Sifat sifat periodik unsur

11,162
-1

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
11,162
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
288
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sifat sifat periodik unsur

  1. 1. Oleh:Fadlilah Arif Hidayat
  2. 2.  Jari-jari atom Energi ionisasi Afinitas elektron Elektronegativitas
  3. 3.  Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom ke kulit elektron terluar suatu atom bebas yang pengukurannya dengan menggunakan pengukuran jari-jari kovalen atau pun logam. Bertambahnya jumlah proton dan neutron menyebabkan gaya tarik inti dengan elektron terluar semakin kuat, sehingga jari-jari semakin kecil. Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari bertambah besar, sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan jari-jari semakin kecil.
  4. 4.  Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron dari suatu atom. Energi ionisasi untuk satu golongan dari atas ke bawah berkurang. Nomor atom dalam satu golongan semakin bertambah besar, jari-jari atom juga bertambah. Bertambahnya jari-jari atom menyebabkan gaya tarik inti atom dengan elektron terluar semakin lemah sehingga energi ionisasi untuk memutuskan gaya tarik elektron dengan inti semakin kecil. Energi ionisasi dalam satu periode dari kiri ke kanan bertambah besar.
  5. 5.  Afinitas elektron merupakan besarnya energi yang dilepas suatu atom bila menangkap elektron. Afinitas elektron dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil. Semakin ke bawah jari-jari atom semakin besar sehingga gaya tarik inti atom terhadap elektron terluar semakin kecil, dengan demikian energi yang dilepaskan apabila atom menangkap elektron juga kecil. Afinitas elektron dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin bertambah besar.
  6. 6.  Elektronegativitas adalah kecenderungan suatu atom untuk menarik elektron untuk membentuk suatu ikatan. Harga elektronegativitas dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil. Dalam satu periode dari kiri ke kanan harga elektronegativitas bertambah besar.

×