Your SlideShare is downloading. ×
0
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Unsur senyawa-dan-campuran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Unsur senyawa-dan-campuran

1,473

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,473
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
54
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 11 UNSUR, SENYAWA DANUNSUR, SENYAWA DAN CAMPURANCAMPURAN
  • 2. 2 KLASIFIKASI MATERIKLASIFIKASI MATERI
  • 3. 3 Zat tunggal = materi yang memilikiZat tunggal = materi yang memiliki susunan partikel yangsusunan partikel yang tidak mudahtidak mudah dirubahdirubah dandan memilikimemiliki komposisi yangkomposisi yang tetaptetap.. Zat tunggal dapat diklasifikasikan sebagaiZat tunggal dapat diklasifikasikan sebagai unsurunsur dandan senyawasenyawa.. unsurunsur = zat yang tidak dapat diuraikan= zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana.menjadi zat lain yang lebih sederhana.
  • 4. 4 Bagan hubungan unsur dan senyawa dalam proses penguraian dan pembentukanBagan hubungan unsur dan senyawa dalam proses penguraian dan pembentukan
  • 5. 5 UNSURUNSUR  UnsurUnsur adalahadalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat- zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa.zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa.  Contoh Unsur dalam kehidupan sehari-hari : Arang yang berwarnaContoh Unsur dalam kehidupan sehari-hari : Arang yang berwarna hitam, yang terdapat dalam sisa pembakaran, dalam pensil danhitam, yang terdapat dalam sisa pembakaran, dalam pensil dan digunakan sebagai elektroda dalam batere, adalah unsur karbon.digunakan sebagai elektroda dalam batere, adalah unsur karbon. UnsurUnsur Logam juga dapat kita jumpai dalam bentuk perhiasan emas,Logam juga dapat kita jumpai dalam bentuk perhiasan emas, perak dan platina.perak dan platina.  Contoh unsur logam cadmium, air raksa dan timah hitam disajikanContoh unsur logam cadmium, air raksa dan timah hitam disajikan pada Gambar 2.1.pada Gambar 2.1.
  • 6. 6 Nama UnsurNama Unsur  Nama unsur yang kita kenal dalam bahasa Indonesia belum tentu samaNama unsur yang kita kenal dalam bahasa Indonesia belum tentu sama dengan nama unsur baku yang ditetapkan olehdengan nama unsur baku yang ditetapkan oleh International Union ofInternational Union of Pure and applied Chemistry (IUPACPure and applied Chemistry (IUPAC )) yang kita kenal, misalyang kita kenal, misal tembagatembaga nama kimia yang menurut IUPAC adalahnama kimia yang menurut IUPAC adalah CuprumCuprum,, demikian jugademikian juga emaemass adalahadalah aurum.aurum.  Nama unsur diambil dariNama unsur diambil dari nama satu daerahnama satu daerah sepertiseperti germanium (Jerman),germanium (Jerman), polonium (Polandia), Fransium (Perancis), europium (Eropa), amerisiumpolonium (Polandia), Fransium (Perancis), europium (Eropa), amerisium (Amerika),kalifornium (Kalifornia), stronsium (Strontia, Scotlandia)(Amerika),kalifornium (Kalifornia), stronsium (Strontia, Scotlandia)  IIlmuanlmuan yang berjasa didalam bidang kimia juga digunakan seperti: einsteniumyang berjasa didalam bidang kimia juga digunakan seperti: einstenium (Einstein), curium (Marie dan P Curie), fermium (Enrico Fermi), nobelium(Einstein), curium (Marie dan P Curie), fermium (Enrico Fermi), nobelium (Alfred Nobel).(Alfred Nobel).  NamaNama nama planetnama planet juga diabadikan sebagai nama unsur seperti: uraniumjuga diabadikan sebagai nama unsur seperti: uranium (Uranus), plutonium (Pluto), dan neptunium (Neptunus).(Uranus), plutonium (Pluto), dan neptunium (Neptunus).  Untuk beberapaUntuk beberapa unsur yang baru ditemukanunsur yang baru ditemukan , khususnya untuk unsur, khususnya untuk unsur dengandengan nomor 104 keatasnomor 104 keatas mempergunakan akar kata dari bilangan. nil = 0,mempergunakan akar kata dari bilangan. nil = 0, un = 1, bi = 2, tri = 3 quad =4, pent = 5, hex = 6, sept = 7, okt = 8 dan enn = 9.un = 1, bi = 2, tri = 3 quad =4, pent = 5, hex = 6, sept = 7, okt = 8 dan enn = 9.  contoh untuk unsur dengan nomor 107 yaitucontoh untuk unsur dengan nomor 107 yaitu uunilseptiumnilseptium , yang berasal dari, yang berasal dari bilangan 1 : un, bilangan 0 : nil, dan tujuh : sept serta tium, sehingga namabilangan 1 : un, bilangan 0 : nil, dan tujuh : sept serta tium, sehingga nama unsur tersebut adalahunsur tersebut adalah unilseptium (Uns).unilseptium (Uns).
