2. kurikulum dan pembelajaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

2. kurikulum dan pembelajaran

on

  • 6,892 views

Kurikulum dan Pembelajaran dalam Desain Pembelajaran

Kurikulum dan Pembelajaran dalam Desain Pembelajaran

Statistics

Views

Total Views
6,892
Views on SlideShare
6,868
Embed Views
24

Actions

Likes
1
Downloads
133
Comments
0

2 Embeds 24

http://muhammadnuzli.blogspot.com 23
http://www.slashdocs.com 1

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

2. kurikulum dan pembelajaran 2. kurikulum dan pembelajaran Presentation Transcript

  • Kurikulum dan Pembelajaran Kegiatan Belajar Tujuan Pembelajaran Indikator PencapaianKompetensiDasar
  • Kompetensi Dasar Mahasiswa memahami kaitan antara kurikulum dengan pembelajaran
  • Indikator Pencapaian Mampu mengidentifikasikan dan mendefenisikan berbagai pengertian kurikulum Mampu menjelaskan tujuan dan fungsi Kurikulum Mampu menyebutkan dan menghapal macam-macam Kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia Mampu mengidentifikasi keunggulan dan kekurangan berbagai macam kurikulum Mampu mengidentifikasikan dan mendefenisikan pengertian Pembelajaran Mampu menjelaskan tujuan dan Fungsi Pembelajaran Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan standar proses pembelajaran Kaitan antara kurikulum dengan pembelajaran
  • Tujuan Pembelajaran 1. Setelah diskusi mahasisiwa mampu mengidentifikasikan dan mendefenisikan berbagai pengertian kurikulum dengan baik 2. Setelah diskusi mahasisiwa mampu menjelaskan tujuan dan fungsi Kurikulum dengan benar 3. Setelah diskusi mahasisiwa mampu menyebutkan dan menghapal macam- macam Kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia dengan benar 4. Setelah diskusi mahasisiwa mampu mengidentifikasi keunggulan dan kekurangan berbagai macam kurikulum dengan baik 5. Setelah diskusi mahasisiwa mampu mengidentifikasikan dan mendefenisikan pengertian Pembelajaran dengan baik 6. Setelah diskusi mahasisiwa mampu menjelaskan tujuan dan Fungsi Pembelajaran dengan baik 7. Setelah diskusi mahasisiwa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan standar proses pembelajaran dengan baik 8.Setelah diskusi mahasisiwa mampu memberikan hubungan antara kurikulum dengan pembelajaran dengan baik
  • Kegiatan Belajar 1. Menyampaikan tujuan dan mengatur setting 2. Mengarahkan diskusi 3. Menyelenggarakan diskusi 4. Mengakhiri diskusi 5. Mengadakan tanya jawab singkat tentang proses diskusi
  • 1. Menyampaikan tujuan danmengatur setting Kelas dibagi 7 kelompok Pembagian Kelompok
  • Tugas Masing-masingkelompok:1. Mengidentifikasi dan mendefenisikan berbagai pengertian kurikulum2. Menjelaskan tujuan dan fungsi Kurikulum3. Menyebutkan macam-macam Kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia4. Mengidentifikasi keunggulan dan kekurangan berbagai macam kurikulum5. Mengidentifikasi dan mendefenisikan pengertian Pembelajaran6. Menjelaskan tujuan dan Fungsi Pembelajaran7. Mengidentifikasi dan menjelaskan standar proses pembelajaran
  • Kelompok 1Kemukakan pendapatkelompok apakahyang dimaksuddengan kurikulum?
  • Pengertian kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. (UU no. 20 Thn 2003 Sisdiknas, pasal 1, ayat 19)
  • Tujuan Pendidikan Nasional Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak sertaperadaban bangsa yang bermatabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untukberkembangnya potensi peserta didik agar menjadimanusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (UU no. 20 Thn 2003 Sisdiknas, pasal 3)
  • Kelompok 2 Apa tujuan dan fungsi Kurikulum?
  • Tujuan Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan 1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemendirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia 2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama 3. Meningkatkan kompetensi yang sehat antara satuan pendidikan tentang kualitas pendidikan yang akan dicapai (E. Mulyasa, 2010, KTSP, h. 22)
  • Fungsi Kurikulum 1. Fungsi bagi sekolah yang bersangkutan: a. Sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan b. Sebagai pedoman untuk mengatur kegiatan-kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah 2. Fungsi bagi Sekolah Tingkat di atasnya “Dapat mengontrol dan memelihara keseimbangan proses pendidikan” 3. Fungsi bagi Masyarakat Para tamatan sekolah dipersiapkan untuk terjun di masyarakat untuk bekerja sesuai dengan keterampilan profesi yang dimilikinya. (Nurgoantoro B, 1985, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah) h. 6-9)
