Pengembangan iptek tanah. agama islam
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Pengembangan iptek tanah. agama islam

  • 462 views
Uploaded on

SURAH AL-A’RAF 56-58. TENTANG LARANGAN BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI

SURAH AL-A’RAF 56-58. TENTANG LARANGAN BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
462
On Slideshare
462
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
5
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Anggota Kelompok Dea Valentina Dita Nurhalimah Dyna Aulia Ramlan Siti Langga Lubis
  • 2. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu, maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan.
  • 3. seperti itulah kami membangkitkan orangorang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. (Q.S. Al-A’raf: 56-58)
  • 4. 1. Allah swt melarang manusia membuat kerusakan hutan di muka bumi, kerusakan yang dilakukan oleh seorang manusia setelah ia menjaganya merupakan hal yang dilarang. Oleh karena itu jika seseorang melakukan hal kerusakan maka Allah swt memerintahkan untuk diperintahkan dengan cara yang baik. Allah swt juga memerintahkan untuk beribadah, berdo’a dan tunduk kepada perintahnya dan menjauhi larangannya.
  • 5. 2. Ketika Allah swt mengemukakan bahwa didrinya yang menciptakan langit dan bumi dan yang mengaturnya, dia yang maha berkehendak maha kuasa dan maha pemberi rizki. Keberadaan hujan yang muncul dari awan yang dibawa melalui angin lalu turun hujan ke daerah yang tandus yang menumbuhkan segala macam tanaman, merupakan bukti kekuasan Allah.
  • 6. 3. Selanjutnya untuk membedakan orang mukmin dan orang kafir, Allah swt mengumpamakannya derngan perbandingan sebidang tanah yang baik dan tanah yang buruk. Perumpamaan hidayah Allah pada hambanya (sebagaimana rasul diutus untuk menyampaikannya) adalah seperti hujan yang lebat dimana sebagian airnya menimpa sebidang tanah yang subur dan dapat menyimpan air, lalu dari tanah itu tumbuh banyak tanaman, yang dapat menampung air yang dapat dimanfaatkan manusia untuk minum dan bercocok tanam. Sementara sebagian air yang lainnya menimpa sebuah lubang yang tidak dapat menahan air dan menumbuhkan tanaman. Hal ini bagaikan orang pandai yang mengerti permasalahan keagamaan mengkajinya lalu mengamalkannya, sementara disisi lain terdapat seseorang yang tidak dapat melakukan hal-hal yang di atas bahkan tidak mau mengajarkan ajaran agama tersebut
  • 7. Profil Tanah Menurut Kamus Umum Tanah adalah lapisan permukaan tanah yang gembur, seperti halnya lahan, debu dengan bumi. Menurut Ensiklopedi Indonesia Tanah adalah campuran bagian bagian batuan dengan material serta bahan organik yang merupakan sisa kehidupan yang timbul pada permukaan bumi akibat erosi dan pelapukan karena proses waktu.
  • 8. Fungsi Tanah 1.Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran 2.Penyedia kebutuhan primer tanaman (air, udara, dan unsur-unsur hara) 3.Penyedia kebutuhan sekunder tanaman (zat-zat pemacu tumbuh: hormon, vitamin, dan asam-asam organik; antibiotik dan tokesediaan hara)ksin anti hama; enzim yang dapat meningkatkan 4.Sebagai habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negatif karena merupakan hama & penyakit tanaman.
  • 9. Dua Pemahaman Penting tentang Tanah: 1.Tanah sebagai tempat tumbuh dan penyedia kebutuhan tanaman, dan 2.Tanah juga berfungsi sebagai pelindung tanaman dari serangan hama & penyakit dan dampak negatif pestisida maupun limbah industri yang berbahaya.
  • 10. Allah SWT telah menciptakan alam semesta dan seisinya dengan keindahan dan manfaatnya agar kita makhluk ciptaannya dapat melangsungkan kehidupannya. Ada banyak hal dapat kita manfaatkan di bumi ini, contohnya tanah. Banyak sekali kegunaan tanah bagi kelangsungan hidup. Tanah sebagai tempat penyimpanan air dan tumbuhnya tanaman serta pohon-pohon yang dapat menjaga kita dari bencana alam, seperti longsor.
  • 11. Di dalam tanah atau perut bumi terkandung unsur-unsur dan kekayaan alam yang tidak ternilai, contonhya minyak bumi, batu bara, emas, dan lain-lain. Tanah pun dapat dijadikan barang atau hiasan yang mengandung nilai komersil. Tanah liat dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan batu bata dan kerajinan tangan seperti patung, vasbunga, guci, kendi atau teko, dan lain-lain.
  • 12. Tanah yang tidak subur pun bisa dimanfaatkan tanah nya. Bagaimana?
  • 13. Allah Swt telah memberikan kita ilmu sehingga debu pun dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah Biochar. Biochar adalah butiran halus substansi arang kayu yang porous, bila digunakan sebagai suatu pembenah tanah dapat mengurangi CO2 dari udara. Dalam tanah, biochar menyediakan habitat bagi mikroorganisma tanah, tapi tidak dikonsumsi dan umumnya biochar yang diaplikasikan bisa tinggal dalam tanah selama ratusan atau ribuan tahun. Walaupun biochar ini dapat digunakan sebagai arang kayu untuk bahan bakar, namun manfaat lingkungannya akan jauh lebih besar bila ia dibenamkan ke dalam tanah, dengan berjalannya waktu kesuburan tanah akan meningkat.
  • 14. Manfaat Biochar Terdapat beberapa manfaat dengan menambahkan biochar ke dalam tanah, yaitu (Anonimus, 2009): 1. Meningkatkan pertumbuhan tanaman 2. Menekan emisi metan 3. Mengurangi emisi NO (perkiraan 50%) 4. Mengurangi kebutuhan pupuk (perkiraan 10%) 5. Mengurangi pencucian hara
  • 15. 6. Menyimpan karbon dalam jangka panjang secara stabil 7. Mengurangi kemasaman tanah, meningkatkan pH tanah. 8. Mengurangi keracunan aluminium 9. Meningkatkan agregat tanah sehingga dapat meningkatkan hifa fungi. 10. Meningkatkan karakteristik pemeliharaan air tanah 11. Meningkatkan kemanpuan tanah menyediakan Ca, Mg, P dan K 12. Meningkatkan respirasi mikroba tanah
  • 16. SEKIAN