  • 7. 7 ATURAN PENAMAAN UNSUR Penamaan lambang unsur dengan menggunakan huruf kapital dari nama unsurnya Pelambangan unsur menggunakan dua huruf dari nama unsur tersebut ATURAN LAMBANG UNSUR
  • 8. 8 Lambang UnsurLambang Unsur  Pencetus ide lambang unsur adalahPencetus ide lambang unsur adalah Jons Jacob BerzeliusJons Jacob Berzelius pada tahun 1813pada tahun 1813 .. Dia mengusulkan pemberian lambangDia mengusulkan pemberian lambang kepada setiap unsur dengan huruf.kepada setiap unsur dengan huruf. Pemilihan lambang unsur diambil dari huruf pertama (huruf besar atau kapital).Pemilihan lambang unsur diambil dari huruf pertama (huruf besar atau kapital). OOksigen dengan huruf O (kapital), carbon dengan C (kapital) danksigen dengan huruf O (kapital), carbon dengan C (kapital) dan nitrogen dengan huruf N (kapital)nitrogen dengan huruf N (kapital)  nama unsur yang diawali dengan huruf yang sama misalnya hidrogen dengannama unsur yang diawali dengan huruf yang sama misalnya hidrogen dengan hidrargirum, penamaan unsur dilambangkan dengan menggunakan lebih darihidrargirum, penamaan unsur dilambangkan dengan menggunakan lebih dari satu huruf.satu huruf.  PenulisanPenulisannyanya menggunakan huruf kapital dari nama unsur sebagai hurufmenggunakan huruf kapital dari nama unsur sebagai huruf pertama, dilanjutkan dengan huruf kecil dari salah satu huruf yang ada padapertama, dilanjutkan dengan huruf kecil dari salah satu huruf yang ada pada unsur tersebut. Contoh:unsur tersebut. Contoh: unsur Zincunsur Zinc dengan Zn dan cuprum dengandengan Zn dan cuprum dengan huruf Cu.huruf Cu.  UUntuk unsur argon dan argentums, keduantuk unsur argon dan argentums, kedua unsur ini memiliki huruf pertamaunsur ini memiliki huruf pertama dandan keduakedua yang sama, dalam penamaannya huruf keduanya menjadi pembeda.yang sama, dalam penamaannya huruf keduanya menjadi pembeda. UntukUntuk argon dilambangkan dengan Ar, sedangkan argentumargon dilambangkan dengan Ar, sedangkan argentum dilambangkan dengan Agdilambangkan dengan Ag ,,  Kasus lainnya unsur cobalt, dengan huruf Co, jika tidak hatiKasus lainnya unsur cobalt, dengan huruf Co, jika tidak hati--hati dalamhati dalam penulisannyapenulisannya, bisa, bisa ditulis dengan CO yang berarti gas carbon monoksida.ditulis dengan CO yang berarti gas carbon monoksida.
