Pancasila bab ii
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pancasila bab ii

on

  • 1,336 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,336
Views on SlideShare
1,312
Embed Views
24

Actions

Likes
0
Downloads
39
Comments
0

2 Embeds 24

http://ebeltim.blogspot.com 20
https://twitter.com 4

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Pancasila bab ii Pancasila bab ii Presentation Transcript

  • EGA SAVITRI ARDIAH WULANDARI DILA PUTRI ANDRIANAEKA OKTAVIA NOVITA.D ANJAR PANGESTI
  • Negara kebangsaan Indonesiaterbentuk melalui 3 tahap yaitu :1.Zaman Sriwijaya di bawah wangsa Syailendra (600-1400) yang bercirikan kedatuan.2.Negara kebangsaan zaman Majapahit (1293-1525)yang bercirikan keprabuanKedua tahap tersebut merupakan negara kebangsaanIndonesia lama.3.Negara kebangsaan modern :negara Indonesiamerdeka (sekarang negara proklamasi 17 Agustus1945).
  • Pada abad ke VII munculah suatu kerajaan di Sumatera yaitu kerajaanSriwijaya di bawah kekuasaan wangsa Syailendra yang termuat dalam prasastikedukan Bukit di kaki bukit Siguntang dekat Palembang yang bertarikh 605Caka atau 683 M dalam bahasa melayu kuno dan huruf palawa. Kerajaan ini adalah kerajaan maritim yang mengandalkan kekuatanlautnya. lalu lintas laut di sebelah barat dikuasai seperti Selat Sunda (686) danselat Malaka(775)Kerajaan Sriwijaya merupakan suatu kerajaan besar yang cukup disegani dikawasan Asia Selatan.Sistem pemerintahannya terdapat pegawai pengurus pajak,harta bendakerajaan,dan rohaniawan sebagai pengawas teknis pembangunan.Agama dan kebudayaan dikembangkan dengan mendirikan suatu universitasagama Budha yang sangat terkenal dinegara lain di Asia.Cita-cita tentang kesejahteraan bersama dalam suatu negara tercermin padakerajaan Sriwijaya yaitu berbunyi “marvuat vanua criwijaya siddhayatrasubhiksa”(suatu cita-cita negara yang adil dan makmur).
  • Kerajaan-kerajaan di Jawa TengahKerajaan Kalingga pada abad ke VIISanjaya pada abad ke VIII(ikut membangun candiKalasan untuk Dewa Tara & sebuah wihara untukpendeta Budha,didirikan di Jawa Tengah bersamadinasti Syailendra.Kerajaan-kerajaan di Jawa TimurKerajaan Isana abad ke IXDarmawangsa abad ke XIKerajaan singasari abad ke XIII
  • Kerajaan MajapahitKerajaan majapahit berdiri tahun 1293Mencapai puncak kejayaannya pada pemerintahan raja Hayam Wurukdengan Mahapatih Gajah Mada yang dibantu oleh Laksamana Nala dalammemimpin armadanya untuk menguasai nusantara.Wilayah kekuasaan Majapahit membentang dari Semenanjung Melayu(Malaysia Sekarang) sampai Irian Barat melalui Kalimantan Utara.Negarakertagama ditulis oleh Empu Prapanca tahun 1365,terdapat istilah“Pancasila”.Empu Tantular mengarang buku Sutasoma yang salah satu isinya berisi“Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrua” (walaupun berbedanamun satu jua).Sumpah palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada tahun 1331berisi cita-cita mempersatukan wilayah nusantara.Majapahit menjulang dalam arena sejarah kebangsaan Indonesia danbanyak meninggalkan nilai-nilai yang diangkat dalam nasionalisme negarakebangsaan Indonesia 17 agustus 1945.Kerajaan majapahit mengalami keruntuhan dengan “Sinar Hilang KertaningBumi” abad XVI(1520).Faktor yang menyebabkan majapahit runtuh adalah keadaan dalam negerisendiri seperti perselisihan dan perang saudara.
