Your SlideShare is downloading. ×
Internet
Internet
Internet
Internet
Internet
Internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Internet

988

Published on

Published in: Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
988
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. INTERNET A. Pengenalan Internet 1. Pengertian Internet Internet ( interconnection networking ) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan computer-komputer di seluruh dunia ( World Wide Network ), sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer ( Cyberspace ) di mana antara satu komputer dan komputer lainya dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Berikut adalah beberapa istilah yang sering di gunakan di dalam dunia internet : a. World Wide Web (WWW): kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk di gunakan bersama. b. Website ( situs web ): tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. c. Web Page ( halaman web ): sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. d. Homepage: sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web. e. Browser: program aplikasi yang di gunakan untuk memudahkan pengguna melakukan navigasi berbagai data dan informasi menggunakan WWW. 2. Manfaat Internet Di antara manfaat yang di peroleh dari penggunaan internet, yaitu: a. Sebagai media untuk mendapatkan informasi secara cepat dan murah. b. Sebagai media untuk melakukan promosi dan penawaran bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya. c. Sebagai media komunikasi interaktif seperti e-mail, chatting, mailing list, viudeo konferensi, dan lain sebagainya. d. Sebagai media untuk membantu dalam kegiatan bisnis, pendidikan ( e-learning), maupun sistem perdagangan secara online ( e-commerce). Dengan melalui internet kita juga bisa melakukan aktivitas surfing, yaitu aktivitas untuk menjelajahi berbagai macam fasilitas layanan dan berbagai jenis kegiatan yang ada pada web tersebut.beberapa aktufitas surfing yang bis di gunakan antara lain: a. Mencari layanan informasi–informasi penting yang menyangkut kegiatan pribadi. b. Melakukan kegiatan belanja di internet. c. Melakukan download program dan aplikasi secra gratis. d. Membaca berita, artikel, makalah, dan lain sebagainya. e. Mengambil dan menyimpan informasi yang di butuhkan. 3. Fasilitas dan Layanan Internet Internet menyediakan fasilitas dan layanan yang bisa di manfaatkan oleh pengguna komputer, di antaranya:
  • 2. a. E-mail: fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk surat elektronik dari alamat stu ke alamat lain melalui internet. b. Mailing list: fasilitas yang di gunakan oleh sekelompok pengguna sebagai sarana diskusi atau tukar - menukar informasi di antara para anggotanya lewat e-mail. c. Newsgrup: fasilitas untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran, ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. d. IRC ( Internet Relay Chat): fasilitas untuk berkomunikasi secara intertaktif antar pengguna komputer satu dan lainnya yang saling terhubung dalam jaringan internet. e. FTP ( File Transfer Protocol ): fasilitas yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk bertukar, menyalin, dan menempatkan file, data, serta program yang trsimpan dalam internet. f. VOIP ( Voice Over Internet Protocol ): fasilitas untuk melakukan pembicaraan telepon melalui jaringan internet. g. Telnet ( Remote Login ): fasilitas untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. h. WWW ( World Wide Web ): layanan yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang di presentasikan dalam bentuk hiperteks dan bisa di akses oleh program aplikasi browser. i. Gopher: layanan yang menyediakan informasi di internet yang di susun secara hierarkis ( berbasis menu ).B. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet 1. Komputer Komputer adalah suatu perangkat yang sangat d butuhkan untuk mengakses internet. Perangkat keras yang di butuhkan dalam akses internet antara lain sebagai berikut. a. Prosesor Prosesor merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasai- aplikasi dalam komputer. b. RAM ( Random Access Memory ) RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. c. Harddisk Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik.
  • 3. d. VGA Card VGA Card merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. e. Monitor Monitor merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.2. Modem Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Umumnya alat ini di gunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk di kirimkan, sedangkan pengertian demodulator adalah bagian yang memisakan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang di terima sehingga informasi tersebut dapat di terima dengan baik. 1. Modem Dial Up Modem dial up biasa di gunakan oleh personal computer (PC) yang langsung di hubungkan melalui saluran telepon. Jenis modem dial up ada dua macam, yaitu: i. Modem internal Yaitu modem komputer yang dapat di pasang ke slot yang ada di komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 kbps. Keuntungan menggunakan modem internal:  Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.  Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel. Kelemahan modem internal:  Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.  Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply yang mengakibatkansuhu dalam kontak CPU bertambah panas. ii. Modem eksternal Yaitu modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal di hubungkan ke komputer melalui port COM atau USB.pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power (arus)dan
