pemrograman juga menggunakan dasar dari struktur JSON. Format data JSON mempunyai aturan sebagai berikut:  Object adalah satu set nama/nilai yang tidak terurut (An object is an unordered set of name/value pairs). Penulisan object dimulai dengan tanda { (left brace) dan diakhiri dengan tanda } (right brace). Setiap nama diikuti oleh tanda : (colon) dan pasangan nama/nilai dipisahkan dengan tanda , (comma).
  3. 3. Object dalam JSON  Array adalah sekumpulan nilai yang teratur (An array is an ordered collection of values). Penulisan sebuah array dimulai dengan tanda [ (left bracket) dan diakhiri dengan tanda ] (right bracket). Nilai dipisahkan menggunakan tanda , (comma). Array dalam JSON  Nilai bisa berupa string dalam tanda kutip, atau number (angka), TRUE atau FALSE atau NULL, sebuah object atau sebuah array. Struktur ini dapat ditulis menggunakan metode bersarang. Value atau nilai dalam format JSON  String adalah rangkaian atau urutan karakter unicode yang berada dalam tanda kutip, bisa juga hanya berisi karakter kosong, menggunakan tanda (backslash) untuk escape. Karakter di representasikan sebagai string tunggal. Tipe data string pada JSON sangat mirip dengan definisi pada bahasa C atau Java.
  4. 4. Tipe data string pada format JSON  Number sangat mirip dengan definisi pada bahasa C atau Java, hanya saja tipe bilangan oktal dan heksadesimal tidak digunakan.  Ruang kosong (Whitespace) dapat diselipkan diantara pasangan atau token apa saja. Kecuali detail encoding, yang secara jelas akan berfungsi untuk menjelaskan bahasa yang digunakan. JSON sangat berguna saat kita sering melakukan pertukaran data pada sebuah aplikasi. Contoh nyata adalah penggunaan tabulasi menggunakan JqGrid, yang merupakan salah satu plugin jQuery untuk menampilkan data dalam bentuk spreadsheet. Plugin ini juga mendukung format JSON, selain format XML. Json Pada PHP? Funsi json pada php ada 2 yaitu 1. json_encode : untuk merubah array ke bentuk json. 2. json_decode : sebaliknya dari bentuk json ke array
  5. 5. Contoh penerapan Json_decode, untuk dapat mengethaui detail akun Facebook kita. Langkah awal, kita Login terlebih dahulu pada akun Facebook kita masing – masing. Selanjutnya buka Tab / Tautan baru. Kemudian ketik URL berikut : graph.facebook.com/Iin El Mutmainnah (sesuai dengan Username akun Facebook kita masing – masing). Maka secara otomatis akan muncul secara detail akun Facebook kita, mulai dari Id, Name, Gender dll. Selanjutnya ketikkan source code berikut, sesuai dengan tautan yang tadi muncul. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka akan muncul output seperti pada gambar berikut.
  6. 6. Contoh penerapan fungsi Json_encode pada data array yang terdapat pada Id akun Facebook kita. Langkah awal, ketikkan source code berikut. Dan sesuaikan dengan isi dari URL : graph.facebook.com/Iin El Mutmainnah.
  7. 7. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka akan muncul output seperti pada gambar berikut. Terdapat Id beserta Name dari akun Facebook kita. Contoh penerapan Json untuk melihat detail Biodata dari akun Facebook kita. Ketikkan source code berikut.
  8. 8. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka akan muncul output seperti pada gambar berikut. Contoh penerapan Json untuk membuat Biodata menggunakan Decode. Ketikkan source code berikut.
  9. 9. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka akan muncul output seperti pada gambar berikut. Contoh penerapan Json untuk membuat Biodata menggunakan Encode. Ketikkan source code berikut.
  10. 10. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka akan muncul output seperti pada gambar berikut.

×