  • Zaman penjajahanSetelah majapahit runtuh,berkembanglah kerajaan-kerajaan islam sepertikerajaan Demak,mulailah berdatangan orang-orang Eropa di Nusantara,antara lainPortugis dan Spanyol yang mencari pusat tanaman rempah-rempah.Tahun 1511 malaka dikuasai oleh Portugis.Akhir abad ke XVI bangsa Belanda datang ke Indonesia dan mendirikanperkumpulan dagang yang bernama V.O.C(Verenigde Oost Indische Compagnie)atau yang disebut “kompeni” oleh rakyatMataram di bawah pemerintahan Sultan Agung(1613-1645) mengadakanperlawanan dan menyerang Batavia pada tahun 1628 dan 1929.Kompeni berhasil menguasai Mataram,Makasar (1667) dan wilayah Banten(1684). Belanda berusaha keras memperkuat dan mengintensifkan kekuasaannya diseluruh indonesia sehingga terjadilah perlawanan rakyat diberbagai wilayah nusantara,antara lain: Pattimura di Maluku(1817) Baharudin di Palembang(1819) Imam Bonjol di Minangkabau(1812-1837) Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah(1825-1830) Jlentik,Polim,teuku Tjik di Tiro,Teuku Umar dalam perang Aceh(1860) Anak Agung Made dalam perang Lobok(1894-1895) Sisingaraja di tanah Batak(1900)
  • Kebangkitan nasional Di Indonesia bergolaklah kebangkitan akan kesadaran berbangsa yaitu kebangkitan nasional (1908) dipelopori oleh Dr.Wahidin Sudirohusodo dan Budi Utomo. Bertujuan untuk mewujudkan suatu bangsa yang memiliki kehormatan akan kemerdekaan dan kekuatannya sendiri. Pelopor pergerakan Nasional adalah Budi Utomo yang didirikan pada tanggal 20 mei 1908. Organisasi-organisasi pergerakan nasional antara lain: Sarekat Dagang Islam(SDI)(1909) kemudian berubah namanya menjadi Sarekat Islam(SI) tahun 1911 di bawah H.O.S Cokroaminoto. Indische Partij (1913) dipimpin oleh 3 serangkai yaitu: Douwes Dekker,Ciptomangunkusumo,Suwardi Suryaningrat(Ki Hajar Dewantoro) Partai Nasional Indonesia(PNI)(1927) dipelopori oleh Soekarno,Ciptomangunkusumo,Sartono,dan tokoh lainnya.Kemudian PNI dibubarkan dan diganti dengan Partai Indonesia yang disingkat Partindo(1931).Setelah itu Moh.Hatta & Sultan syahrir mendirikan PNI baru yaitu Pendidikan Nasional Indonesia(1933) dengan semboyan kemerdekaan Indonesia harus dicapai dengan kekuatan sendiri.
  • -Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka dibentuklah badan yang bertugas menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia yaitu Badan Penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia(BPUPKI) atau dokoritu Zyunbi Tioosakai.-Ketua BPUPKI adalah Dr.K.R.T.Radjiman Wediodiningrat
  • Fasis Jepang masuk ke Indonesia denganpropaganda “Jepang pemimpin Asia,Jepangsaudara tua bangsa Indonesia”.Jepang semakin terdesak melawan sekutubarat(Amerika,Rusia,Inggris,Perancis danBelanda).Agar mendapat dukungan daribangsa Indonesia ,maka Jepang bersikapbermurah hati terhadap bangsa Indonesiadengan menjanjikan kemerdekaan untukIndonesia.
  • Sidang BPUPKI Pertama Sidang BPUPKI pertama dilaksanakan 4 hari. Adapun yang tampil untuk berpidato menyampaikan usulannya adalah sbb: oMr.Muh.yamin oProef.Soepomo oIr.Soekarno
  • Mr.Muh.Yamin(29 mei 1945)Rumusan dasar negara RI sbb;1.Peri kebangsaan2.Peri kemanusiaan3.Peri ketuhanan4.Peri Kerakyatan5.Peri Kesejahteraan rakyat Selain itu Mr.Muh.yamin menyerahkan naskahsuatu rancangan usulan sementara berisi rumusanUUD RI yang sekarang tercantum dalam pembukaanUUD 1945 alinea ke 4.
  • Prof.Dr.Soepomo(31 mei 1945) Teori-teori negara: 1.Teori negara perseorangan(Individualis) Menurut paham ini,negara adalah masyarakat hukum yang disusun atas kontrak antara seluruh individu(Eropa dan amerika). 2.Paham negara kelas(golongan) Negara adalah alat dari suatu golongan untuk menindas golongan lain. 3.Paham negara integralistik Negara bukanlah untuk menjamin perseorangan/golongan akan tetapi menjamin kepentingan masyarakat seluruhnya sebagai suatu persatuan,yang terpenting negara adalah penghidupan bangsa seluruhnya.