  • 9. 9 JENIS UNSURJENIS UNSUR  Dibedakan menjadi uDibedakan menjadi u nsur logam dan unsur bukan logam.nsur logam dan unsur bukan logam.  Unsur logam mudah dikenali dengan ciri-ciri; permukaannya mengkilat,Unsur logam mudah dikenali dengan ciri-ciri; permukaannya mengkilat, berbentuk padat, kecuali air raksa (Hg) yang berbentuk cair.berbentuk padat, kecuali air raksa (Hg) yang berbentuk cair.  Unsur logam mudah ditempa dapat menjadi plat atau kawat dan memilikiUnsur logam mudah ditempa dapat menjadi plat atau kawat dan memiliki kemampuan menghantar arus listrik atau konduktor.kemampuan menghantar arus listrik atau konduktor.
  • 10. 10 UNSUR BUKAN LOGAMUNSUR BUKAN LOGAM  Unsur bukan logamUnsur bukan logam umumnya di alamumumnya di alam terdapat dalam wujudterdapat dalam wujud padat atau gas,padat atau gas,  unsur ini tidak dapatunsur ini tidak dapat menghantarkan arus listrikmenghantarkan arus listrik dan juga panas (isolator),dan juga panas (isolator), dalam wujud padat tidakdalam wujud padat tidak dapat ditempa dan jugadapat ditempa dan juga tidak mengkilat.tidak mengkilat.
  • 11. 11
  • 12. 12 SenyawaSenyawa  Zat tunggal berupa senyawa didefinisikanZat tunggal berupa senyawa didefinisikan ssebagaiebagai zat yang dibentuk dari berbagai jenis unsur yangzat yang dibentuk dari berbagai jenis unsur yang saling terikat secara kimia dan memiliki komposisisaling terikat secara kimia dan memiliki komposisi yang tetap.yang tetap.  Senyawa terdiri dari beberapa unsur, makaSenyawa terdiri dari beberapa unsur, maka senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnyasenyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya dengan proses tertentu.dengan proses tertentu.  Contoh senyawa yang paling mudah kita kenalContoh senyawa yang paling mudah kita kenal adalah air. Senyawa air diberi lambang Hadalah air. Senyawa air diberi lambang H22O.O. Senyawa air terbentuk oleh dua jenis unsur yaituSenyawa air terbentuk oleh dua jenis unsur yaitu unsur Hidrogen (H) dan unsur Oksigen (O),unsur Hidrogen (H) dan unsur Oksigen (O), dengan komposisidengan komposisi 2 unsur H dan satu unsur O2 unsur H dan satu unsur O
  • 13. 13 Pengelompokan SenyawaPengelompokan Senyawa  Senyawa organik dibangun oleh atomSenyawa organik dibangun oleh atom utamanya karbon, sehingga senyawautamanya karbon, sehingga senyawa ini juga dikenal dengan istilahini juga dikenal dengan istilah hhidrokarbon.idrokarbon.  Senyawa hidrokarbon banyak terdapatSenyawa hidrokarbon banyak terdapat di alam dan juga pada makhluk hidup,di alam dan juga pada makhluk hidup, dimulai dari bahan bakar sampaidimulai dari bahan bakar sampai ddengan molekul yang berasal atauengan molekul yang berasal atau ditemukan dalam makhluk hidupditemukan dalam makhluk hidup  ContohnyaContohnya seperti karbohidrat, protein,seperti karbohidrat, protein, lemak, asam amino dan ureum ataulemak, asam amino dan ureum atau urea terdapat pada air seni (urin). Gulaurea terdapat pada air seni (urin). Gula pasir atau sakarosa yang banyakpasir atau sakarosa yang banyak terdapat didalam tebu dan alkoholterdapat didalam tebu dan alkohol merupakan hasil fermentasi dari lautanmerupakan hasil fermentasi dari lautan gulagula, dll., dll.