  • 4. menghubungkannya lagi ke adaptor lalu di sambungkan kembali ke listrik (arus).penggunaan modem ini lebih rumit dibandingkan modem internal. Keuntungan modem eksternal:  Portabilitas yang cukup baik,sehingga bisa di pindah-pindah untuk di gunakan pada komputer lain.  Di lengkapi dengan lampu indikator, sehingga mudah untuk memantau status dari modem. Kelemahan modem eksternal:  Harga lebih mahal daripada modem internal  Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.2. Modem Kabel Modem kabel (cable modem) adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Kecepatan modem kabel maximum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).3. Modem 3G Moden 3G adalah modem yang di gunakan untuk mengakses onternet menggunakan kabel seluler.modem 3G dapat berupa handphone, atau berupa USB seperti flash disk. Saat ini terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), di mana kecepatan transfer data hingga 230 kbps. Karakteristik modem 3G:  Diperlukan perngkatlunak tambahan untuk menggunakan modem 3G pada komputer.  Kecepatan akses internet yang dapat di peroleh menggunakan modem 3G sangat bergantung pada lokasi tower seluler yang mendukung akses 3G.  Untuk lokasi yang dekat sekitar 100-200 M dari tower operator seluler 3G, user mungkin akan memperoleh akses internet sekitar 1-2 Mbps. Untuk lokasi di luar kota atau daerah yang jauh dari operator seluler 3G kemungkinan user akan memperoleh kecepatan cukup pelan sekitar 9,6-20 kbps.4. Modem ADSL Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah adlah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik yaitu bahwa data di transferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling mengganggu. Kelebihan modem ADSL:  Adanya pembagian frekuensi tinggi dan rendah yang di fungsikan secara proporsional.  Memiliki frekuensi tinggi untuk browsing di internet, sedangkan frekuensi rendah di fungsikan sebagai saluran telepon biasa.
  • 5.  Penggunaan modem internet dengan modem ini biayanya lebih murah di bandingkan dengan modem dial-up. Kelemahan modem ADSL:  Di pengaruhi oleh jarak pada kecepatan pengiriman data.  Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL seperti Linux dan Windows 98. 5. Modem WiFi (Wireless Fidelity) Modem WiFi adalah modem yang secara internal dapat langsung di pakai di ruangan yang telah tersedia hotspot dan biasanya sudah terpasang pada komputer jenis laptop. Sebagian besar peralatan WiFi biasanya berkerja pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Istilah hotspot yaitu istilah yang di gunakan bagi jaringan internet berbasis WiFi di sebuah ruangan.kecepatan akses internet menggunakan WiFi cukup cepat dengan kecepatan minimal 1 Mbps sampai dengan sekitar 54 Mbps. 3. Saluran Telekomunikasi a. Saluran Telepon (Line Telephone) Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan di perlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga di ikuti dengan menggunakan modem dial-up. b. TV Kabel Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang di gunakan adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus di lengkapi dengan ethernet (ethernet card) c. ISDN ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi, dimana layanan antar data, suara, dan gambar di integrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi sistem telepon analog ke sistem digital. Para pemakai ISDN di berikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah. d. Satelit Satelit yang di gunakan adalah VSAT (Very Small Aperture Terminal) yang merupakan stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang deri 3 M. Funsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. e. Handphone Internet juga di kembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone dan protokol yang di gunakan adalah WAP (Wireless Application Protocol).C. Perangkat pendukung akses internet pada jaringan  Hub /Switch : Perangkat yang menyatukan kabel kabel network dari tiap -tiap work station ,serven atau perangkat lain.  NIC : Perangkat berupa kartu yang di pasang pada main board komputer ,agar komputer bisa terhibung dalam jaringan.  Kabeldan konektor : Untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.
  • 6.  Router : Perangkat yang kusus di gunakan untuk routing dari penyampaian paket di jaringan komputer seperti internet. Repeater : Stasiun yang menerima sinyal pada suatu frekuensi dan memancar ulangkannya kembali secara otomatis pada saat yang sama.

×