  • Fungsi Kurikulum 1. Bagi guru, kurikulum berfungsi sebagai Pada dasarnya kurikulum berfungsi pedoman dalam melaksanakan proses sebagai pedoman atau acuan. pembelajaran. 2. Bagi kepala sekolah dan 3. Bagi orang tua,kurikulum berfungsi pengawas, kurikulum berfungsi sebagai sebagai pedoman dalam membinbing pedoman dalam melaksanakan supervisi anaknya belajar di rumah. atau pengawasan. 4. Bagi masyarakat, kurikulum berfungsi 5. Bagi siswa, kuriklum berfungsi sebagai sebagai pedoman untuk memberikan suatu pedoman belajar bantuan bagi terselenggaranya proses (http://neozonk.wordpress.com/2010/10/2 pendidikan di sekolah. Sedangkan 7/fungsi-kurikulum/2010-10-31, 08:52 WIB)
  • Kelompok 3 Sebutkan macam- macam kurikulum yang telahditerapkan di Indonesia?
  • Kurikulum yang diterapkan diIndonesia1. RENCANA PELAJARAN 19472. RENCANA PELAJARAN TERURAI 19523. Kurikulum 19644. Kurikulum 19685. Kurikulum 19756. Kurikulum 19847. Kurikulum 19948. Kurikulum 20049. Kurikulum 2006(http://www.scribd.com/doc/15072980/Perjalanan-Kurikulum-Di-Indonesia/2010-10-31/09.00 WIB)
  • Kelompok 4 Apa keunggulan dan kekurangan dari berbagai macam kurikulum yang diterapkan di Indonesia?
  • RENCANA PELAJARAN TERURAI RENCANA PELAJARAN 1947 Rentjana pendidikan 1964 1952• Kurikulum pertama yang lahir • Kurikulum ini lebih merinci setiap • pembelajaran dipusatkan pada pada masa kemerdekaan mata pelajaran yang disebut program pancawardhana yaitu memakai istilah leer plan ( dalam Rencana Pelajaran Terurai 1952 pengembangan bahasa Belanda ) artinya rencana moral, kecerdasan, emosional, keri pelajaran, lebih popular ketimbang gelan dan jasmani. curriculum (bahasa Inggris). Asas pendidikan ditetapkan Pancasila. Rencana Pelajaran 1947 baru dilaksanakan sekolah-sekolah pada 1950.
  • KURIKULUM 1968 KURIKULUM 1975 KURIKULUM 1984•Kelahiran Kurikulum 1968 bersifat politis: mengganti •Kurikulum 1975 menekankan pada tujuan, agar •Kurikulum 1984 mengusung process skill approach. Rencana Pendidikan 1964 yang dicitrakan sebagai pendidikan lebih efisien dan efektif. “Yang Meski mengutamakan pendekatan proses, tapi faktor produk Orde Lama. Tujuannya pada pembentukan melatarbelakangi adalah pengaruh konsep di bidang tujuan tetap penting. Kurikulum ini juga sering manusia Pancasila sejati. Kurikulum 1968 manejemen, yaitu MBO (management by objective) disebut “Kurikulum 1975 yang disempurnakan”. Posisi menekankan pendekatan organisasi materi pelajaran: yang terkenal saat itu,” kata Drs. Mudjito, Ak, MSi, siswa ditempatkan sebagai subjek belajar. Dari kelompok pembinaan Pancasila, pengetahuan Direktur Pembinaan TK dan SD Depdiknas. mengamati dasar, dan kecakapan khusus. Jumlah pelajarannya 9. sesuatu, mengelompokkan, mendiskusikan, hingga melaporkan. Model ini disebut Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) atau Student Active Leaming (SAL).
  • KURIKULUM 1994 dan SUPLEMEN KURIKULUM KURIKULUM 2004 KURIKULUM 2006 1999• Kurikulum 1994 bergulir lebih • Kurikulum Berbasis • Tinjauan dari segi isi dan pada upaya memadukan Kompetensi (KBK) atau proses pencapaian target kurikulum-kurikulum Kurikulum 2004. Siswa kompetensi pelajaran oleh sebelumnya. “Jiwanya ingin dikondisikan dalam sistem siswa hingga teknis evaluasi mengkombinasikan antara semester. Murid dituntut tidaklah banyak perbedaan Kurikulum 1975 dan aktif mengembangkan dengan Kurikulum 2004. Kurikulum 1984, antara keterampilan untuk Perbedaan yang paling pendekatan proses. menerapkan IPTEK tanpa menonjol adalah guru lebih meninggalkan kerja sama diberikan kebebasan untuk dan solidaritas, meski merencanakan pembelajaran sesungguhnya antar siswa sesuai dengan lingkungan saling berkompetisi. Guru dan kondisi siswa serta hanya bertindak sebagai kondisi sekolah berada. Hal fasilitator. Dalam kegiatan di ini disebabkan karangka kelas, para siswa bukan lagi dasar (KD), standar objek, namun subjek. kompetensi lulusan (SKL), standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD) setiap mata pelajaran untuk setiap satuan pendidikan telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. http://ruangpikir.multiply.com/journal/item/17/2010-10-31/12.00 WIB)
  • Kelompok 5 Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran?
  • PengertianPembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputiunsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mancapai tujuan pembelajaran. (Oemar Hamalik: 57)