  • 14. 14 Senyawa AnorganikSenyawa Anorganik  Senyawa Anorganik adalah senyawa-Senyawa Anorganik adalah senyawa- senyawa yangsenyawa yang tidak disusun dari atomtidak disusun dari atom karbon,karbon,  contoh senyawa ini seperti garam dapurcontoh senyawa ini seperti garam dapur ((NaClNaCl)), alumunium h, alumunium hiidroksida yangdroksida yang dijumpai pada obat mag,dijumpai pada obat mag, ((Al(OH)Al(OH)33))..  Contoh lainContoh lain oksigen dengan lambang Ooksigen dengan lambang O22 dan COdan CO22. Asam juga merupakan salah. Asam juga merupakan salah satu senyawa anorganik yang mudahsatu senyawa anorganik yang mudah kita kenal misalnya asam nitrat (HNOkita kenal misalnya asam nitrat (HNO33),), asam klorida (HCl) dan lainnyaasam klorida (HCl) dan lainnya
  • 15. 15 Senyawa oksidaSenyawa oksida  Senyawa oksida dibentuSenyawa oksida dibentukk oleh atom oksigen denganoleh atom oksigen dengan atom lainnya.atom lainnya.  atom oksigen sebagaiatom oksigen sebagai penciri senyawa oksida.penciri senyawa oksida.  dibedakan menjadi duadibedakan menjadi dua macam, yaitu senyawamacam, yaitu senyawa oksida logam dan oksidaoksida logam dan oksida bukan logambukan logam  Senyawa oksida logamSenyawa oksida logam dapat larut dalam airdapat larut dalam air membentuk larutan basa.membentuk larutan basa. NamaNama LambangLambang Logam PembentukLogam Pembentuk Kalsium OksidaKalsium Oksida Natrium OksidaNatrium Oksida Magnesium OksidaMagnesium Oksida CaOCaO NaNa22OO MgOMgO KalsiumKalsium NatriumNatrium MagnesiumMagnesium
  • 16. 16 Senyawa oksida bukan logamSenyawa oksida bukan logam  Senyawa oksida bukanSenyawa oksida bukan logam dibentuk dari unsurlogam dibentuk dari unsur bukan logam denganbukan logam dengan oksigen, misalnya antaraoksigen, misalnya antara unsur nitrogen denganunsur nitrogen dengan oksigen.oksigen.  Senyawa oksida bukanSenyawa oksida bukan logam dapat larut dalamlogam dapat larut dalam air membentuk larutanair membentuk larutan asam.asam.  senyawa oksida bukansenyawa oksida bukan logam biasanya berbentuklogam biasanya berbentuk gasgas NamaNama LambangLambang KeteranganKeterangan Karbon monoksidaKarbon monoksida Karbon dioksidaKarbon dioksida Difosfor penta oksidaDifosfor penta oksida COCO COCO22 PP22OO55 1 Oksigen1 Oksigen 2 Oksigen2 Oksigen 2 fosfor 5 oksigen2 fosfor 5 oksigen
  • 17. 17  Senyawa asam,Senyawa asam, = senyawa= senyawa yang masam, dapatyang masam, dapat menghantarkan kan arusmenghantarkan kan arus listrik, dalam bentuk cairlistrik, dalam bentuk cair terionisasi dan menghasilkanterionisasi dan menghasilkan ion hidrogenion hidrogen (H(H++ )) dandan ionion sisasisa asamasam  terdapat tiga jenis asam:terdapat tiga jenis asam: 1.1. dibentuk olehdibentuk oleh unsur H, unsurunsur H, unsur bukan logam dan unsur Obukan logam