  • Usulan Soepomo tentang dasar Filsafat Negara IndonesiaPendirian negara nasional yang bersatu dalam dengan golongan artitotaliter(negara yang tidak akan mempersatukan diri terbesar tetapi mengatasisemua golongan).Warga negara takluk kepada tuhanMengenai kerakyatan,harus dibentuk sistem badan permusyawaratanuntuk menjamin kepala negara bersatu jiwa dengan rakyat dalam susunanpemerintahan.Dalam lapangan ekonomi negara akan bersifat kekeluargaan karena sifatmasyarakat timur yang harus dipelihara sebaik-baiknya.Mengenai hubungan antar bangsa,Prof.Soepomo membatasi diri danmenganjurkan supaya negara Indonesia bersifat negara Asia Timur Raya
  • Ir.soekarno(1 Juni 1945)5 prinsip rumusan dasar negara: 1.Nasionalisme 2.Internasionalisme 3.Mufakat 4.Kesejahteraan sosial 5.Ketuhanan yang Maha esa Soekarno mengusulkan agar 5 prinsip di atas diberinama “pancasila”. menurutnya,Pancasila adalah sebagai dasar filsafatnegara dan pandangan hidup bangsa indonesia.
  • Pada tanggal 22 juni 1945 Ir.Soekarno mengadakan pertemuan antarapanitia kecil dengan anggota-anggota badan penyelidik,yang hadir dalampertemuan itu berjumlah 38 orang.Adapun panitia kecil yang terdiri dari 9 orang atau yang lebih populerdisebut “panitia sembilan” ,anggotanya adalah sbb: 1.Ir.soekarno 2.Wachid Hasyim 3.Mr.Muh.yamin 4.Mr.maramis 5.Drs.Moh.hatta 6.Mr.soebardjo 7.Kyai abdul kahar Moezakir 8.Abikoesno Tjokrosoejoso 9.Haji Agus Saliim
  • Keputusan penting rapat BPUPKI kedua tanggal 10juli adalah dari 64 suara (ada beberapa anggota yangtidak hadir) yg pro Republik 55 orang,yg memintakerajaan 6 orang,adapun bentuk lain dan blangko 1orang.Keputusan-keputusan lain utk membentuk panitiakecil : 1.Panitia perancang Undang-Undang Dasardiketuai Ir.Soekarno. 2.Panitia ekonomi dan keuangan diketuai Drs.Moh. Hatta 3.Panitia pembelaan tanah air diketuai AbikusnoTjokrosoejoso.
  • Proklamasi Kemerdekaan dan Sidang PPKI Pada tgl 8 Agustus Ir.Sokarno,Drs.Moh.Hatta dan Radjiman diberangkatkan ke Saingon atas panggilan Jenderal Besar Terauchi. Jenderal Besar Terauchi memberikan 3cap : 1.Soekarno diangkat sbg Ketua PPKI, Moh.Hatta sbg Wakil ketua, Radjiman sbg anggota. 2.Panitia persiapan mulai bekerja pada tanggal 9 Agustus itu. 3.Cepat atau tidaknya pekerjaan Panitia diserahkan sepenuhnya kpd panitia. Panitia Persiapan Kemerdekaan atau Dokuritu Zyunbi linkai terdiri atas 21 orang
  • a.Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
  • Sidang PPKIPada tanggal 18 Agustus 1945,PPKI mengadakan sidangpertama mencapai suatu kesepakatan, dan akhirnyadisempurnakan sebagaimana naskah Pembukaan UUD 1945sekarang ini.1)Sidang Pertama 18 Agustus 1945 a.Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945: 1.Setelah melakukan beberapa perubahan Piagam Jakartaberfungsi sebagai Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 2.Menetapkan rancangan Hukum Dasar yg telah diterimadari Badan Penyelidik pada tanggal 17 Agustus, setelahmengalami berbagai perubahan b.Memilih Presiden dan Wakil Presiden yang pertama. c.Menetapkan berdirinya Komite Nasional Indonesia Pusatsbg badan musyawarah darurat.
  • Sidang Kedua 19 Agustus 1945Pada sidang BPUPKI berhasil menentukanketetepan berikut:1)Tentang daerah Propinsi2)Untuk sementara waktu kedudukan Kooti dsbditeruskan seperti sekarang.3)Untuk sementara waktu kedudukan kota danGemeente diteruskan seperti sekarang.Hasil yg ketiga dlm sidang tersebut adalahdibentuknya Kementerian atau Departemen ygmeliputi 12 Departemen.
  • Sidang Ketiga (20 Agustus 1945) Dilakukan pembahasan terhadap agenda tentang ‘Badan Penolong Keluarga Korban Perang. Keputusan dihasilkan terdiri 8 pasal. Salah satu pasal dibentuklah Badan Keamanan Rakyat (BKR).Sidang Keempat (22Agustus 1945) Pada sidang keempat PPKI membahas agenda tentang Komite Nasional Partai Nasional Indonesia, yg pusatnya berkedudukan di Jakarta.
