Pemikiran plato
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pemikiran plato

on

  • 2,559 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,559
Views on SlideShare
2,559
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
28
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Pemikiran plato Pemikiran plato Presentation Transcript

  • Pemikiran platoOleh:NinaSejarah eropa
  • Plato dilahirkan di Atena pada tahun 427 S.Mdan meninggal di sana pada tahun 347 S.M.dalam usia 80 tahun. Ia berasal dari keluargaaristokrasi yang turun-temurun memegangpolitik penting dalam politik Atena.
  • Nama aslinya Plato ialah Aristokles.Sedangkan nama Plato diberikan oleh gurunyasenam. Kemudian nama ini menjadi resmi yangdiabadikan lewat karya – karyanya. Platodikenal sebagai filsuf yang memiliki peringkatterdepan sepanjang masa, yang menggunakanfilsafat panjang, yang berarti cintapengetahuan. Ia adalah seorang pemikir yanglebih sistematis dan positif dari socrates.
  • Pada umur 20 tahun, Plato mengikutipelajaran Sokrates, yang memberi kepuasanbaginya. Pengaruh Sokrates makin hari makinmendalam baginya. Ia adalah murid Sokratesyang setia. Sampai pada akhir hidupnyaSokrates tetap menjadi pujaannya. Sokratesbaginya adalah seorang guru dan sahabat.
  • the noblest and the wisest and most just.. . . . yang paling mulia dan paling bijaksana danyang paling tulus.Ungkapan di atas menunjukkan bahwa Sokratesadalah orang yang paling khusus dalam kehidupannya.Hampir seluruh karya filsafati Plato menggunakanmetode “ Sokratik” yaitu metode yang dikembangkanoleh Sokrates yang dikenal dengan nama “metodedialektis”.
  • Pemikiran PlatoMenurut Plato, idea ialah realitas yangsebenarnya dapat dikenali oleh panca inderaapabila dari segala sesuatu yang ada. Baginyakehidupan semua ini merupakan bayangan daridunia idea. Dunia lahir dari dunia pengalamanyang selalu berubah – ubah dan berwarna –warni. Banyangan pada hakikatnya hanyalahtiruan dari yang asli yaitu idea.
  • Ada tiga pokok pemikiran Plato1. Gelombang Pertama (the first wave)Gelombang pertama adalah laki – laki danperempuan mempunyai kedudukan yangsama, terutama dalam pendidikan danpekerjaan. Pemikiran yang seperti ini, yangbertolak belakang dengan kenyataan padamasa itu, bahwa laki-laki dan perempuanharus dibedakan. Palto mengatakan :. . . both woman and man my have thesame nature fit for guarding the city . . .. . . wanita dan pria memiliki sifat – sifatdasar yang sama, yang pantas untuk menjaganegara . . .
  • 2. Gelombang kedua (the second wave)Gelombang kedua adalah pernyataan Plato untukmenghapuskan perkawinan dan keluarga untukmembentuk suatu negara besar, yaitu negara,sehingga semua orang bersaudara di dalam negara.Sebagaimana dalam karyanya Republic :. . . you are all brothers in the city.. . . di dalam negara kamu semua bersaudara.Maksud dan tujuannya adalah untuk meningkatkanloyalitas suatu negara, agar setiap manusia tidakdirepotkan oleh keluarganya masing – masing. Karenayang diinginkan Plato adalah membentuk suatu negarabesar yang bersatu dan terpelihara tali persaudaraan.
  • 3. Gelombang ketiga (the third wave)Gelombang yang ketiga adalah kekuasaanpolitik negara lebih baik dipegang oleh parafilsuf, agar kecerdasan ilmu pengetahuanyang tinggi dapat dipegang oleh paracendekiawan, sehingga tingkat kearifan sejatidapat memimpin negara.
  • Karya tulis Plato dibagi atas beberapa masa,diantaranya :A. Pada masa muda, karya tulisnya berupa: Apologie, Kriton, Ion, Protagoras, Laches,Politea Buku I (Republik), Lysis,Charmidesdan Euthyphron. Karya pada masa muda inibanyak berpegang teguh pada pendiriangurunya Plato.
  • B. Karya tulis pada masa peralihan, diMegara, diantaranya : Gorgias, Kratylos,Menon, Hippias dan lainnya. Pada karya tulisini banyak membahas tentang pertentanganpolitik dan pandangan hidup.C. Pada masa pematangan, pada masa inikaryanya terkenal sepanjang masa yangmembahas tentang idea, menjadi ajaran pokokPlato, seperti teori pengetahuan, metafisika,fisika, psikologi, etik, politik, dan estetika.Diantara karyanya sebagai berikut : Phaidros,Symposion, Phaidon, dan Politeia II-X.
  • D. Pada masa tua, salah satu karyanyayang membahas tentang ilmu spesial, sepertiilmu alam dan ilmu kesehatan. Yaitu :Timaios, Parmenides, Sophistos, Politikos,Philibos, Theaitetos, Kritias dan Nomoi
  • Pengaruh pemikiran plato kepada para pemikirfilsafat lain setelahnya adalah Aristoteles.Sebagai murid Plato yang sangat pintar,Aristoteles adalah pribadi yang memilikikarakter ilmuwan yang serius. Karya-karyanyadikenal kritis, analitis, empiris dan spekulatif.Meski agak berbeda dengan gurunya platonamun pandangan, gaya dan substansipemikirannya mampu mewakili semua tradisipemikiran barat. Dalam filsafat kristen,misalnya, Agustinus lebih Platonian sedangkanAquinas mengikuti gaya Aristotelian.
  • Di jerman, kebanyakan para pemikirannyamengikuti Mahzhab Platonian karenamenggandrungi tradisi filsafat Plato yangcenderung idealis, reflektif, dan spekulatif.Hegel, Karl Mark, dan pemikir mahzhabFrankfurt hanyalah beberapa kelompok yangterkena virus pemikiran Plato tersebut
  • Thank.sforattetion