dan unsur O 2.2. dibentuk olehdibentuk oleh unsur H denganunsur H dengan unsur halogen lebih dikenalunsur halogen lebih dikenal dengan asam halidadengan asam halida 3.3. yang ketigayang ketiga asam pada senyawa organik yang disebutyang disebut dengan karboksilatdengan karboksilat Nama AsamNama Asam LambangLambang UnsurUnsur PembentukPembentuk Asam FosfatAsam Fosfat Asam NitratAsam Nitrat Asam SulfatAsam Sulfat HH33POPO44 HNOHNO33 HH22SOSO44 3 Unsur H3 Unsur H 1 Unsur P1 Unsur P 4 Unsur O4 Unsur O 1 Unsur H1 Unsur H 1 Unsur N1 Unsur N 3 Unsur O3 Unsur O 2 Unsur H2 Unsur H 1 Unsur S1 Unsur S 4 Unsur O4 Unsur O Nama AsamNama Asam LambangLambang UnsurUnsur HalogenHalogen Asam KloridaAsam Klorida Asam BromidaAsam Bromida Asam IodidaAsam Iodida HClHCl HBrHBr HIHI ClCl BrBr II NamaNama LambangLambang Nama LainNama Lain KeteranganKeterangan Asam FormiatAsam Formiat Asam AsetatAsam Asetat Asam PropanoatAsam Propanoat Asam ButanoatAsam Butanoat H-COOHH-COOH H3C-COOHH3C-COOH H5C2-COOHH5C2-COOH H7C3-COOHH7C3-COOH Hydrogen KarboksilatHydrogen Karboksilat Metil KarboksilatMetil Karboksilat Etil KarboksilatEtil Karboksilat Propil KarboksilatPropil Karboksilat Memiliki HMemiliki H Memiliki CH3Memiliki CH3 Memiliki C2H5Memiliki C2H5 Memiliki C3H7Memiliki C3H7
  • 18. 18  Senyawa basa,Senyawa basa, dibentuk olehdibentuk oleh unsur logam dan dengan gugusunsur logam dan dengan gugus hidroksida (OH).hidroksida (OH).  Senyawa basaSenyawa basa terasa pahitterasa pahit atau getir jika dirasakan,atau getir jika dirasakan, menimbulkan rasa gatal panas.menimbulkan rasa gatal panas.  Larutan basa dapatLarutan basa dapat menghantarkan arus listrik,menghantarkan arus listrik, karena mengalami ionisasi.karena mengalami ionisasi. Hasil ionisasi berupa ion logamHasil ionisasi berupa ion logam dan gugus OHdan gugus OH LogamLogam Lambang SenyawaLambang Senyawa Nama SenyawaNama Senyawa MgMg NaNa KK AlAl Mg(OH)Mg(OH)22 NaOHNaOH KOHKOH Al(OH)Al(OH)33 Magnesium HidroksidaMagnesium Hidroksida Natrium HidroksidaNatrium Hidroksida Kalium HidroksidaKalium Hidroksida Alumunium HidroksidaAlumunium Hidroksida
  • 19. 19  Senyawa garamSenyawa garam = dibentuk oleh= dibentuk oleh unsur logam dan sisa asam.unsur logam dan sisa asam. memiliki rasa asin, larutan senyawamemiliki rasa asin, larutan senyawa ini dapat menghantarkan arus listrikini dapat menghantarkan arus listrik kerena terjadi ionisasi. Senyawakerena terjadi ionisasi. Senyawa garam NaCl, terionisasi menjadi iongaram NaCl, terionisasi menjadi ion Na+ dan ion sisa asam ClNa+ dan ion sisa asam Cl Nama GaramNama Garam lambanglambang Ion PenyususunIon Penyususun Kalium IodidaKalium Iodida Kalsium KarbonatKalsium Karbonat Litium SulfatLitium Sulfat KIKI CaCOCaCO33 LiLi22SOSO44 KK++ dan Idan I-- Ca2Ca2++ dan CO3dan CO32-2- 2 Li2 Li++ dan SO4dan SO42-2-