  • Pembelajaran adalah prosesinteraksi peserta didik denganpendidik dan sumber belajar padasuatu lingkungan belajar.(UU No. 20 Th 2003 pasal 1 ayat 20)
  • Kelompok 6 Jelaskan tujuan dan Fungsi Pembelajaran?
  • Tujuan Pembelajaran Robert F. Mager mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp dan David E. Kapel menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan Henry Ellington bahwa tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar
  • Tujuan Pembelajaran Permendiknas No. 41 Tahun 2007 Tentang STANDAR PROSES Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajara yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
  • Fungsi Pembelajaran Dari tujuan pembelajaran di atas Fungsi pembelajaran adalah proses dan hasil belajar yang ingin dicapai.
  • Kelompok 7 Jelaskan standar proses pembelajaran
  • STANDAR PROSES
  • Apa itu STANDAR PROSES?... Standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah Standar Proses mencakup: 1. perencanaan proses pembelajaran, 2. pelaksanaan proses pembelajaran, 3. penilaian hasil pembelajaran, dan 4. pengawasan proses pembelajaran.
  • Perencanaan Proses Pembelajaran A. Silabus B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • SILABUS Silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat:1. identitas mata 5. kegiatan pelajaran atau tema pembelajaran, pelajaran, 6. indikator pencapaian2. SK, kompetensi,3. KD, 7. penilaian,4. materi 8. alokasi waktu, dan pembelajaran, 9. sumber belajar.
  • SILABUSSilabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Isi(SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), serta panduan penyusunanKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Dalam pelaksanaannya, pengembangan silabus dapat dilakukan olehpara guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru MataPelajaran (MGMP) atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan DinasPendidikan.Pengembangan silabus disusun di bawah supervisi dinaskabupaten/kota.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajarRPP peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotiva si peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)RPP Disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Komponen:RPP 1. Identitas mata pelajaran meliputi: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan. 2. Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harusRPP dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran. 4. Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. 5. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 6. Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yangRPP relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar. 8. Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 9. Kegiatan pembelajaranRPP a. Pendahuluan, merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. b. Inti, merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. c. Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)RPP 10. Penilaian hasil belajar Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian. 11. Sumber belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
  • pelaksanaan proses pembelajaran A. Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran 1. Rombongan belajar 2. Beban kerja minimal guru 3. Buku teks pelajaran 4. Pengelolaan kelas B. Pelaksanaan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan 2. Kegiatan Inti 3. Kegiatan Penutup
  • PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan Untuk mengukur tingkat terprogram dengan pencapaian kompetensi menggunakan tes dan nontes Penilaian hasil pembelajaranpeserta didik, serta digunakan dalam bentuk tertulis atau menggunakan Standar sebagai bahan penyusunan lisan, pengamatan Penilaian Pendidikan dan laporan kemajuan hasil kinerja, pengukuran Panduan Penilaian Kelompok belajar, dan memperbaiki sikap, penilaian hasil karya Mata Pelajaran. proses pembelajaran. berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri.
  • Kaitan Kurikulum denganPembelajaran Bagaimana Hubungannya?
  • SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH MASUKAN INSTRUMENTAL IQ, EQ, SQ Kuriulum Sarana/prasarana Guru & Staf Kognitif Afektif Psikomotor Organisasi Hubungan Personal Keuangan Melanjutkan Pendidikan PROSES HASIL Manajemen SekolahMASUKAN KELUARAN MENTAH (Siswa) Bekerja Dukungan Pemerintah Dukungan Orangtua Dukungan Masyarakat
  • Hubungan antara Kurikulumdan PembelajaranRancangan Pelaksanaan dan belajar-pengaturan mengajar dan belajar- penilaian hasil mengajar belajar (dua sisi koin uang logam)