  • Masa Setelah Proklamasi Kemerdekaan a.Dari sudut ilmu hukum (yuridis), tidak berlakunya tertib hukum kolonial, dan mulai berlakunya tertib hukum nasional. b.Secara politis ideologis Proklamasi mengandung arti bahwa bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan bangsa asing dan memiliki kedaulatan. Untuk melawan propaganda Belanda di dunia internasional pemerintah RI mengeluarkan 3 maklumat : (1).Maklumat Wakil Presiden No. X tgl 16 Oktober 1945. (2).Maklumat Pemerintah tgl 3 Nopember 1945. (3).Maklumat Pemerintah tgl 14 Nopember 1945.
  • Pembentukan Negara Republik Indonesia Serikat (RIS)Tanggal 27 Desember 1949 berlaku secara otomatis anak-anak persetujuan hasil KMB dg konstitusi RIS adalah:a) Konstitusi RIS menentukan bentuk negara serikat(federalis) yaitu 16 negara bagian (pasal 1 dan 2).b) Konstitusi RIS menentukan sifat pemerintahan (pasal 118ayat 2)c) Mukadimah Konstitusi RIS telah menghapuskan samasekali jiwa dan semangat maupun isi Pembukaan UUD1945,Proklamasi Kemerdekaan sbg naskah Proklamasi terinci.Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun1950 Suatu ketika negara bagian dalam RIS tinggallah 3 buah neg bagian saja: 1.Negara bagian RI Proklamasi 2.Negara Indonesia Timur (NIT) 3.Negara Sumatera Timur (NST)
  • Akhirnya berdasarkan persetuan RIS dg negara RI tgl 19 Mei 1950 maka seluruh negara bersatu dalam negara kesatuan dg konstitusi Sementara yg berlaku sejak 17 Agustus 1950. Walaupun UUDS 1950 merupakan tonggak utk menuju cita-cita Proklamasi, Pancasila dan UUD 1945, tetapi kenyataanya terdapat penyimpangan terhadap Pancasila. Disebabkan oleh hal-hal berikut : a). Sistem multipartai dan kabinet parlementer berakibat silih bergantinya kabinet yang rata-rata hanya berumur 6 atau 8 bulan. b.)Secara Ideologis Mukamadiah Konstitusi Sementara 1950, tdk berhasil mendekati perumusan otentik Pembukaan UUD 1945.
  • Dekrit Presiden 5 Juli 1959Isi Dekrit Presiden :1. Membubarkan Konstituante2. Menetapkan berlakunya kembali UUD 19453. Dibentuknya MPRS dan DPAS dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  • Pengertian Dekrit Dekrit adalah suatu putusan dari organ tertinggi (kepalanegara atau orang lain) yg merupakan penjelmaan kehendak ygsifatnya sepihak.a.Hukum Tatanegara Darurat Subjektif Suatu hukum tatanegara dalam arti subjektif yaitu suatukeadaan hukum yg memberi wewenang kpd organ tertinggi utkbilaperlu utk mengambil tindakan-tindakan hukum bahkan kalau perlumelanggar undang-undang hak-hak asasi rakyat bahkan Undang-Undang Dasar.b.Hukum Tatanegara Darurat Objektif Suatu keadaan hukum yg memberikan wewenang kpd organtertinggi negara untuk mengambil tindakan-tindakan hukum namuntetap berlandaskan konstitusi yang berlaku.
  • Masa Orde Baru Gelombang aksi rakyat muncul dimana-mana dg suatu tuntutanyang terkenal dg ‘Tritura’ atau (Tiga Tuntutan Hati Nurani Rakyat) sbgperwujudan dari tuntutan rasa keadilan dan kebenaran. Isi Tritura : 1) Pembubaran PKI dan ormas-ormasnya. 2) Pembersihan Kabinet dari unsur-unsur G 30 S PKI 3) Penurunan harga Sidang MPRS IV/1966, menerima dan memperkuat Super Semardengan dituangkan dalam Tap no. IX/MPRS/1966. Pemerintah Orde Barukemudian melaksanakan Pemilu pada tahun 1973 dan terbentuknya MPRtahun 1973.
  • Misi yang harus diemban berdasarkan Tap,No.X/MPR/1973 meliputi : 1) Melanjutkan pembangunan lima tahundan menyusun serta melaksanakan Rencana Limatahun II dalam rangka GBHN. 2) Membina kehidupan masyarakat agarsesuai dengan demokrasi Pancasila. 3) Melaksanakan Politik luar negeri yangbebas dan aktif dengan orientasi padakepentingan nasional.
  • KESIMPULANPancasila sebagai pandangan hidup bangsa,jiwadan kepribadian bangsa serta sebagai perjanjianluhur bangsa Indonesia.Proses perumusan materi Pancasila secaraformal dilakukan dalam sidang BPUPKIpertaa,sidang panitia 9,sidang BPUPKI kedua,danakhirnya disyahkan secara yuridis sebagai dasarfilsafat negara RI