  • 20. 20 MOLEKUL SENYAWA DANMOLEKUL SENYAWA DAN MOLEKUL UNSURMOLEKUL UNSUR  Senyawa yang disusun oleh satuSenyawa yang disusun oleh satu unsur disebut dengan molekulunsur disebut dengan molekul unsur,unsur,  ditunjukkan oleh senyawa diatomikditunjukkan oleh senyawa diatomik seperti senyawa Hseperti senyawa H22, dan O, dan O22. molekul. molekul gas oksigen (Ogas oksigen (O22) terdiri atas dua) terdiri atas dua atom oksigen.atom oksigen.  Senyawa yang disusun olehSenyawa yang disusun oleh beberapa unsur, bagian terkecilnyabeberapa unsur, bagian terkecilnya disebut dengan molekul senyawa,disebut dengan molekul senyawa,  mmolekul semacam ini ditemui padaolekul semacam ini ditemui pada senyawa heteroatomik, seperti Hsenyawa heteroatomik, seperti H22O,O, dan Pdan P22OO55, N, N22OO33..  contoh molekul air, setiap satucontoh molekul air, setiap satu molekul air tersusun dari satu atommolekul air tersusun dari satu atom oksigen dan dua atom hydrogenoksigen dan dua atom hydrogen
  • 21. 21 Komposisi SenyawaKomposisi Senyawa  komposisi senyawakomposisi senyawa harusharus tetap dan tepat.tetap dan tepat.  serangkaian percobaanserangkaian percobaan antara gas hidrogen denganantara gas hidrogen dengan gas oksigen.gas oksigen. RRasio massaasio massa hidrogen dan oksigenhidrogen dan oksigen 1 : 81 : 8 untuk hidrogen dan oksigenuntuk hidrogen dan oksigen dalam membentuk senyawadalam membentuk senyawa air.air.  kesimpulan bahwakesimpulan bahwa perbandingan massa unsurperbandingan massa unsur-- unsur dalam suatu senyawaunsur dalam suatu senyawa adalah tetap.adalah tetap.  Pernyataan ini dikenalPernyataan ini dikenal dengan hdengan huukum perbadingankum perbadingan tetap yang diajukakan olehtetap yang diajukakan oleh ProustProust ““Hukum ProustHukum Proust”” NoNo Massa Zat SebelumMassa Zat Sebelum BereaksiBereaksi Massa Zat SesudahMassa Zat Sesudah BereaksiBereaksi HidrogenHidrogen OksigenOksigen AirAir Sisa ZatSisa Zat 11 22 33 44 1 gr1 gr 1 gr1 gr 2 gr2 gr 2 gr2 gr 8 gr8 gr 16 gr16 gr 8 gr8 gr 16 gr16 gr 9 gr9 gr 9 gr9 gr 9 gr9 gr 18 gr18 gr -- 8 gr O8 gr O22 1 gr H1 gr H22
  • 22. 22 Rumus KimiaRumus Kimia  RRumus kimia memberikan informasiumus kimia memberikan informasi jenis unsur dan jumlah ataujenis unsur dan jumlah atau perbandingan atomperbandingan atom--atom unsuratom unsur penyusun zat.penyusun zat.  PPenulisan rumus kimia denganenulisan rumus kimia dengan menyatakan lambang unsur danmenyatakan lambang unsur dan angka indeks.angka indeks.  Rumus kimia dapat dibagi menjadiRumus kimia dapat dibagi menjadi dua yaitu rumus molekul dan rumusdua yaitu rumus molekul dan rumus empiris.empiris.  Pembagian ini terkait denganPembagian ini terkait dengan informasi yang dikandungnya.informasi yang dikandungnya.
  • 23. 23 RUMUS MOLEKUL DANRUMUS MOLEKUL DAN RUMUS EMPIRISRUMUS EMPIRIS  Rumus molekul = rumus kimia yang memberikan informasi secara tepatRumus molekul = rumus kimia yang memberikan informasi secara tepat tentang jenis unsur pembentuk satu molekul senyawa dan jumlah atomtentang jenis unsur pembentuk satu molekul senyawa dan jumlah atom masingmasing--masing unsur.masing unsur.  Rumus empiris = rumus kimia yang menyatakan rasio perbandingan terkecilRumus empiris = rumus kimia yang menyatakan rasio perbandingan terkecil dari atomdari atom--atom pembentuk sebuah senyawa.atom pembentuk sebuah senyawa.  Ingat, rumus empiris bukan menyatakan sebuah senyawa atau zat. RumusIngat, rumus empiris bukan menyatakan sebuah senyawa atau zat. Rumus empiris hanya memberikan informasi rasio paling sederhana dari molekul.empiris hanya memberikan informasi rasio paling sederhana dari molekul. Nama SenyawaNama Senyawa Rumus MolekulRumus Molekul Rasio Atom PenyusunRasio Atom Penyusun Rasio terkecilRasio terkecil Rumus EmpirisRumus Empiris ButanaButana CC44HH1010 C:H= 4:10C:H= 4:10 C:H=2:5C:H=2:5 CC22HH55 ButenaButena CC44HH88 C:H=4:8C:H=4:8 C:H=1:2C:H=1:2 CHCH22 ButanoatButanoat CC44HH88OO22 C:H:O=4:8:2C:H:O=4:8:2 C:H:O=4:8:4C:H:O=4:8:4 CC22HH44OO EtanolEtanol CC22HH66OO C:H:O=2:6:1C:H:O=2:6:1 C:H:O=2:6:1C:H:O=2:6:1 CC22HH66OO AspirinAspirin CC99HH88OO C:H:O=9:8:4C:H:O=9:8:4 C:H:O=4:8:4C:H:O=4:8:4 CC99HH88OO AirAir HH22OO H:O=2:1H:O=2:1 H:O=2:1H:O=2:1 HH22OO KarbondioksidaKarbondioksida COCO22 C:O=1:2C:O=1:2 C:O=1:2C:O=1:2 COCO22
  • 24. 24 CampuranCampuran  Campuran adalah materi yang disusun olehCampuran adalah materi yang disusun oleh beberapa zat tunggal baik berupa unsur ataubeberapa zat tunggal baik berupa unsur atau senyawa dengan komposisi yang tidak tetap.senyawa dengan komposisi yang tidak tetap. Dalam campuran sifat dari materi penyusunnyaDalam campuran sifat dari materi penyusunnya tidak berubah.tidak berubah.  Contoh sederhana dari campuran dapat kitaContoh sederhana dari campuran dapat kita jumpai di dapur misalnya saus tomat. Campuranjumpai di dapur misalnya saus tomat. Campuran ini mengandung karbohidrat, protein, vitamin Cini mengandung karbohidrat, protein, vitamin C dan masih banyak zat-zat lainnya. Sifatdan masih banyak zat-zat lainnya. Sifat karbohidrat, protein dan vitamin C tidak berubah.karbohidrat, protein dan vitamin C tidak berubah.  Campuran dapat kita bagi menjadi dua jenis,Campuran dapat kita bagi menjadi dua jenis, yaitu campuran homogen dan campuranyaitu campuran homogen dan campuran heterogen.heterogen.
  • 25. 25 CAMPURAN HOMOGENCAMPURAN HOMOGEN  Campuran homogen = campuran serbasama yang materi-materiCampuran homogen = campuran serbasama yang materi-materi enyusunnya berinteraksi, namun tidak membentuk zat baru.enyusunnya berinteraksi, namun tidak membentuk zat baru.  CContoh : larutan gula dalam sebuah gelas. Larutan ini merupakanontoh : larutan gula dalam sebuah gelas. Larutan ini merupakan campuran air dengan gulacampuran air dengan gula (C(C66HH1212OO66),), jika kita coba rasakan, maka rasajika kita coba rasakan, maka rasa larutan diseluruh bagian gelas adalah sama manisnya, baik yanglarutan diseluruh bagian gelas adalah sama manisnya, baik yang dipermukaan, ditengah maupun dibagian bawahdipermukaan, ditengah maupun dibagian bawah  Campuran homogen yang memiliki pelarut air sering disebutCampuran homogen yang memiliki pelarut air sering disebut juga dengan larutanjuga dengan larutan  Campuran homogen dapat pula berbentuk sebagai campuran antaraCampuran homogen dapat pula berbentuk sebagai campuran antara logam dengan logam, seperti emas 23 karat merupakan campuranlogam dengan logam, seperti emas 23 karat merupakan campuran antara logam emas dan perak. Kedua logam tersebut memaduantara logam emas dan perak. Kedua logam tersebut memadu sehingga tidak tampak lagi bagian emas atau bagian peraknya.sehingga tidak tampak lagi bagian emas atau bagian peraknya.  Campuran logam lain seperti perunggu, alloy, amalgam dan lainCampuran logam lain seperti perunggu, alloy, amalgam dan lain sebagainya.sebagainya.
  • 26. 26 CAMPURAN HETEROGENCAMPURAN HETEROGEN  Campuran heterogen = campuran serbaneka, dimana materi-materiCampuran heterogen = campuran serbaneka, dimana materi-materi penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga kita dapat mengamatipenyusunnya tidak berinteraksi, sehingga kita dapat mengamati dengan jelas dari materi penyusun campuran tersebutdengan jelas dari materi penyusun campuran tersebut  Campuran heterogen tidak memerlukan komposisi yang tetap sepertiCampuran heterogen tidak memerlukan komposisi yang tetap seperti halnya senyawa, jika kita mencampurkan dua materi atau lebih makahalnya senyawa, jika kita mencampurkan dua materi atau lebih maka akan terjadi campuran.akan terjadi campuran.  Contoh yang paling mudah kita amati dan kita lakukan adalahContoh yang paling mudah kita amati dan kita lakukan adalah mencampur minyak dengan air, kita dapat menentukan bagian minyakmencampur minyak dengan air, kita dapat menentukan bagian minyak dan bagian air dengan indera mata kita.dan bagian air dengan indera mata kita.  Perhatikan pula susu campuran yang kompleks, terdiri dari berbagaiPerhatikan pula susu campuran yang kompleks, terdiri dari berbagai macam zat seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin C dan E danmacam zat seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin C dan E dan mineralmineral
  • 27. 27 MEMBEDAKAN CAMPURAN DANMEMBEDAKAN CAMPURAN DAN SENYAWASENYAWA CampuranCampuran a. Campuran tak tertentu tanpaa. Campuran tak tertentu tanpa reaksi kimia.reaksi kimia. b. Perbandingan komponen yangb. Perbandingan komponen yang menyusun campuran tidak tentumenyusun campuran tidak tentu dandan dapat sembarang.dapat sembarang. c. Komponen-komponen campuranc. Komponen-komponen campuran tetaptetap mmemiliki sifat masingemiliki sifat masing--masing.masing. d. Campuran dapat dipisahkand. Campuran dapat dipisahkan menjadi komponen-komponennyadmenjadi komponen-komponennyad engan cara fisisengan cara fisis SenyawaSenyawa a. Senyawa terbentuk melalui reaksia. Senyawa terbentuk melalui reaksi kimiakimia b. Perbandingan komponen yangb. Perbandingan komponen yang menyusun senyawa melalui caramenyusun senyawa melalui cara tertentu dan tetap.tertentu dan tetap. c. Komponen-komponen senyawac. Komponen-komponen senyawa kehilangan sifat semulanya.kehilangan sifat semulanya. d. Senyawa tidak dapat dipisahkand. Senyawa tidak dapat dipisahkan menjadi komponen-komponenmenjadi komponen-komponen dengan cara fisis, tetapi harusdengan cara fisis, tetapi harus melalui cara reaksi kimiamelalui cara reaksi kimia
  • 28. 28 Oleh :Oleh : NOVIYANTO STNOVIYANTO ST MATA KULIAH KIMIA DASAR 1MATA KULIAH KIMIA DASAR 1 UNTUK PRODI MATEMATIKAUNTUK PRODI MATEMATIKA STKIP PGRI SUMENEPSTKIP PGRI SUMENEP 20092009

×